Pengusaha Sukses di Indonesia yang Dapat Jadi Inspirasi Bagi Siapa Pun

pengusaha sukses di Indonesia

Pengusaha sukses di Indonesia tidak semuanya terlahir dari keluarga kaya raya. Sebagian dari mereka memiliki kisah inspiratif menjadi pengusaha sukses. Kesuksesan yang diraih membutuhkan waktu, pengorbanan, dan biaya. Selain itu karakter tekun, ambisius, dan mau bekerja keras perlu dilakukan untuk menjadi pengusaha sukses. Menjadi pengusaha sukses di Indonesia membutuhkan jerih payah dan waktu, selain kemampuan mengerahkan visi dan target dalam meraih hasil juga. Maka sewajarnya, tidak ada yang instan. Begitu pula dengan perjuangan para pengusaha sukses Indonesia berikut ini. Mereka merintis usaha dengan tidak dalam waktu singkat. Penasaran siapa saja mereka dan seperti apa kisah mereka? Mari simak ulasannya berikut ini.

Pengusaha Sukses di Indonesia

Mengutip dari buku Biografi Tokoh – Tokoh Inspiratif (Para Pengusaha Terkaya di Indonesia), berikut daftar pengusaha muda sukses di Indonesia:

1. Pengusaha sukses di Indonesia pertama: Bob Sadino – Kem Chicks

Pengusaha sukses di Indonesia

Bambang Mustari Sadino atau yang biasa dikenal dengan Bob Sadino adalah sosok pengusaha sukses yang identik dengan gaya santainya menggunakan celana pendek.  Hidup muda Bob Sadino terbilang nyaman sebab berada di lingkungan keluarga berkecukupan. Sayangnya, ketika ia masih berusia 19 tahun, kedua orang tuanya meninggal dunia. Di mana hal tersebut menjadi titik balik hidup Bob Sadino. Dengan bermodalkan mobil mewah yang dibawanya dari Belanda, dia membuka jasa sewa mobil. Namun sayangnya, Bob Sadino mengalami kecelakaan sehingga mobil yang dimilikinya rusak. Di tengah rasa depresinya dalam mencari uang, seorang teman memberikan 50 ayam ras sebagai bentuk dukungan.

Tidak hanya sekadar dipelihara, kelima puluh ayam terus dimanfaatkannya untuk bisnis telur ayam negeri. Seiring suksesnya bisnis ayam tersebut, Bob pun mulai merambah ke bisnis-bisnis lainnya yang kemudian mengantarkannya menjadi salah satu pengusaha sukses di Indonesia.

Daftar perusahaan milik Bob Sadino:

  • Kem Chicks: supermarket yang menyediakan beragam produk pangan impor.
  • Kem Food: perusahaan yang bergerak di bidang pengolahan daging.
  • Kem Farm: sebuah perusahaan yang bergerak di bidang ekspor sayur dan buah.
  • The Mansion at Kemang: apartemen yang dilengkapi dengan pusat perbelanjaan dan perkantoran hasil kerjasama dengan pengembang Properti Agung Sedayu Group.

Pelajaran berharga yang bisa dipetik dari sosok Bob Sadino, di antaranya:

  • Setiap kesuksesan selalu diawali oleh sebuah kegagalan.
  • Tidak ada perjalanan yang semulus jalan tol, maka harus tekun dan pantang menyerah saat memulai usaha.

2. Pengusaha Sukses di Indonesia kedua Sudono Salim – Indofood

pengusaha sukses di Indonesia

Siapa yang tidak mengenal Indofood, BCA, dan Bogasari? Nah, tetapi tahukah Anda bahwa ketiga perusahaan raksasa tersebut didirikan oleh Sudono Salim? Sudono Salim merupakan seorang imigran asal negeri Tiongkok yang berhasil sukses di negeri perantauan, yaitu Indonesia.  Pada awalnya, Sudono Salim yang memiliki nama asli Liem Sioe Long pergi ke Indonesia, tepatnya ke Surabaya, karena terjadi konflik di negeri asalnya. Masa-masa awalnya di Indonesia terpaksa dihabiskannya menjadi gelandangan selama beberapa hari.

Usaha keras berbuah hasil, Sudono Salim merintis usaha sebagai bandar cengkih yang cukup sukses bahkan memiliki koneksi hingga ke pulau-pulau lain, seperti Sulawesi dan Sumatera. Namun sayang, bisnis ini kandas ketika Indonesia berada di bawah kekuasaan Jepang. Kehidupan bisnis Sudono Salim tentu tidak berhenti di bisnis cengkih saja. Kemahirannya memantau kondisi kesulitan ekonomi di awal era Indonesia merdeka, dia memutuskan mendirikan sebuah bank yang diberi nama Central Bank Asia atau yang sekarang kita kenal dengan BCA atau Bank Central Asia.

3. Pengusaha Sukses di Indonesia ketiga Andrew Darwis, Roland, dan Budi

pengusaha sukses di Indonesia

Kaskus menjadi forum diskusi dan komunitas di Indonesia. Kaskus singkatan dari Kasak Kusuk didirikan oleh 3 orang yaitu Andrew Darwis, Roland, dan Budi. Kaskus didirikan pada 6 November 1999 oleh Andrew, Ronald, dan Budi ketika kuliah di Seattle, Amerika Serikat. Awalnya ketiga orang ini membuat Kaskus untuk memenuhi tugas kuliah. Kemudian Kaskus berkembang menjadi forum komunitas Online besar di Indonesia.

4. Pengusaha Sukses di Indonesia keempat Nadiem Makarim, Gojek

nadiem makarim

Gojek adalah aplikasi digital untuk memesan kendaraan, membeli makanan, minuman, dan fitur menarik lainnya. Pendiri aplikasi Gojek adalah Nadiem Makarim. Setelah lulus kuliah di Brown University, Amerika Nadiem memutuskan kembali ke Indonesia. Dia menciptakan ide untuk mendirikan Gojek aplikasi pesan gojek Online.

5. Dr. Tirta

dr.tirta

Dikenal sebagai influencer, dr. Tirta menjadi pebisnis Shoes and Care. Mahasiswa lulusan kedokteran ini memulai usaha bisnis perawatan dan cuci sepatu di tahun 2013. Teman-teman Tirta menitipkan sepatu dan membayar ala kadarnya. Hidup serba kekurangan akhirnya menjadi peluang usaha untuknya. Dr. Tirta memulai Shoes and Care dengan menawarkan program khusus dan menarik. Hingga kini sudah ada sekitar 20 outlet sepatu yang dikelola dr. Tirta.

6. Belva Devara

belva devara

Belva Devara termasuk pengusaha muda, yang menjadi CEO Ruangguru. Belva lahir di keluarga dengan ekonomi menengah ke atas. Setelah lulus SMA, dia melanjutkan pendidikan sarjana di NTU. Kemudian dia melanjutkan kuliah magister di Stanford University dan Harvard University. Belva kembali ke Indonesia dan merintis Ruangguru yang sebelumnya dikelola Iman Usman. Ruangguru merupakan aplikasi belajar untuk SD sampai SMA. Kini aplikasi tersebut menjadi startup teknologi edukasi terbesar di Indonesia.

7. Sabda PS dan Medy Suharta

Sabda PS dan Medy Suharta

Sabda dan Medy adalah pendiri Zenius, salah satu aplikasi belajar secara Online. Tahun 2004, Zenius awalnya menjadi bimbel offline. Kedua orang ini awalnya membangun bisnis dengan mencoba menjual CD satuan rekaman video. Zenius awalnya dijual melalui rekaman belajar dalam format CD. Di tahun 2010, Zenius dirilis sebagai situs pembelajaran pertama di Indonesia.

8. Yasa Singgih

Yasa Singgih adalah pengusaha muda yang masuk majalah Forbes. Yasa masuk kategori anak muda di bawah usia 30 tahun yang memberi perubahan di dunia retail dan ecommerce. Yasa memulai menjadi pembawa acara di berbagai acara. Ketika usia 15 tahun, dia sudah tampil di tiga acara berbeda. Di usia 20 tahun, Yasa mendirikan perusahaan PT Paramitha Singgih yang menaungi merk sepatu khusus pria, Men’s Republic.

9. Nabilah Alsagoff

Nabilah Alsagoff

Salah satu pengusaha sukses wanita di Indonesia adalah Nabilah Alsagoff. Nabilah merintis DOKU sebuah startup yang bergerak di bidang teknologi finansial (fintech). Penyedia jasa pembayaran dengan layanan payment gateway, transfer services dan collaborative commerce (e-wallet) yang terintegrasi. Sebelum merintis DOKU Nabilah adalah salah satu pendiri dan aktif berperan dalam PT Indonesia Dua Integrasi.

10. William Tanuwijaya

William Tanuwijaya

Masih dari tech startup, William adalah pendiri Tokopedia. William pernah menjadi penjaga warnet, lho! Kemudian muncullah ide untuk membangun Tokopedia. Pada tahun 2007, William ingin mewujudkan idenya tersebut, sayangnya tidak ada investor yang mau mendanai.

Tokopedia akhirnya resmi berdiri pada Februari 2009. Tokopedia pun berhasil mendapat gelar startup unicorn bersama Bukalapak, Traveloka, dan Gojek.

11. James Prananto

James Prananto

James Prananto bersama dua rekannya Cynthia Chaerunnisa dan Edward Tirtanata membangun usaha kopi kekinian bernama Kopi Kenangan. Awalnya, Kopi Kenangan berdiri di Menara Standard Chartered Jakarta Selatan pada tahun 2017. Hingga saat ini, Kopi Kenangan sudah memiliki lebih dari 80 gerai yang tersebar di delapan kota di Indonesia. Bahkan, usaha kedai kopi ini mendapat suntikan investor juga, lho. Kunci dari bisnis besar adalah membuat business planning yang terarah, terstruktur, dan terencana.

12. Dea Valencia

Dea Valencia

Dea memulai bisnis Batik Kultur saat usianya masih 19 tahun. Oleh Dea, batik diubah menjadi fashion yang unik dan diminati masyarakat. Omzet Batik Kultur pun sudah mencapai ratusan juta per bulan. Nah dari daftar pengusaha-pengusaha sukses Indonesia di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa dengan tekun, terus bekerja keras, semangat, dan selalu melihat peluang dapat mengantarkan diri menuju kesuksesan. Seperti kata Chairul Tanjung bahwa kegagalan adalah hal biasa, namun yang terpenting bagaimana menyikapi.

Leave a Comment

Your email address will not be published.