Tips Cara Membuat Keripik Singkong yang Renyah dan Tahan Lama

Tips Cara Membuat Keripik Singkong

Tips Cara Membuat Keripik Singkong – Keripik singkong merupakan salah satu jajanan favorit yang disukai oleh anak kecil hingga orang dewasa.

Bukan hanya karena kerenyahannya, tapi juga karena harganya yang cukup terjangkau. Karena semua orang menyukainya, banyak pedagang mengolah keripik singkong menjadi berbagai jenis rasa.

Mulai dari rasa aslinya, asin, manis, keju, hingga pedas atau balado yang bikin ketagihan. Tapi tahukah Anda bahwa sebenarnya kita bisa membuat keripik singkong sendiri di rumah?

Seperti yang dilakukan oleh para pedagang, ternyata membuat keripik singkong yang renyah dan tahan lama ternyata mudah. Berikut tips membuat keripik singkong yang renyah dan tahan lama seperti pedagang.

Bahan Membuat Keripik Singkong Renyah

Berikut bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat keripik singkong renyah tahan lama, antara lain:

  • 1/2 kg singkong
  • 1 sdt kapur sirih
  • 1 sdt garam
  • 6 bawang merah (iris tipis)
  • 6 siung bawang putih (iris tipis)
  • 15 buah cabai rawit (atau sesuai selera)
  • 1/2 sdt merica (atau sesuai selera)
  • 1/4 sdt ketumbar
  • Garam secukupnya
  • Gula untuk dicicip

Cara Membuat Keripik Singkong Renyah Tahan Lama

Berikut langkah membuat keripik singkong renyah tahan lama.

1. Iris tipis

Bahan baku pertama dan yang utama untuk membuat keripik singkong adalah singkong yang diiris tipis-tipis. Dengan cara diiris tipis-tipis, keripik singkong yang kita buat tidak terlalu keras saat dimakan.

Jika memungkinkan, gunakan pemotong keripik atau mesin keripik singkong khusus agar ukurannya pas, dan ketebalannya sama.

2. Rendam dalam kapur sirih

Campur kapur sirih dan garam dengan air untuk digunakan sebagai perendam singkong. Kita hanya perlu menyiapkan 750 ml air dan sesendok kapur sirih agar kerenyahan keripik singkong bisa bertahan lama.

Selain itu, kita juga bisa menambahkan satu sendok teh garam lalu biarkan irisan singkong terendam.

Rendam singkong selama 15 menit dalam air rendaman, angkat, lalu rendam kembali dengan air bersih, angkat, dan biarkan beberapa saat hingga airnya sedikit mengering.

3. Siapkan minyaknya

Tidak hanya dari menggoreng, kita perlu memperhatikan berapa banyak minyak yang dibutuhkan untuk menggoreng keripik singkong. Sebelum menggoreng, pastikan minyak sudah panas dan kompor dengan api sedang.

Ternyata keripik singkong akan lebih enak jika digoreng dengan banyak minyak dengan teknik deep fry. Goreng keripik dalam minyak panas, pastikan terendam dalam minyak, dan di atas api sedang.

Karena jika menggunakan api yang terlalu besar, keripik singkong akan cepat gosong dan tidak garing. Setelah keemasan, angkat dan tiriskan. Lanjutkan menggoreng sampai semua irisan singkong habis.

4. Tambahkan saus atau bumbu

Sebagai tips tambahan, jika kita ingin menambahkan saus atau bumbu seperti bumbu pedas atau balado, maka setelah menggoreng, tunggu hingga keripik singkong mengering dari minyak. Menambahkan bumbu ke keripik singkong yang baru dikeluarkan hanya akan membuat bumbu menjadi kental.

Oven atau keringkan irisan tipis bawang merah dan bawang putih serta cabai sampai kering. Saat menggunakan oven, berhati-hatilah agar bawang dan cabai tidak gosong.

Sangrai ketumbar dan juga merica sampai harum, lalu haluskan semua bahan termasuk garam dan gula dengan menggunakan blender.

Masukkan keripik singkong goreng ke dalam wajan atau wadah besar, lalu bumbui keripik singkong dengan bumbu pedas hingga rata.

Nah, itulah cara membuat keripik singkong yang renyah dan tahan lama layaknya seorang pedagang. Perlu diingat, meski rasanya enak dan gurih, terlalu sering mengonsumsi keripik singkong tidak baik untuk kesehatan.

Keripik singkong kaya akan kalori, natrium, dan lemak tidak sehat. Hal ini dapat memicu berbagai penyakit, salah satunya adalah penumpukan plak pada dinding bagian dalam arteri yang menjadi penyebab penyakit jantung.

Demikian artikel Tips Cara Membuat Keripik Singkong yang Renyah dan Tahan Lama, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat bagi kita semua, terima kasih.

Leave a Comment

Your email address will not be published.