Santan Bubuk Kiloan dan Jenis Santan Lainnya

santan bubuk kiloan

Santan bubuk kiloan. Santan bubuk kiloan adalah salah satu olahan yang terbuat dari kelapa parut. Jenis santan ini biasa tersedia dalam bentuk ukuran yang berbeda beda, mulai dari santan bubuk kiloan, setengah kilo, dan ukuran lainnya.

Buah kelapa melewati beberapa tahap proses, diantaranya dibersihkan dari serabut serabu dan kulit coklatnya, kemudian diambil daging buah kelapanya. Daging buah kelapa ini yang nantinya akan diolah menjadi bubuk santan kiloan, dengan melewati beberapa tahap proses, seperti pemarutan dan beberapa proses lainnya.

Untuk menghasilkan santan bubuk dibutuhkan bantuan beberapa mesin yang canggih. Biasanya, santan bubuk tersedia dalam bentuk kemasan dengan berbagai ukuran dan diproduksi oleh pabrik. Saat ini sudah banyak merk santan bubuk yang ada di Indonesia.

Hal ini sangat membantu masyarakat khususnya daerah perkotaan, kita bisa menemukannya dengan mudah pada toko atau swalayan di seluruh Indonesia.

Pada saat ini santan bubuk menjadi salah satu jenis santan yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Santan bubuk kiloan juga banyak diproduksi oleh pabrik karena peminatnya yang juga tinggi. Biasanya, santan ukuran ini digunakan untuk membuat masakan dalam skala yang besar dan banyak.

Banyak masyarakat Indonesia, khususnya daerah perkotaan yang lebih memilih santan bubuk dari pada santan peras. Mereka memilih santan bubuk instan dengan alasan tidak mau ribet. Sebenarnya untuk membuat santan peras tidaklah sulit dan bahan bahannya pun bisa kita dapatkan dengan mudah.

Tetapi proses pembuatan santan peras memang sedikit rumit. Kita harus mengupas kelapa dan melewati beberapa proses yang memakan waktu cukup lama untuk mendapatkan santan peras. Untuk mendapatkan santan murni, kita harus memarut dan memeras daging buah kelapa dengan teknik yang benar.

Hal ini memang sangat menguras tenaga jika belum terbiasa. Oleh karena itu, banyak masyarakat perkotaan yang lebih memilih santan bubuk sebagai bahan masakannya.

Baca juga : Santan Kelapa Bubuk dan Beberapa Manfaatnya

 

 

Santan Bubuk Kiloan dan Beberapa Jenis Santan Lainnya

santan bubuk kiloanAda banyak jenis santan yang ada di Indonesia. Walau bahan dasar atau bahan utama pembuatannya sama, yaitu kelapa, santan memiliki banyak jenis. Antara satu jenis santan dengan jenis santan lainnya dibedakan dari segi tekstur dan kegunaannya.

Dengan ada banyaknya jenis santan di Indonesia, kita harus paham mengenai tekstur dan yang paling penting kita harus paham tentang kegunaan dari masing masing jenisnya. Ada banyak masakan khas Indonesia yang membutuhkan santan untuk bahan masakannya. Maka dari itu, penting sekali mengenal jenis santan dan kegunaannya.

Untuk bisa mengenali jenis santan di Indonesia dan kegunaannya, simak penjelasan berikut :

1. Santan Murni Kelapa

Santan murni kelapa atau santan peras merupakan jenis santan yang memiliki kualitas paling bagus jika dibandingkan dengan jenis santan lainnya. Bahan masakan jenis ini dibuat dengan melewati tahap pemerasan dan pemarutan yang dilakukan dengan cara tradisional atau manual.

Berbeda dengan jenis santan lainnya, santan peras biasanya dipatok dengan harga yang lebih mahal dan tidak dijual dalam bentuk kemasan seperti santan instan yang biasa kita temui di toko toko.

Terbuat dari parutan daging buah kelapa asli, membuat santan peras memiliki ciri khas gurih yang sampai saat ini belum ada yang bisa mengalahkan ciri khas rasanya.

Untuk membuat santan peras kelapa, dibutuhkan kelapa yang memiliki tingkat kematangan pas dengan daging buah kelapa yang tebal. Jenis santan satu ini mempunyai cita rasa paling baik, paling luwes, dan paling gurih dibanding jenis santan lainnya.

Karena itu, santan peras sering digunakan pada semua masakan. Namun santan murni memiliki kekurangan, yaitu durasi penyimpanannya yang singkat karena santan ini mudah basi.

2. Santan Instan atau Santan Kemasan

Memiliki tekstur yang lebih kental jika dibandingkan dengan santan peras. Santan instan atau santan kemasan dibuat dengan penambahan bahan campuran seperti guar gum. Guar gum ini bertujuan untuk mengentalkan tekstur dari santan instan.

Bahan pengental guar gum dianggap bisa membantu proses pembuatan makanan. Hal ini disebabkan karena guar gum dapat menyerap air dan bisa membentuk gel yang dianggap bisa mengentalkan makanan.

Banyak orang yang masih memiliki pandangan buruk tentang bahan pengental guar gum. Karena mereka belum mengetahui banyaknya manfaat yang bisa didapatkan dari guar gum.

Memang belum banyak orang yang tahu, jika bahan pengental satu ini memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Banyaknya manfaat ini didapatkan dari kandungan guar gum yang berkalori rendah dan juga mengandung banyak protein, sekitar 5-6%. Selain guar gum, ada juga bahan pengental lain yang bernama sirup jagung.

Keduanya sama sama menghasilkan rasa manis dan berfungsi untuk mengawetkan umur santan agar lebih tahan lama. Bahan pengental ini juga sekaligus digunakan untuk mengentalkan konsistensi dari santan instan.

Karena santan instan memiliki ciri khas rasa yang sedikit manis, santan instan cocok untuk digunakan sebagai bahan campuran masakan yang manis.

3. Santan Bubuk

Jenis santan satu ini tergolong dalam kelompok santan kemasan. Santan bubuk terbuat dari daging buah kelapa dan harus melelaui beberapa proses pembuatan. Untuk membuat santan bubuk, proses spray dryer adalah proses yang paling sering digunakan.

Spray dryer merupakan proses penguapan yang kemudian disusul dengan proses pengeringan. Proses ini menggunakan suhu yang tinggi sehingga parutan kelapa menjadi bubuk. Pada umumnya, santan bubuk dikemas dengan wadah alumunium.

Jenis santan ini memiliki tekstur mudah larut jika dicampurkan dengan air, khususnya air hangat. Salah satu kelebihan dari santan bubuk instan adalah cocok untuk segala jenis masakan atau minuman. Untuk makanan berat, minuman, hingga jajanan pasar.

Leave a Comment

Your email address will not be published.