Usaha Sampingan yang Menjanjikan, Bisa Menambah Cuan!

ide bisnis makanan online modal kecil

Macam-macam usaha sampingan yang menjanjikan bisa anda lakukan untuk mendapatkan tambahan penghasilan. Terkadang usaha sampingan jika sudah bertumbuh maka anda bisa mendapatkan uang yang cukup sisnifikan daripada penghasilan dari pekerjaan yang ada sekarang.

Dengan kondisi pandemi seperti saat ini, membuat seseorang harus membatasi kegiatan diluar rumah. Bahkan beberapa orang harus melakukan pekerjaan secara online atau biasa disebut work from home, dengan begitu bisa memiliki banyak waktu luang. Sehingga banyak orang yang membagi waktunya untuk memilih mengembangkan usaha sampingan sebagai penghasil cuan.

 

15 Usaha Sampingan yang Menjanjikan

1. Menjadi Instagram Marketer

instagram marketer

Usaha sampingan yang menjajikan yang pertama yaitu menjadi instagram marketer. Saat anda memiliki banyak follower di Instagram, anda bisa mendapatkan banyak perusahaan atau brand yang mungkin akan membayar anda untuk mempromosikan produk atau jasa mereka.

Penghasilan yang akan anda dapatkan bisa sangat tinggi, dengan begitu belajarlah untuk meningkatkan interaksi di akun Instagram anda dan tingkatkan kualitas postingan anda di Instagram untuk mendapatkan traksi akun yang tinggi. Hal inilah yang akan dicari oleh brand atau perusahaan saat mencari influencer.

2. Menjadi Podcasting

podcasting

Macam-macam usaha sampingan yang selanjutnya yaitu menjadi podcasting. Saat ini podcast sedang trend dikalangan anak muda hingga orang dewasa. Membuat podcast tidaklah sulit, asalkan anda percaya diri ketika berbicara di depan kamera dan tentunya mempunyai wawasan yang luas.

Pertama-tama mulailah dengan membuat konten podcast sendiri yang bertopik spesifik. Untuk  memudahkan anda saat membuat podcast atau mengeditnya bisa menggunakan tools seperti Soundcloud atau Anchor ( 100% Gratis ).

3. Jasa Penerjemah

jasa penerjemah

Jika anda mahir dalam berbahasa asing, peluang usaha sampingan ini bisa diambil yaitu dengan menawarkan jasa penerjemah atau interpreter. Penghasilan yang akan anda dapatkan dari usaha ini dibilang cukup menjanjikan.

Umumnya tarif untuk menerjemahkan dokumen seperti skripsi, artikel, makalah, dan dokumen yang lainnya berkisar antara Rp30.000 – 50.000 per halaman. Atau anda juga dapat melakukan usaha ini dengan menjadi tour guide untuk turis yang datang ke Indonesia.

5. Salon dan MUA

salon dan mua

Hingga saat ini bidang kecantikan ternyata masih menjadi sektor yang meyakinkan dalam dunia bisnis. Coba dalami sedikit keahlian make-up dan anda sudah bisa membuka jasa MUA atau Make-Up Artist. Biasanya salon dan MUA di luar sana akan menawarkan paket make-up mulai dari Rp100.000 hingga lebih.

6. Agen Pulsa dan Data

jual pulsa

Umumnya, di desa masih mengandalkan pulsa untuk menelepon dan juga membeli akses internet. Penggunaan wifi masih belum merata dengan baik dikalangan penduduknya.

Salah satu usaha sampingan yang bisa anda ambil dari peluang tersebut yaitu menjadi agen pulsa. Keuntungan yang bisa diambil juga lumayan banyak mengingat selisih tarif jual beli saldo pulsa.

Baca Juga : Contoh Usaha Sampingan Untuk Karyawan Dengan Modal Kecil!

7. Bisnis Camilan Unik

kue kering

Sudah banyak yang menekuni bisnis ini sehingga menjadi sumber pendapatan utama. Jika anda tertarik untuk memulai usaha kuliner, mulailah untuk menjual camilan yang tidak membutuhkan modal besar seperti aneka snack tradisional, kue kering, makanan untuk sarapan atau minuman kemasan. Anda harus memastikan bahwa bisnis kulineppr anda menarik dan berbeda dari yang lain dengan melakukan branding yang unik.

8. Content Creator

konten kreator

Saat ini, popularitas content creator sudah semakin memuncak dikalangan pelaku usaha. Majunya dunia bisnis kreatif membuat peluang usaha yang satu ini akan terbuka lebar. Sebagai content creator, pekerjaan yang bisa dilakukan yaitu membuat konten semenarik mungkin pada platform media sosial.

9. Part Time Barista

barista2

Coffee shop kini sudah menjadi primadona dikalangan masyarakat. Kedai kopi aesthetic di tengah kota seringkali dipilih oleh mahasiswa sebagai tempat nongkrong.

Daripada hanya nongkrong dan ngobrol bersama teman, ternyata kedai kopi tersebut juga bisa menjadi tempat adanya peluang usaha sampingan mahasiswa yang menjanjikan. Anda bisa mencoba melamar sebagai pekerja part-time untuk mengisi beberapa posisi seperti barista dan waiter.

10. Katering

Katering
Meskipun terdengar umum, untuk memulai bisnis katering juga diperlukan skill atau keahlian tersendiri dalam meramu makanan supaya bisa tersaji sesuai pesanan dan selera pelanggan.

Apabila anda sudah berhasil dalam melakukan hal tersebut, bukan tidak mungkin katering anda akan mendapat rekomendasi dari satu pelanggan ke pelanggan lainnya.

11. Toko Kelontong

toko kelontong

Membuka toko kelontong yang menjual beberapa makanan ringan seperti kopi, camilan (snack), rokok, dan lain sebagainya tidak memerlukan modal yang besar. Nantinya, apabila bisnis kelontong yang anda miliki sudah memberikan keuntungan melebihi kebutuhan, Anda bisa mulai berpikir untuk merencanakan eskalasi toko, seperti warung makan.

Warung makan menjadi tempat yang paling banyak dicari masyarakat, tidak terbatas pada kalangan tertentu mulai dari siswa, mahasiswa, pekerja kantoran. Cukup dengan bermodalkan etalase, kursi, meja, dan skill memasak, anda sudah bisa mulai membuka warung makan sendiri.

12. Laundry

laundry

Bukan hanya anak kos, cuci baju atau laundry juga banyak dicari oleh mereka yang memiliki kesibukan yang padat sehingga tidak punya banyak waktu untuk melakukan kegiatan domestik, seperti mencuci pakaian.

Bisnis laundry tentunya juga mencakup beberapa jasa, seperti cuci setrika, cuci kering, cuci bed cover, dan sebagainya. Yang terpenting jangan lupa untuk selalu menjaga pakaian yang dititipkan oleh pelanggan supaya selalu dalam keadaan baik.

13. Jasa Penitipan Hewan

jasa penitipan hewan

Tidak bisa dimungkiri, beberapa orang yang memelihara hewan peliharan tidak punya cukup waktu untuk merawat hewan kesayangan mereka. Untuk itu, jasa perawatan hewan ternyata begitu dibutuhkan baik dari segi perawatan, makanan, atau sekadar menjadi tempat penitipan hewan peliharaan.

14. Beautypreneur

Beautypreneur

Kebutuhan alat rias dan informasi seputar kecantikan saat ini semakin meningkat. Tentu saja peluang ini bisa anda manfaatkan dengan sigap oleh mereka yang bergerak dibidang kecantikan untuk semakin mendalami bidang ini.

Bisnis dibidang kecantikan ini ternyata sudah banyak melahirkan produk-produk make up dan perawatan lokal yang sudah memiliki pasarnya sendiri. Anda dapat mulai terjun dibisnis ini dengan menjual berbagai peralatan make up.

15. Buket Bunga

buket bunga

Saat ini, bisnis buket bunga sedang berkembang di Indonesia. Beberapa orang menggunakan buket bunga sebagai bentuk ucapan selamat maupun ucapan belasungkawa.

Untuk memulai bisnis yang satu ini, alangkah baiknya jika Anda menetukan target pasar terlebih dahulu. Apakah buket bunga yang anda sediakan bisa diperuntukan untuk acara-acara pernikahan, kematian, wisuda, dan sebagainya. Selanjutnya, anda bisa mulai menentukan lokasi bisnis, kerja sama dengan pemasok bunga, jasa antar, dan lain sebagainya.

Itulah 15 contoh usaha sampingan yang menjajikan dan bisa anda terapkan. Cobalah untuk mulai membuka diri dengan berbagai wawasan yang ada. Dan jangan lupa untuk menggali ide usaha lainnya sebagai bisnis sampingan masa depan yang menjanjikan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *