4 Kemampuan Anak yang Bisa Terukur Melalui Tes Psikologi

tes psikologi

Setiap orang tua menginginkan anaknya tumbuh-kembang dengan baik. Hal ini berlaku untuk fisik serta kemampuan lainnya. Hal demikian, bisa diukur melalui tes psikologi. Rangkaian tes yang dilakukan bisa mengukur perkembangan ataupun kemampuan sang anak.

Berbagai kemampuan bisa diketahui melalui rangkaian tes yang dilakukan. Tidak sedikit tes dilakukan pada anak pra sekolah guna mengukur minat serta kemampuan yang dimiliki masing-masing. Di antara kemampuan yang akan terukur yakni sebagai berikut:

1. IQ/ Kecerdasan Umum

Pertama, melalui tes psikologi, akan diketahui tingkat kecerdasan anak secara umum. Jenis kemampuan anak dalam bertindak, baik memecahkan masalah ataupun berpikir logis.

Dalam hal ini juga, akan diketahui kemampuan anak dalam menghadapi sesuatu. Dengan demikian, kemampuan adaptasi anak pun bisa terukur sedari dini. Kemampuan yang terukur bisa membantu menentukan langkah selanjutnya yang tepat untuk anak.

2. Kemampuan Berbicara

Berikutnya, tes yang diberikan akan mengukur seberapa tingginya kemampuan berbicara anak. Kejelasan berbicara memiliki tingkatannya tersendiri. Hal ini tentu sesuai dengan masing-masing usia.

Ketika kemampuan anak dalam berbicara tidak sesuai dengan usianya, maka bisa dilakukan treatment khusus. Hal demikian dapat berpengaruh pada pembelajaran yang dilakukan di kelas.

3. Keterampilan Motorik

Kemampuan lainnya yang akan terukur yakni keterampilan motorik anak. Jenis keterampilan ini disebut pula dengan koordinasi sensor motorik. Terdapat dua jenis motorik yakni halus dan kasar.

Motorik halus mencakup kemampuan anak yang berfokus pada otot kecil. Jenis keterampilan ini ditunjukkan dalam kegiatan menulis dan semacamnya. Lain halnya dengan motorik kasar yang melibatkan otot besar. Kegiatan yang ditunjukkan berupa lari-larian dan sebagainya.

4. Tingkat Kematangan Emosi

Selain itu, tes yang dilakukan bisa mengukur tingkat kematangan emosi anak. Seberapa peka-kah anak dalam memberikan respon terhadap apapun yang terdapat di lingkungan sekitarnya. Melalui tes tersebut, emosi sang anak pun bisa terukur.

Pada dasarnya hasil pengukuran tidak bersifat tetap. Tes yang dilakukan akan menjadi acuan dalam melihat minat sang anak. Berikutnya, para orang tua bisa mengarahkan sang anak secara bijak.

Demikianlah ulasan terkait jenis kemampuan yang akan terukur melalui tes psikologi. Rangkaian tes penting dilakukan guna mengetahui seberapa jauh kemampuan yang dimiliki sang anak. Selanjutnya, akan diketahui minat dan bakat yang dimiliki.

Leave a Comment

Your email address will not be published.