Send Money to Singapore Dengan Biaya Murah

Send Money to Singapore Dengan Biaya Murah

Singapura adalah satu dari sekian banyak negara yang bekerjasama dengan Indonesia. Banyak aktivitas bisnis ataupun TKI di sana yang membuat bank-bank di kedua negara tersebut sering melakukan transaksi keuangan. Kabar baiknya. biaya send money to Singapore terbilang relatif murah.

Kisaran Biaya Administrasi Send Money to Singapore

Send Money to Singapore Dengan Biaya Murah

Salah satu hal penting yang pasti dicari tahu setiap orang saat mengirim uang adalah biaya pengiriman seperti tarif admin dan semacamnya. Mentransfer uang antar bank beda negara harus mempersiapkan budget untuk hal itu meski ada beberapa jasa layanan yang menawarkan biaya admin gratis.

1. Pakai Aplikasi Flip dengan Layanan Flip Globe

Salah satu aplikasi yang umum dipakai banyak orang adalah Flip. Awalnya, untuk send money to Singapore aplikasi Flip menarif biaya transfer sekitar Rp65.000 hingga 50% dari total uang yang ditransfer. Namun pada bulan Maret lalu pihak aplikasi memberitahukan bahwa adanya penurunan menjadi hanya Rp29.000.

Penurunan biaya tersebut merupakan usaha Flip untuk memberi dukungan inklusi keuangan. Mereka memberikan solusi melalui layanan remitansi yang dimiliki, bernama Flip Globe. Selain itu, menurunnya biaya transfer ini juga menjadi salah satu langkah Flip untuk mendukung ekonomi digital Indonesia.

2. Pakai Bank BNI dengan Aplikasi MoRe

Aplikasi MoRe merupakan layanan yang dimiliki bank BNI dalam jasa remitansi, Negara Singapura termasuk menjadi daftar negara tujuan transaksi. Aplikasi tersebut menawarkan biaya transfer yang terjangkau, yaitu hanya SGD 5 setiap satu kali transaksi atau jika dirupiahkan senilai Rp50.000.

Tarif send money to Singapore Rp50.000 ini adalah termurah daripada lainnya. Layanan MoRe ini bahkan bisa dimanfaatkan oleh para TKI yang ada di sana ketika hendak mengirim uang ke Singapura. Aplikasi ini dapat diakses melalui smartphone dan didownload di App Store dan Play Store secara gratis.

3. Pakai Singtel Dash to T-Cash

Provider beberapa tahun lama sempat meluncurkan aplikasi jasa dan layanan remitansi, namanya T-Cash. Aplikasi ini memberikan penawaran kepada para TKI melalui fitur wallet to wallet untuk transaksi bebas biaya administrasi alias gratis. Promo tersebut juga bisa digunakan oleh pengguna lain selain TKI.

Promo wallet to wallet adalah hasil kerja sama antara Telkomsel dengan Singtel yaitu perusahaan telekomunikasi terbesar di Singapura. Aplikasi yang digunakan untuk pengiriman dari Singapura bernama Singtel Dash. Kemudian akan dikirimkan pada akun T-Cash milik penerima.

4. Pakai Western Union

Bagi pengirim yang memilih Western Union sebagai jasa remitansi, ada biaya tambahan pada setiap sekali transaksi. Biaya ini berlaku untuk semua negara jangkauan, termasuk Singapura, dan daftar negara lain. Aplikasi ini bahkan sudah memiliki agen-agen yang tersebar di pelosok negeri.

Untuk transfer uang antara Rp.100.000 – Rp1.000.000, biayanya Rp45.000. Jika pengiriman Rp2.000.000 – Rp 10.000.000, dikenai tarif Rp90.000. Sementara transfer Rp11.000.000 – Rp20.000.000, ditarif biaya Rp180.000. Kemudian untuk nominal Rp30.000.000 – Rp50.000.000 biayanya Rp720.000.

5. Pakai Jasa Remitansi Bank BCA

Selain BNI, bank di Indonesia yang mempunyai layanan jasa remitansi adalah BCA. Nama layanan tersebut adalah “Remittance BCA”. Jangkauannya tidak hanya di luar negeri tetapi juga dalam negeri. Remittance BCA terdiri dari pengiriman valas (Outward) dan (Inward) penerima valas.

Dilansir dari situs website resmi bank BCA, layanan ini memberlakukan biaya pengiriman uang pada setiap transaksi khususnya ke luar negeri. Negara Singapura adalah termasuk di dalamnya. Tarif biayanya yaitu Rp50.000 untuk biaya telex + $20 untuk tarif full amount.

6. Pakai Internet Banking Cimb Clicks dari Cimb Niaga

Bagi nasabah bank Cimb Niaga yang memiliki kepentingan transfer uang ke Singapura, bisa menggunakan layanan Cimb Clicks. Layanan ini termasuk salah satu jasa remitansi yang mudah dan cepat. Meski dilakukan secara online, namun pihak bank memberlakukan waktu transaksi yaitu pukul 06.00 – 23.00 WIB.

Biaya transfer untuk setiap kali kirim uang adalah sebesar $25 atau senilai Rp350.000. Tarif tersebut sudah dikonversikan ke dalam rupiah dengan kurs Rp14.000 per-$. Nominal biaya pengiriman juga bisa sewaktu-waktu berubah tergantung ketentuan dan kebijakan bank.

7. Biaya Transfer ke Singapura Pakai Mandiri Remittance

Jika bank BCA memiliki “Remittance BCA”, dan Cimb Niaga mempunyai “Cimb Clicks”, bank mandiri punya “Mandiri Remittance”. Layanan ini bisa memfasilitasi para nasabah Mandiri untuk melakukan transaksi keuangan ke luar negeri. Salah satu negara yang masuk jangkauannya adalah Singapura.

Layanan Mandiri Remittance membagi dua kategori biaya transfer ke luar negeri (termasuk Singapura) berdasarkan jenis valas. Untuk transfer ke negara dengan mata uang USD, biayanya $25 atau senilai Rp350.000 per-transaksi. Sementara negara mata uang selain USD, dikenai tarif $30 atau Rp420.000.

8. Biaya Transfer ke Singapura Pakai Citibank

Citibank merupakan salah satu bank asing yang mempunyai jangkauan luas. Maka, para nasabahnya tentu memiliki fasilitas bertransaksi ke luar negeri dengan aman. Citibank mempunyai layanan transfer uang ke luar negeri dan dalam negeri.

Jika dibandingkan dengan bank lain, biaya pengiriman uang ke luar negeri menggunakan Citibank memang lebih mahal. Untuk setiap transaksi internasional, pengirim dibebankan biaya transfer sebesar $35 atau senilai Rp490.000. Tarif tersebut berlaku untuk negara dengan mata uang USD, seperti Singapura.

Itulah kisaran biaya tambahan send money to Singapore di berbagai layanan jasa remitansi, baik bank ataupun aplikasi. Dengan nominal yang berbeda-beda tersebut, pastinya masyarakat lebih mudah menentukan jasa yang tepat untuk digunakan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *