Tetap Semangat Bekerja Meski Puasa

Tetap Semangat Bekerja Meski Puasa

Tetap Semangat Bekerja Meski Puasa – Bulan Ramadhan memang menjadi bulan yang spesial bagi yang merayakannya. Nah, bekerja di bulan Ramadhan sedikit berbeda karena kita harus berpuasa. Perbedaan mendasar adalah bahwa makanan berubah. Perubahan pola makan ini berdampak pada tubuh kita.

Pada siang hari, puasa membuat kita lebih mudah mengantuk dan lapar. Hal ini dapat mempengaruhi produktivitas dan moral saat berpuasa. Rasa lapar biasanya dapat diatasi dengan makan atau minum pada siang hari saat istirahat kerja. Nah, lain halnya ketika puasa harus menunggu waktu berbuka.

Ada beberapa tips agar pekerjaan tetap berjalan lancar tanpa terganggu rasa kantuk dan lapar yang menurunkan semangat kerja Anda. Jika Anda sedang berpuasa, simak cara berikut ini.

Tetap semangat bekerja meski berpuasa

Lakukan latihan peregangan untuk mengendurkan otot

Cobalah berjalan atau peregangan sebentar di tempat kerja untuk mengendurkan otot-otot Anda. Alhasil, peredaran darah bisa lebih lancar dan suplai oksigen bisa terlancarkan secara optimal.

Dampaknya akan menghindarkan Anda dari rasa ngantuk dan pegal-pegal. Mengantuk bisa menurunkan semangat, jadi teruslah bergerak agar tubuh tidak cepat kaku dan cepat lelah!

Atur posisi duduk yang benar

Jika Anda bekerja duduk di kantor sepanjang hari yang membuat Anda lelah, ubah posisi duduk yang benar. Duduk tegak dan jangan merosot. Posisi ini membantu Anda lebih fokus dan melancarkan oksigen ke otak.

Hasilnya, tubuh lebih stabil dalam memompa aliran darah dan pikiran menjadi lebih segar. Tidak ada alasan mengapa Anda harus mengantuk dan tidak termotivasi di tempat kerja.

Cuci muka kalau ngantuk

Siang hari merupakan waktu yang rawan mengantuk dan perut mulai menuntut untuk diisi. Biasanya, minum minuman dingin bisa membuat tubuh segar kembali. Namun, hal itu tidak bisa dilakukan karena sedang berpuasa. Jadi alternatifnya adalah mencuci muka dengan air dingin agar lebih segar.

Rasa kantuk akan segera mereda ketika air dingin menerpa wajah Anda. Lebih baik berwudhu sambil beribadah agar semangatmu pulih kembali.

Jaga kualitas tidur

Di malam hari, saat Anda sedang beristirahat, cobalah untuk membatasi aktivitas yang memperlambat tidur Anda. Seperti bermain ponsel sepanjang malam, menonton TV atau laptop berjam-jam. Hal ini dapat mengganggu tidur Anda dan membuat Anda terjaga sepanjang malam. Terakhir, kebutuhan tidur tidak terpenuhi selama 7-8 jam sehari.

Nah, untuk itu, perbaiki kualitas tidur dengan cara tidur dan bangun tepat waktu. Jika Anda tidur nyenyak di malam hari, Anda tidak akan mengantuk keesokan harinya dan sore hari. Dengan demikian, semangat kerja tetap terjaga.

Sahur dan buka puasa yang benar

Kondisi tubuh bisa dijaga dengan mengatur pola makan yang tepat. Saat berpuasa, Anda bisa menghindari mengganti makanan dengan porsi yang sesuai. Saat sahur, makanan kaya karbohidrat dan serat dapat membantu menahan rasa lapar lebih lama daripada makanan berlemak.

Saat berbuka puasa, makanlah secukupnya atau jangan berlebihan. Makanan yang tidak tercerna dengan baik juga akan mengganggu kerja tubuh, lho! Sakit perut mengganggu pekerjaan dan membuat Anda putus asa. Jadi ingatlah untuk makan dan minum dalam porsi yang tepat.

Tidak sulit, bukan? Itulah beberapa tips agar tetap semangat bekerja meski sedang berpuasa. Semoga bisa membantu!

Bosen kerja di satu tempat ? Yuk cari informasi Lowongan Kerja Indonesia terlengkap dan terbaru hanya di Jobster.id

Leave a Comment

Your email address will not be published.