Perbedaan antara SEO dan SEM

Perbedaan antara SEO dan SEM: Panduan tanpa ruang untuk kebingungan

Optimaise.id – SEO dan SEM, inilah cara kita mengetahui strategi pemasaran online yang bisa diikuti untuk meningkatkan visibilitas atau positioning situs web tertentu. Tapi… apakah Anda benar-benar tahu perbedaan SEO dan SEM?

Pada saat Anda ingin membuat strategi pemasaran digital, kedua opsi ini biasanya menyebabkan banyak kebingungan pada pengguna, karena mereka memiliki tujuan akhir yang sama: untuk mendapatkan lalu lintas berkualitas lebih tinggi ke situs web untuk meningkatkan konversi.

Tapi, ada perbedaan yang signifikan antara strategi penentuan posisi organik (SEO) dan pemasaran mesin pencari (SEM).

Apa yang dimaksud dengan akronim SEO dan SEM?

Apa itu SEM?

Konsep SEM mengacu pada semua tindakan pemasaran yang terjadi di mesin pencari. Ini dikenal sebagai kumpulan strategi dan teknik yang membantu kami meningkatkan visibilitas situs web dari mesin telusur.

Dengan kata lain, SEM terdiri dari pembuatan iklan berbayar untuk kata kunci tertentu, sehingga, ketika pengguna melakukan pencarian aktif untuk suatu produk atau layanan, iklan yang sama ditampilkan lebih dulu daripada iklan pesaing, berhasil menarik semua perhatian pengguna.

Ini juga mengacu pada promosi situs web di mesin pencari melalui penggunaan iklan berbayar melalui platform seperti Google Ads atau Microsoft Advertising yang sebelumnya dikenal sebagai Bing Ads. Juga hadir di platform seperti Google Maps, YouTube, Google Shopping, Gmail, dan jutaan halaman web berkat platform Display di Google Ads.

Melalui strategi ini, tujuannya adalah untuk memberikan visibilitas langsung ke situs web kami, karena sejak kami mengonfigurasi kampanye dan tawaran untuk keluar, iklan kami memiliki kemungkinan untuk muncul.

Apa itu SEO?

Konsep SEO mengacu pada pekerjaan optimasi dan implementasi serangkaian strategi dengan tujuan agar situs web dirayapi oleh mesin pencari, diindeks dengan benar dan cukup relevan. Agar ditampilkan di posisi teratas mesin pencari untuk permintaan pencarian tertentu dari pengguna. Seringkali strategi ini dirancang oleh seorang ahli SEO.

Penjelasan perbedaan utama antara SEO dan SEM

Untuk menanggapi pencarian, mesin pencari yang berbeda mengevaluasi lusinan atau bahkan ratusan sinyal dari semua situs web, untuk menentukan mana yang merupakan jawaban terbaik untuk pencarian tersebut, dengan tujuan agar pengguna mendapatkan pengalaman terbaik dan menemukan apa yang mereka cari dengan cepat. .

Situs web yang dioptimalkan dengan benar untuk SEO memiliki peluang peringkat yang lebih baik di posisi pertama hasil organik.

Karena itu, kuncinya adalah muncul di hasil pencarian pertama. Bagaimana kita mendapatkannya? Dengan pengoptimalan SEO dan tanpa harus membayar biaya iklan langsung untuk setiap kunjungan, berkat perbedaan tugas di halaman dan di luar halaman yang akan membuat kami lebih relevan dan/atau populer.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *