Cara Membuat dan Tips Pisang Goreng Kipas Krispi

pisang goreng kipas krispi

Rasanya sangat menyenangkan ya, bila bisa membuat sendiri jajanan kaki lima atau camilan di rumah. Beberapa macam buah yang ada dirumah cocok untuk dibuat menjadi berbagai macam camilan. Contohnya misal saja buah pisang. Buah pisang bisa diolah menjadi berbagai jenis macam camilan , sebagai contoh adalah keripik pisang, sale pisang dan untuk yang sekarang ini paling familiar dan mudah cara membuatnya dan alatnya pun mudah didapatkan yaitu pisang goreng. Pisang goreng mempunyai beberapa macam bentuk sehingga dapat menarik para konsumen yang ingin mencobanya. Apalagi bila jajanan nya seperti pisang goreng yang dibentuk menjadi seperti kipas biasanya menjadi salah satu kesukaan para anggota keluarga. Dikarenakan pisang goreng biasa sudah terlalu sering kita buat sendiri ketika di rumah. Namun, bila sesekali merubah bentuknya menjadi pisang goreng kipas krispi, pastinya akan semakin lebih seru.

Keluarga pun pasti juga lebih senang dan antusias saat akan menyantap camilan ini ketika di rumah. Apalagi, pisang goreng kipas krispi ini juga cocok untuk menjadi simbol hantaran dan makanan dikala kumpul bersama keluarga.

Luar biasa bukan, ya? Pisang goreng yang hanya biasa seperti itu bisa menjadi spesial hanya karena kita merubah bentuknya saja. Maka, sudah penasaran bagaimana cara membuat pisang goreng kipas krispi di rumah?

Langsung saja mari kita simak bersama-sama.

Pisang Goreng Kipas Krispi

Intinya saja, membuat pisang goreng kipas krispi memang bisa dikatakan sangat mudah. Kita hanya memerlukan bentuknya saja yang dirubah menjadi seperti kipas. Nah, yang menjadi permasalahan, irisan itu seringkali patah sehingga akan menyebabkan pisang menjadi tidak berbentuk seperti kipas. Untuk menghindari hall tersebut, ini tips yang bisa Anda lakukan supaya pisang goreng kipas krispi bisa sempurna bentuknya.

pisang goreng kipas krispi

Tips Membuat Pisang Kipas Krispy

Gunakan pisang yang bentuknya pipih

Dikarenakan harus diiris-iris terlebih dahulu, paling baik Anda menggunakan jenis buah pisang yang bentuknya pipih, tidak yang berbentuk bulat. Sebagai contoh menggunakan pisang kepok. Buah pisang jenis ini paling cocok untuk dijadikan pisang goreng berbentuk kipas apalagi pisang goreng kipas krispi.

Kematangan pisang harus pas

Mengapa buah pisang mudah untuk patah? Dapat terjadi dikarenakan kematangan pisang yang tidak pas. Untuk pisang kipas, gunakan pisang yang tidak masih mentah, tetapi juga tidak menggunakan pisang yang sudah terlalu matang. Bila buah pisang masih mentah, pisang tentu akan keras sehingga akan mudah patah. Namun, bila buah pisang yang digunakan terlalu matang, pisangnya telah kelembekan sehingga bukan hanya akan patah, bahkan pisang dapat menjadi hancur ketika  proses pengirisan. Maka, pastikan terlebih dahulu jika sudah menggunakan pisang yang sedang tingkat kematangannya namun rasanya sudah manis.

Maksimal irisan 5 saja

Semakin tipis irisan pisang yang dihasilkan, jadi semakin bagus juga bentuk pisang kipas yang diperoleh. Hanya saja, itu berarti, akan memperbesar juga kemungkinan pisang kipas akan menjadi patah dan tidak berbentuk kipas. Oleh sebab itu, pastikan Anda hanya mengiris pisang kipas maksimal 5 irisan saja. Jika ingin lebih dari itu, maka hasilnya menjadi lebih mudah patah.

Adonan tidak boleh terlalu kental

Adonan untuk membuat pisang kipas krispi disarankan tidak boleh terlalu kental. Mengapa harus begitu? Adonan yang kental akan terasa berat sehingga mudah membuat irisan pisang goreng kipas krispi yang tipis akan menjadi patah. Selain itu, adonan yang kental juga akan menghasilkan lapisan tepung yang tebal sehingga bentuk dari pisang kipas itu sendiri tidak akan nampak. Dan akan menghasilkan pisang kipas krispi yang kurang cantik.

Nah sekarang coba, deh, belajar membuat dan cara memotong pisang kipas krispi sendiri untuk di rumah. Sebenarnya ada alat tersendiri untuk memotong pisang, tetapi akan lebih mudah bila Anda memotongnya sendiri agar Anda tau seberapa ukuran ketipisan yang diperlukan. Jangan lupa sembari mengaplikasikan tips di atas supaya dapat menghasilkan hasil yang memuaskan dan sesuai dengan harapan. Terimakasih semuanya, mohon maaf apabila ada salah kata, selamat mencoba dan semoga berhasil.

Leave a Comment

Your email address will not be published.