Tips Membuka Usaha Bakso Bakar Agar Dapat Menghasilkan Kesuksesan

Cara Membuat Bakso Sapi untuk Jualan, Pasti Ramai dan Laris Manis!

Tips Membuka Usaha Bakso Bakar Agar Dapat Menghasilkan Kesuksesan – Bakso bakar merupakan salah satu makanan favorit masyarakat Indonesia, mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, hingga manula. Tak terbantahkan karena rasanya memang gurih, apalagi disantap hangat-hangat, ditambah sambal.

Selain bakso kuah, salah satu bakso olahan yang banyak dijajakan permintaannya adalah bakso bakar. Melihat banyaknya permintaan bakso, wajar saja jika makanan yang satu ini layak dijadikan ajang bisnis.

Agar hasilnya menguntungkan, maka ada beberapa tips membuka usaha bakso bakar yang bisa dipraktekkan.

Tips Membuka Usaha Bakso Bakar

Buat Bakso Sendiri

Apapun jenis bisnis makanannya, ada baiknya Anda membuatnya sendiri untuk menghemat biaya dan juga zaman sekarang sudah tersedia mesin pembuat bakso untuk mempermudah anda dalam pembuatan bakso. Selain itu, Anda bebas menentukan porsi daging yang ingin ditambahkan saat membuat bakso untuk menjaga rasa dan kualitas yang tepat sesuai interpretasi Anda.

Bahan yang digunakan relatif sederhana, daging ayam giling, tepung tapioka, bawang merah, dan bumbu lainnya. Kemudian bentuk bakso menjadi bulat-bulat dengan ukuran sesuai selera anda. Anda bisa membuat aneka bakso sehingga konsumen bisa memilih. Bisa berupa bakso bulat biasa atau bakso tahu.

Tentukan lokasi berjualan

Selanjutnya adalah menentukan tempat untuk berjualan. Apakah Anda ingin menjual di pasar kota, seminar, atau di stan khusus di mana makanan berbaris. Pilihan tempat penjualan sangat mempengaruhi penyediaan modal, lho!

jadi, Anda harus memilih tempat yang tepat sesuai dengan modal Anda. Namun, katakanlah, Jika modalnya minimum 1 juta, maka berjualan di pasar kota atau sekolah-sekolah akan lebih baik. Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk menyewa tempat khusus untuk berjualan.

tetap saja, target pasarnya lebih sedikit karena waktu kunjungan konsumen yang terbatas. Sebut saja pelanggan yang hanya ramai di pagi hari. Itu artinya Anda harus mempercepat penjualan agar tidak kehilangan pembeli.

Pastikan peralatan memadai

Dari segi alat sebenarnya relatif sederhana, apalagi kalau tempatnya di seminar atau pasar kota. Anda hanya membutuhkan perlengkapan untuk membakar, saus, sendok sayur, tabung gas, tusuk bakso, plastik, dan tidak lupa sepeda motor.

Alat yang diperlukan jelas berbeda jika Anda membuka tempat makan bakso bakar sendiri. Anda membutuhkan kursi, garpu, piring dan sendok. Membeli alat untuk menjual bakso bakar mungkin menguras modal. Untungnya, alat-alat ini dapat digunakan berulang kali, sehingga Anda tidak perlu membelinya bolak-balik. Pembelian hanya dilakukan kembali jika salah satu alat rusak.

Gunakan Promosi Yang Tepat

Meski terbilang sangat populer, bukan berarti bisnis bakso bakar tidak perlu dipromosikan. Promosi masih menjadi hal yang penting dalam sebuah bisnis sehingga semakin makin membuat diminati oleh banyak orang. Dengan mengenal bisnis Anda, pembeli lebih lanjut akan datang.

Cukup dengan memasang selembaran di tempat jual agar orang tahu tentang makanan yang Anda jual. Buatlah pamflet semenarik mungkin untuk menggugah rasa ingin tahu orang. Hingga akhirnya orang memutuskan untuk membelinya.

Agar lebih banyak pembeli dari luar tempat, Anda bisa memanfaatkan kekuatan media sosial, mulai dari Instagram, Facebook, dan juga TikTok. Membuat konten yang menarik, mulai dari membuat bakso, membakar bakso, menyajikan dan lain sebagainya.

Harga yang bersaing

Bakso merupakan salah satu bahan makanan yang paling terjangkau, kecuali bakso sapi karena harga daging jauh lebih mahal dari pada daging ayam. Karena bakso bakar berbahan daging ayam, alangkah baiknya jika harga jualnya bisa menjangkau kantong semua kalangan.

Sebagai ilustrasi, 1 batang dihargai Rp. 2ribu. Namun, seperti 10 tusuk sate dalam 1 porsi, harganya bisa dipatok Rp18 ribu – Rp20 ribu, kalau beli per porsi. Anda tidak perlu takut akan kerugian karena dalam 1 tusuk sate hanya terdiri dari 4-5 bakso bulat.

Jika harganya terlalu mahal, para pelanggan tidak akan berminat untuk membeli bakso anda. Dan juga bakso bakar ini hanya sebagai camilan, bukan lauk pauk.

Buat bumbu yang berbeda

Rasa bakso bakar umumnya menjadi salah satu efek yang selalu membekas di benak pembeli. Pastikan selera Anda unik, sehingga bakso bakar Anda tidak dianggap biasa.

Anda bisa bermain dengan bumbu bakso bakar itu sendiri. Sebagai ilustrasi, buat saus sendiri atau buat bawang goreng Anda gembur. Secara inti, pastikan ada faktor yang membedakan bakso bakar dengan bakso orang lain. Jangan lupa untuk menjaga rasa agar seseorang yang tadinya hanya membeli untuk iseng bisa datang lagi ke tempat berjualan bakso anda.

Pekerjakan karyawan yang cekatan

Anda sudah harus memerlukan pekerja, Jika bisnis bakso bakar Anda mulai berkembang. Bukan tanpa alasan, para karyawan ini akan membantu Anda menjalankan bisnis bakso bakar. Sebagai ilustrasi, untuk membakar bakso, mengantarkan pesanan pelanggan, atau mungkin sebagai kasir.

Mempekerjakan pekerja yang diakui, yang tahu bagaimana melayani pelanggan dengan baik. Dengan pelayanan yang baik ini, hasil impression pembeli juga akan lebih baik.

Sangat mungkin bahwa pembeli akan kembali atau mungkin ingin mengundang teman-temannya untuk mencicipi bakso bakar Anda. Akibatnya, jumlah transaksi terus bertambah dari waktu ke waktu.

Jaga Kualitas Bakso Bakar

Menjalankan usaha bakso bakar tidak bisa dikatakan mudah, pasti ada kendala dalam prosesnya. Namun selama Anda menjaga kualitas rasa, harga, dan pelayanan, percayalah bisnis bakso bakar akan laris manis. Intinya, bersabarlah karena kesuksesan sebuah bisnis tidak dalam semalam.

Leave a Comment

Your email address will not be published.