Resep Abon Ikan Tuna

Resep Abon Ikan Tuna

Resep abon ikan tuna Saat ini, Anda memang bisa memesan hidangan praktis tanpa harus repot memasaknya terlebih dahulu. Namun, bagi kita yang ingin menyajikan hidangan spesial untuk keluarga, maka lebih baik kita menyajikannya sendiri. Sebab, memasak sendiri lebih sehat dan bisa menyesuaikan selera keluarga.

Jika Anda masih mencari inspirasi resep abon ikan tongkol yang enak dan mudah dibuat, maka Anda berada di tempat yang tepat. Cara membuat abon ikan tongkol sebenarnya mudah dibuat jika Anda memasaknya dengan cara yang benar. Tapi, jangan takut gagal melakukannya karena pada artikel kali ini kita akan membahas abon tuna dengan seksama.

Tuna adalah ikan laut pegagic milik bangsa Thunini. Ikan ini terdiri dari beberapa spesies dalam famili Scombride, terutama Thunnus. Selain itu tuna juga jago abon ayam, penghasil abon ikan, jual abon ikan di jakarta, jual abon ikan di makassar, resep abon ikan, resep abon, abon sehat, abon non msg, jual abon ikan di surabaya, free msg , agen abon tuna.

Nah bagi anda yang ingin memasak abon tuna sederhana ada beberapa langkah yang bisa dilakukan, pertama memilih jenis bahan, kemudian menyiapkan bahan segar, hingga cara mengolah dan menyajikannya. Anda tidak perlu khawatir jika ingin memasak abon tuna yang enak dimanapun Anda berada. Sebab, asal tahu triknya, maka sajian ini bisa menjadi suguhan istimewa.

Di bawah ini ada beberapa cara praktis untuk memasak resep abon tongkol yang siap disajikan. Nah, yuk coba variasikan sendiri abon tuna di rumah. Dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberikan manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Abon Tuna menggunakan 17 bahan dan 6 tahap persiapan. Berikut adalah langkah-langkah untuk menyiapkan hidangan.

Bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam membuat Mesin Penghancur Ikan Tuna:

Resep Abon Ikan Tuna
Resep Abon Ikan Tuna

Siapkan 700 gr ikan tuna (1 ekor)
Gunakan 40 gram gula merah
Ambil 1 lembar daun salam
Gunakan 1 batang serai, memarkan
Siapkan 2 lembar daun jeruk
Gunakan 2 cm lemgkuas
Siapkan 2 sendok makan air asam jawa
Siapkan 100 ml santan (saya pakai 65 ml kara plus air)
Gunakan 350 ml air
Siapkan garam gula pasir secukupnya
Gunakan minyak goreng
Siapkan bumbu halus:
Siapkan 2 siung bawang putih
Gunakan 5 bawang merah
Gunakan 1 jari kunyit
Siapkan 1 sdt ketumbar
Siapkan 2 buah kemiri
Anda bisa membelinya di warung-warung terdekat. Inilah Rahasia Resep Abon Tuna yang akan kita bahas, baca baik-baik dan jangan lupa. Tuna merupakan jenis ikan yang mudah didapat dan murah. Berbagai macam olahan ikan tuna juga mudah ditemukan.

Baca Juga : mesin pembuat abon

Baca Juga : usaha kue bolu

Baca Juga : usaha puding kekinian

Cara membuat abon tuna:

Bersihkan ikan. Kemudian uap. Setelah matang. Ambil saja dagingnya. Diparut, lalu dihaluskan hingga halus. Menyisihkan. (Saya tumbuk dengan alu)
Tumis bumbu halus hingga harum dan matang. Masukkan daun salam, daun jeruk, serai, lengkuas, air asam jawa. Rebus sebentar.
Tambahkan air, santan, gula merah, garam, dan gula sesuai selera. Aduk Masak hingga mendidih. Koreksi rasa.
Masukkan daging ikan sedikit demi sedikit sambil terus diaduk. Masak dengan api kecil saja. Aduk terus hingga air habis dan ikan setengah kering.
Siapkan penggorengan. Panaskan minyak secukupnya. Jangan biarkan daging ikan terendam. Aduk hingga kering. Jika di tengah proses Anda merasa minyaknya tidak cukup, tambahkan sedikit lagi. Jangan langsung diambil terlalu banyak, abonnya akan terlalu berminyak.
Siapkan nampan yang telah dialasi beberapa lembar tisu. Jika abon sudah kering. Angkat, tiriskan di atas tisu. (Saya tiriskan cara ini berulang sampai 3 kali. Biarkan minyak benar-benar meresap). Biarkan dingin lalu simpan dalam wadah kedap udara. Disajikan sebagai pelengkap makan atau sekedar cemilan di atasnya, rasanya juga enak. 😊 Aku buat isian lempernya juga, enak 😍
Salah satu olahannya adalah tuna suwir. Selain praktis, rasa abon ikan tongkol sangat enak. Abon tuna adalah jenis makanan yang terbuat dari olahan ikan tuna yang dibumbui dan diolah dengan cara direbus dan digoreng kemudian melalui beberapa tahapan pengolahan. Ikan Tuna Abon memiliki rasa yang khas dengan dua pilihan rasa manis dan pedas. Ikan tuna suwir unik ini memiliki rasa yang enak, cocok untuk pendamping nasi atau roti sebagai teman/lauk makan.

Nah, itulah artikel tentang abon ikan tuna yang sederhana dan mudah untuk kita lakukan. Semoga Anda bisa membuatnya dengan hasil yang bisa membuat keluarga di rumah bahagia.

Baca Juga : usaha ayam crispy

Baca Juga : cara menyimpan buttercream

Baca Juga : usaha burger rumahan

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di sini. Kami berharap cara mudah membuat Mesin Penghancur Ikan Tuna di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan lezat untuk keluarga / teman atau menjadi ide untuk berjualan makanan. Apa kabar? Mudah? Itulah resep abon ikan tuna yang bisa anda lakukan di rumah. Semoga beruntung!

Leave a Comment

Your email address will not be published.