PLN Lakukan Pekerjaan pada GI Sidoarjo Agar Dapat Cegah Gangguan

Menjaga keandalan serta kontinuitas dalam penyaluran energi listrik merupakan tugas utama yang diemban oleh PT PLN (Persero). PLN Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Timur & Bali (UIT JBM) melalui Unit Pelaksana Transmisi (UPT) Surabaya baru saja merampungkan pekerjaan perbaikan Hotspot di Gardu Induk (GI) Sidoarjo yang mensuplai listrik untuk lokasi Sidoarjo dan sekitarnya.

Hotspot noktah panas merupakan anomali yang berlangsung akibat adanya kenaikan beban dan berpotensi menyebabkan terjadinya gangguan jika tidak dijalankan penanganan bersama dengan cepat dengan sertifikasi auditor energi.

Tak hanya fokus kepada persiapan G20, kita pun terhitung senantiasa fokus terhadap keandalan proses yang lainnya agar pelayanan senantiasa optimal kepada seluruh pelanggan. Kemarin kita baru saja merampungkan pekerjaan yang dapat menyebabkan terjadinya gangguan terhadap GI, agar kita wajib cepat tangani,” terang General Manager PLN UIT JBM Didik F. Dakhlan.

Didik melanjutkan, dalam pekerjaan ini, Tim Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB ) UPT Surabaya bersama dengan kuantitas 7 personil yang dikerahkan, PLN berhasil lakukan perbaikan hotspot terhadap bay Trafo, dimana Pekerjaan tersebut dijalankan dalam suasana bertegangan atau tanpa padam (15/7) agar tidak mengganggu suplai kepada pelanggan.

Dengan dilakukannya pekerjaan tanpa padam ini, PLN berhasil menyelamatkan energi listrik sebesar 85 MW.

“Dengan ada nya tim PDKB, suplai kepada pelanggan senantiasa terjaga sepanjang lakukan pekerjaan. Kami sementara ini terhitung sedang lakukan pekerjaan untuk peningkatan keandalan di sebagian lokasi salah satunya di GI Genteng,” lanjut Didik.

Ke depan PLN bakal konsisten lakukan pemantauan berkala terhadap titik yang berpotensi terjadinya hotspot dan penanganan cepat sebagai upaya dalam menjaga keandalan dan kontinuitas penyaluran kepada pelanggan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *