Tips Pilih Pinjaman Online Anti Tipu-Tipu

pinjaman online

Hadirnya pinjaman online yang kini kian marak di masyarakat memang membawa angin segar karena bisa menyediakan dana dalam waktu cepat. namun perlu diwaspadai juga bahwa tidak semua pinjol patut dipercaya. Berikut beberapa tips yang bisa dicoba supaya tidak tertipu:

1. Cek Legalitasnya

Hal yang perlu dilakukan ketika akan memilih pinjol untuk mengajukan pinjaman yaitu dengan mengecek legalitasnya terlebih dahulu. Caranya yaitu melihat langsung website resmi dari pinjol tersebut. Apabila sudah memiliki izin resmi dan terdaftar sebagai pinjol legal berarti memang bisa dipercaya.

Pinjol yang sudah berada di bawah otoritas OJK, maka akan aman dan dijamin tidak akan ada penipuan ataupun bunganya yang memberatkan. Pastikan bahwa sudah ada lembaga OJK yang mengawasi pinjolnya sehingga membuat nasabah lebih tenang.

Perlu diketahui bahwa semua kegiatan yang dilakukan oleh pinjol resmi akan diawasi secara ketat. Apabila nantinya ada pelanggaran yang dilakukan, maka akan diberi sanksi secara langsung sehingga akan mudah membuat pinjol jera.

2. Pertimbangkan Kemampuan Membayarnya

Tak mengapa jika nasabah ingin meminjam uang dalam jumlah yang banyak. Namun, perlu dilihat bahwa kemampuan membayar setiap orang juga berbeda sehingga harus disesuaikan dengan kemampuan yang dimiliki. Penting untuk tidak terpengaruh dengan orang lain.

Para ahli menyarankan untuk melakukan pinjaman sebesar 30% dihitung dari total pendapatan yang dimiliki. Tentu saran ini berlaku pula ketika nasabah ingin melakukan pinjaman online. Apabila angsurannya melebihi 30% dari pendapatan, silahkan untuk tidak meminjam uang tersebut.

3. Pahami Aturannya

Sebelum nasabah menyetujui pinjaman yang akan dilakukan, maka terlebih dahulu harus bisa memahami semua aturan yang telah dibuat oleh pihak pinjaman online. Aturan terkait bunga, waktu pembayaran, metode pembayaran, keterlambatan harus bisa diketahui dan dipahami dengan baik.

Jangan ragu untuk menanyakan aturan yang tidak terlalu jelas atau terbilang ambigu karena akan merugikan nasabah di lain waktu. Dengan melakukan klasifikasi tersebut pun aturannya menjadi lebih jelas.

Tentu tips memilih pinjaman online yang baik tersebut pun sangat berguna bagi keberlangsungan pinjaman yang dilakukan. Hal tersebut semakin membuat nasabah merasa nyaman ketika meminjam secara online karena sudah ada tips jitunya.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published.