Resep Bakso Sapi Rumahan yang Mudah dan Praktis!

resep bakso sapi rumahan

Siapa sih yang belum pernah makan bakso? Pasti kebanyakan masyarakat Indonesia sudah pernah makan hidangan yang enak dan kenyal ini. Untuk menikmati hidangan ini, memang tidak sulit, umumnya hampir di tiap kampung ataupun komplek perumahan pastinya ada banyak penjual bakso keliling. Namun, tak ada salahnya kamu mencoba sendiri resep bakso sapi rumahan dalam artikel ini.

Membuat bakso sendiri di rumah pastinya lebih terjamin kebersihannya, sekaligus bisa lebih menghemat pengeluaran. Cara membuat bakso sapi ini sebenarnya tidaklah sulit, kalau kamu tidak mempunyai food processor, Kamu dapat menggilingkan dagingnya pada jasa penggilingan daging, dengan biaya yang cukup murah. Nah, usahakan daging yang akan digunakan ini merupakan daging yang segar, bukan daging yang berasal dari freezer.

Kalau kamu ingin membuat stok makanan, kamu dapat membuat bakso sapi ini dalam jumlah banyak dan simpan bakso dalam freezer, atau dapat juga dinikmati langsung dengan kuah bakso yang gurih. Penasaran ingin segera membuat bakso sendiri di rumah? Simak saja resep bakso sapi rumahan mudah berikut ini, persiapkan semua bahan serta bumbu yang dibutuhkan, dan ikuti langkah membuatnya seperti dibawah ini.

Resep Bakso Sapi Rumahan Mudah dan Praktis

resep bakso sapi rumahan

Bahan dan Bumbu Bakso Sapi

Untuk 5 porsi

Bahan:

1 kg daging sapi segar (sebaiknya jangan dari frezeer)

4 sdt garam

1 sdt merica bubuk

1/2 sdt baking powder

30 gr tepung tapioka

250 gr es batu

3 liter air digunakan untuk merebus

Cara Membuat Bakso Sapi:

1. Pertama siapkan food processor, cuci daging sampai bersih, kemudian masukkan kedalam food processor, tambahkan garam, merica bubuk, baking powder dan juga es batu. Proses sampai daging sapi menjadi halus.

2. Kemudian keluarkan adonan daging dari food processor, tempatkan ke dalam wadah lalu tambahkan tepung tapioka. Uleni sampai tercampur rata.

3. Masak air sampai mendidih, sesudah mendidih kecilkan api. Ambil adonan daging dengan menggunakan tangan, kemudian sendoki bulat-bulat, dan masukkan ke dalam air yang sudah mendidih. Ulangi sampai adonan bakso yang kamu punya habis.

4. Setelah semua adonan habis, masukkan kedalam rebusan air, kemudian besarkan apinya sampai tingkat sedang. Masak sampai matang, tanda bakso yang sudah matang adalah bakso akan mengapung mengapung.

5. Angkat kemudian tiriskan. Hidangkan selagi masih hangat, dengan tambahan, saus tomat, kecap ataupun sambal.

Catatan:

1. Kuah bekas merebus bakso dapat kamu gunakan kembali, tambahkan dengan sedikit bumbu masak / penyedap rasa, sedikit garam dan merica. Sajikan bersama dengan bakso dan berilah taburan daun bawang, saus tomat atau sambal dan kecap.

2. Sisa bakso yang belum sempat dimakan, dapat disimpan dalam frezeer. Bisa kamu gunakan untuk bahan masakan lainnya misalnya capcay, mi goreng, nasi goreng, dan lainnya.

3. Kalau kamu tidak mempunyai food procesor, kamu dapat menggilingkan dagingnya di penggilingan daging. Dengan biaya yang murah akan kamu akan mendapatkan daging yang lebih lembut.

Cara Membuat Bakso Sapi yang Mudah dan Simple

resep bakso sapi rumahan

Leave a Comment

Your email address will not be published.