Manfaat Minyak Kelapa Sawit Untuk Kesehatan

Perkebunan Kelapa Sawit

Indonesia merupakan salah satu negara penghasil minyak sawit terbesar di dunia dan merupakan salah satu sumber devisa terbesar untuk ekspor nonmigas dalam pos APBN. Fungsi minyak sawit juga cukup banyak,tidak hanya itu,Perkebunan kelapa sawit di indonesia juga sangatlah luas.

Minyak kelapa sawit juga mempunyai banyak manfaat praktis dari minyak sawit ini diantaranya yaitu berkaitan langsung dengan kebutuhan sehari-hari manusia.

Minyak sawit bisa diperoleh dari daging buah kelapa sawit. Minyak ini pada umumnya digunakan untuk memasak karena rasanya yang gurih. Selain digunakan sebagai bahan dalam pengolahan makanan, minyak kelapa sawit telah dikaitkan dengan beberapa manfaat kesehatan, termasuk melindungi fungsi otak dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Minyak kelapa sawit juga merupakan salah satu sumber tokotrienol yang baik dan juga memiliki sifat antioksidan yang kuat, sehingga bisa mendukung kesehatan pada otak.

Penelitian yang dilakukan pada hewan dan manusia menunjukkan bahwa tokotrienol yang terkandung dalam minyak kelapa sawit ini mampu membantu melindungi lemak tak jenuh ganda yang halus di otak, memperlambat perkembangan demensia, mengurangi risiko terhadap stroke, serta mencegah pertumbuhan lesi otak.

Manfaat Minyak Kelapa Sawit

Perkebunan Kelapa Sawit

1. Kesehatan Jantung

Minyak kelapa sawit telah dikatakan memberikan perlindungan terhadap penyakit jantung. Memiliki efek yang menguntungkan pada faktor risiko penyakit jantung, minyak kelapa sawit juga termasuk dapat menurunkan kolesterol LDL dan meningkatkan kolesterol HDL.

2. Peningkatan Status Vitamin A

Minyak sawit mampu membantu meningkatkan status vitamin A pada orang yang kekurangan atau berisiko terkena kekurangan vitamin A. Mengkonsumsi minyak sawit merah juga sudah terbukti bisa meningkatkan kadar vitamin A dalam darah serta pada bayi yang menyusu.

Orang dengan fibrosis kistik, yang mengalami kesulitan menyerap vitamin yang larut dalam lemak, mengalami peningkatan kadar vitamin A dalam darah setelah mengonsumsi dua hingga tiga sendok makan minyak sawit merah setiap hari selama delapan minggu. Minyak sawit merah juga sudah terbukti mampu membantu dalam meningkatkan kadar vitamin A pada orang dewasa hingga anak-anak.

 3. Mengurangi Stres Oksidatif

Radikal bebas adalah senyawa yang sangat reaktif yang terbentuk di dalam tubuh sebagai akibat dari faktor-faktor seperti stres, pola makan yang buruk, atau paparan polutan dan pestisida.

Radikal bebas dapat menumpuk pada dalam tubuh dari waktu ke waktu, dan dapat menyebabkan stres oksidatif, peradangan, kerusakan sel dan bahkan dapat menimbulkan penyakit kronis. Nah, antioksidan adalah senyawa yang bisa menetralkan radikal bebas berbahaya untuk mencegah kerusakan sel.

Antioksidan ini dapat ditemukan dalam minyak kelapa sawit. Tapi, perlu diingat bahwa untuk benar-benar menghilangkan stres oksidatif, Anda perlu menggabungkan minyak kelapa sawit dengan diet seimbang serta banyak makanan antioksidan tinggi lainnya, seperti kunyit, jahe, cokelat hitam, dan kemiri.

4.Meningkatkan Kesehatan Kulit dan Rambut

Apa yang Anda makan tentunya nanti dapat berdampak besar pada kesehatan kulit dan rambut Anda. Bahkan, minyak kelapa sawit dapat meringankan bekas luka dan melawan jerawat. Hal ini dikarenakan minyak kelapa sawit ini kaya akan vitamin E, dan nutrisi yang berperan penting dalam kesehatan kulit.

Kandungan tokotrienol dalam minyak sawit dipercaya dapat meningkatkan pertumbuhan rambut. Selain minyak sawit, vitamin E juga bisa ditemukan pada almond, alpukat, biji bunga matahari, butternut squash, dan minyak zaitun.

5.Memperkuat imunitas tubuh

Selain dapat melindungi tubuh dari paparan radikal bebas, vitamin E yang terkandung dalam minyak sawit juga dikenal dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Dengan daya tahan tubuh yang kuat, Maka anda juga akan terhindar dari penyakit yang disebabkan oleh berbagai jenis patogen, seperti kuman dan juga virus.

Leave a Comment

Your email address will not be published.