Peralatan Jualan Bakso untuk Memulai Usaha!

rincian modal usaha bakso

Memulai usaha kuliner merupakan salah satu upaya guna mendapatkan keuntungan yang selalu mempunyai customer potensial besar. Peluang untuk usaha bakso cukup menjanjikan untuk dicoba. Apalagi proses pembuatan bakso juga tidak sulit. Nah, dalam artikel ini akan dibahas mengenai peralatan jualan bakso ketika akan memulai usaha.

Manusia selalu membutuhkan makanan baik itu anak kecil maupaun orang dewasa selalu tertarik dengan makanan enak yaitu bakso. Rasanya yang gurih dan tekstur kenyalnya membuat banyak orang menyukainya, apalagi ditambah dengan kuahnya yang segar. Pasti akan sangat menggugah selera siapa saja.

Peralatan Jualan Bakso yang Wajib untuk Dipersiapkan

peralatan jualan bakso

Perlengkapan dalam usaha jualan bakso dibutuhkan bukan hanya untuk membuat dan mengolah bakso sampai matang tetapi juga untuk penyajian.

Semua peralatan wajib disiapkan semaksimal mungkin agar nanti saat usaha sudah dimulai, tak ada lagi kesulitan yang akan dihadapi. Berikut ini merupakan beberapa peralatan penting yang wajib kamu siapkan ketika akan berjualan bakso:

1. Gerobak untuk Jualan Bakso

peralatan jualan bakso

Penjual bakso di Indonesia pastinya tidak pernah terlepas dari keberadaan gerobak untuk memasak baksonya itu sendiri. Akan lebih baik, beli gerobak bakso dengan bahan yang kokoh agar dapat tahan lama dan jangan lupa dicat untuk menjaganya supaya terlihat bersih.

2. Dandang Perebus

Semangkuk bakso tak akan pernah dapat disajikan saat seorang penjual bakso tak mempunyai dandang perebus dalam gerobaknya.Dandang ini akan dipakai untuk nantinya memanaskan siomay ataupun bakso, pastikan  sendiri besarnya seperti apa sesuai dengan  keinginan.

3. Gas dan Kompor

Perlengkapan berikutnya tentu saja adalah gas dan seperangkat kompor untuk nantinya digunakan sebagai pemanas. Perlengkapan ini juga perlengkapan dasar yang wajib kamu punya agar bakso dapat langsung dimasak di tempat jualan.

4. Sendok Kuah

Sendok kuah juga hal kecil yang tak boleh terlupakan karena ini akan berfungsi dalam mengambil kuah dari dalam dandang. Semangkuk bakso pasti akan terasa kurang lengkap saat tidak memakai kuah, sehingga pastikan beli sendok kuah yang panjang dan juga anti panas.

5. Tempat Bumbu

Dalam proses pembuatannya, bakso tak mungkin disajikan polos tanpa adanya tambahan bahan bumbu apapun di dalamnya.Karena itu cukup penting untuk membeli tempat bumbu untuk meletakkan bumbu misalnya bawang goreng, garam, ataupun penyedap rasa.

Jangan sampai lupa juga untuk memberi ruang khusus untuk meletakkan kecap saus serta sambal agar nantinya tidak mudah tersenggol.

6. Talenan, Pisau, dan Gunting

Beberapa jenis bakso mungkin akan membutuhkan alat yang digunakan untuk memotong bakso ataupun tetelan menjadi ukuran yang lebih kecil lagi.

Karena itu penjual harus terlebih dulu menyiapkan talenan, gunting, serta pisau supaya nanti tidak kebingungan saat dibutuhkan. Barang tersebut adalah barang wajib yang digunakan untuk mempermudah penjual memotong seledri ataupun membuka bungkus bumbu.

7. Meja dan Kursi untuk Jualan Bakso

Seorang penjual bakso pastinya tak lepas dari adanya meja dan kursi untuk pelanggan yang menginginkan menikmati baksonya di tempat. Kalau ingin menjual bakso keliling, maka cukup siapkan kursi plastik, tapi kalau membuka outlet khusus, siapkanlah juga mejanya.

8. Serbet

Hal remeh lainnya yang tak boleh terlupakan yaitu keberadaan serbet yang umumnya jadi pusat perhatian pelanggan. Pelanggan akan melihat serbet dalam representasi dari kebersihan sebuah warung bakso, sehingga ini juga butuh untuk disiapkan.

9. Lampu

Seorang penjual bakso pasti memerlukan penerangan supaya gerobak baksonya dpaat terlihat oleh siapapun yang melintas. Lampu juga butuh diperhitungkan terkait kemampuan pencahayaannya dan semakin terang lampunya akan semakin baik.

10. Peralatan Makan dan Saji untuk Jualan Bakso

Perlengkapan untuk jualan bakso yang terakhir yaitu perlengkapan makan diantaranya sendok dan garpu dan juga peralatan penyajian lainnya. Peralatan penyajian ini termasuk mangkok serta nampan yang memang sangat sentral dalam menyajikan semangkuk bakso.

Nah, selain perlengkapan diatas kamu juga membutuhkan mesin gilingan daging dan juga mesin pembuat bakso. Mesin ini bisa dibeli setelah usahamu mulai ramai.

Karena dengan adanya mesin ini akan sangat memudahkan kamu untuk proses pembuatan bakso yang sedang kamu coba jalankan ini.

Leave a Comment

Your email address will not be published.