Resep Arum Manis Tahan Lama yang Tidak Mudah Mengeras

Resep Arum Manis Tahan Lama

Arum manis kini kembali eksis menjadi makanan manis yang disukai banyak orang. Mulai dari kalangan anak kecil, remaja hingga orang tua pun sekarang banyak yang menyukai makanan manis tersebut. Selain memiliki rasa yang manis, kini arum mnais tampil beda dengan gaya yang semakin modern. Yang dulunya bentuk arum manis menyerupai rambut nenek, kini arum manis di buat lebih lembut. Sebagian besar dari produsen arum manis tersebut menggunakan resep arum manis tahan lama yang tidak mudah mengeras. Alasannya yaitu saat arum manis buatan mereka dijual nantinya, akan tetap awet lembut dan tipis menyerupai kapas. Agar para pembeli juga tidak akan berpaling ke produsen arum manis lainnya. Jika kamu ingin membuat arum manis tahan lama, simaklah resep berikut ini!

Resep Arum Manis Tahan Lama

Resep Arum Manis Tahan Lama

Alat dan Bahan :

  • Mesin pembuat arum manis
  • Cone stick 1 buah atau bisa juga menggunakan  stick lolipop
  • 1 buah sendok makan
  • Gula pasir 1 kg
  • Pewarna makanan kunung atau alami sesuai selera

Cara Membuat Arum Manis:

  1. Siapkan sebuah wadah terlebih, kemudian campurkan gula pasir dengan pewarna makanan alami yang berwarna kuning atau sesuai selera. Diberi pewarna makanan tujuannya yaitu agar warna arum manis buatanmu lebih menarik. Aduklah gula pasir dengan pewarna makanan tadi hingga kedua bahan tersebut tercampur rata atau hingga gula pasirnya berwarna kuning.
  2. Panaskan mesin pembuat arum manis yang akan digunakan.
  3. Masukkan 3 sendok makan gula pasir yang telah tercampur rata dengan perwarna makanan berwarna kuning tadi ke dalam mesin yang sudah dipanaskan sebelumnya. Tunggu beberapa saat sampai gula yang ada di dalam berputar keluar menyerupai serabut kapas.
  4. Gulung serabut kapas arum manis yang keluar dari mesin tersebut menggunakan cone stick atau stick lolipop. Gerakkan dengan memutar secara hati-hati dan hingga  serabut gula yang ada di luar mesin arum manisnya habis. Ukuran arum manis bisa kamu sesuaikan dengan ukuran yang kamu inginkan. Jika ukurannya masih kurang, kamu bisa menambahkan lagi takaran gula pasirnya.
  5. Setelah itu, padatkan untaian arum manisnya. Caranya yaitu cukup dengan menggesekkan untaian arum manisnya ke bagian wadah stainless yang terdapat pada mesin arum manis tersebut.
  6. Dalam proses pembuatan arum manis ini kamu membutuhkan ekstra ketelatenan dan kesabaran. Apabila kamu membuat arum manis tidak dengan sabar dan telaten, maka arum manismu tidak akan jadi seperti yang kamu harapkan. Malahan nanti arum manis buatanmu akan menjadi kristal kecil yang kasar dan rusak. Hal tersebut dapat menjadi salah satu penyebab arum manis lengket dan juga mengeras.
  7. Jika arum manis yang kamu buat sudah jadi, bungkuslah dengan menggunakan plastik yang kemudian ditali dengan erat. Atau kamu juga bisa membungkusnya dengan menggunakan sebuah cup yang dapat ditutup dengan rapat. Alasan harus dilakukannya begitu, karena agar meminimalisir kelembaban udara yang masuk secara langsung ke dalam arum manis. Dan juga agar arum manis tidak meleleh, lengket dan mengeras serta bentuknya berubah mengecil.

Asal Usul Arum Manis

Resep Arum Manis Tahan Lama

Arum manis ternyata memiliki sejarah yang cukup panjang lho dan sudah snagat terkenal di negara Italia. Karena arum manis ini pertama kali dibuat atau ditemukan di negara Italia pada abad ke-15. Sehingga tak heran lagi jika masyarakat Italia banyak yang meyakini hal tersebut. Bahkan sejarah arum manis tersebut juga sudah tersebar luas dibelahan dunia ini.

Singkat cerita, pada saat itu terdapat seorang koki menggunakan tong yang didalamnya berisi gula pasir. Kemudian koki tersebut melelehkan gula gula pasir yang ada didalam tong tadi. Lalu koki itu juga menambahkan caramelize gula murni dan mengubahnya menjadi menyerupai bentuk untaian kapas. Ia juga meneteskan sirup dengan menggunakan sebuah garpu.

Dengan suhu dari gula pasir yang ia lelehkan sebelumnya hangat dan teksturnya lentur, hal tersebut dapat memudahkan sang koki untuk mengambil untaian gula yang tipis. Koki tersebut juga mencetak arum manis yang ia buat tadi ke dalam berbagai jenis cetakan.

 

Nah itu tadi pembahasan mengenai resep arum manis tahan lama yang tidak mudah mengeras dan berubah menjadi mengecil. Jika kamu ingin membuat arum manis sendiri dirumah, kamu bisa meliaht resep diatas tadi. Biasanya orang yang mencoba-coba membuat arum manis akan ketagihan untuk membuatnya. Bahkan sampai mereka menjual arum manis buatan mereka. Jika kamu merasa ketagiahn membuat arunm manis hingga ingin memulai bisnis arum manis itu bisa banget. Namun jangan lupakan kemasan arum manis yang akan kamu gunakan untuk membungkus arum manis buatanmu. Selain itu juga, kemasan arum manis juga bisa dijadikan daya tarik para pembeli.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published.