Pemanfaatan Limbah Plastik Menjadi Barang Yang Bermanfaat

pemanfaatan limbah plastik\

Secara sederhana ialah kata yang tepat dari pemanfaatan limbah plastik. Kegiatan mendaur ulang sampah adalah suatu tindakan positif atas bentuk kepedulian terhadap lingkungan . Adapun sampah plastik yang bisa diolah menjadi beraneka ragam kerajinan, mulai dari pembuatan tas, dompet, mainan anak-anak, bunga hias, pot, dan lain sebagainya.

Limbah plastik tidak selalu memberi dampak yang buruk bagi kehidupan manusia. Jika diolah dan dikelola dengan baik, maka limbah plastik akan sangat bermanfaat. Material plastik yang tahan lama akan memungkinkan siapa pun untuk bisa menggunakannya kembali di rumah.

Hal utama yang paling penting dalam mengolah sampah plastik yaitu memisahkan jenis dan membersihkannya terlebih dahulu. Bukan hanya dipisahkan dengan sampah organik saja, jenis sampah plastik bisa dipisahkan berdasarkan jenis dan warnanya. Nah, berikut ini contoh pemanfaatan limbah plastik yang mudah.

Pemanfaatan Limbah Plastik

 

1. Pemanfaatan Limbah Plastik Sebagai Media Vertikultur

Pemanfaatan limbah plastik adalah cara yang paling mudah yang dapat dilakukan oleh semua orang untuk dapat mengurangi dampak buruk sampah plastik bagi lingkungan sekitar. Menggunakan limbah dari botol plastik sebagai media budidaya bertingkat adalah ide yang paling mudah. Sistem vertikultur juga bisa mempercepat pada pertumbuhan tanaman dengan perawatan yang mudah.

Biasanya, limbah plastik yang cocok untuk digunakan adalah botol bekas minuman bersoda. Plastik dengan material kuat hingga pada bagian botolnya yang bisa dimanfaatkan sebagai media tanam. Agar tetap enak dipandang, cobalah untuk memisahkan botol berdasarkan dengan kombinasi warnanya.

2. Pemanfaatan Limbah Plastik Untuk Lampu Hias

Limbah plastik berupa botol bekas juga sering dimanfaatkan untuk menjadi lampu hias. Hanya dengan mengiris atau menggunting pada bagian botol plastik, lampu bohlam yang menggantung bisa lebih cantik dan indah seperti lampion. Warna ruangan sesuai dengan warna plastik botol juga menambah aksen dekorasi yang unik di rumah.

3. Dompet Receh

Bukan hanya botol saja yang bisa dimanfaatkan kembali, kemasan makanan dari bahan plastik pun juga sebaiknya tidak langsung dibuang. Mangkuk saus berukuran kecil bisa dicuci bersih dan bisa digunakan untuk menyimpan koin recehan. Bentuknya yang berukuran kecil bisa disimpan di dalam tas dan lebih mudah ditemukan.

4. Tas Anyam

Limbah dari kemasan makanan ringan juga bisa menjadi barang yang dimanfaatkan kembali jika sudah tidak digunakan. Melipat bungkus makanan dari bahan plastik dan bisa dirangkai menjadi sebuah tas anyam untuk berbelanja. Jangan salah, Stella McCartney merupakan salah satu desainer ternama yang pernah berkolaborasi dengan Parley for the Oceans untuk membuat koleksi fashion modis sampah plastik yang dihasilkan dari laut.

5. Wadah Serbaguna

Jika belum punya waktu dan tidak terlalu kreatif untuk mengolah limbah plastik, ada cara yang paling praktis untuk menggunakan kembali kemasan botol bekas pakai. Potong bagian atasnya saja, lalu gunakan untuk tabung tempat menyimpan alat tulis. Jika masih suka membaca koran atau menulis catatan di kertas, cukup gulung dan masukkan ke dalam tabung dari botol bekas tersebut. Penyimpanan barang-barang kertas bisa lebih rapi dan unik daripada menumpuk atau berserakan di atas meja.

6. Dekorasi Mozaik

Bagi yang  mempunyai ketertarikan di bidang seni, inspirasi sederhana ini bisa membuat dekorasi rumah atau ruangan anda jadi lebih unik dan indah. Kumpulkan tutup botol berwarna-warni dan buat pola yang unik untuk ditempelkan pada papan karton atau menggunakan kayu. Gunakan lem atau paku untuk menempelkan  papan tersebut. Dekorasi ini bisa ditempel di dinding untuk memberikan kesan artsy yang sederhana dan juga unik.

7. Mainan Anak

Kali ini bisa kembali memanfaatkan limbah dari botol plastik untuk digunakan menjadi barang yang bermanfaat. Siapkan cat akrilik di dalam sebuah mangkuk kecil, dan kertas atau kain polos yang tidak digunakan. Celupkan pada bagian bawah botol ke dalam cat, lalu tempelkan di atas kertas atau kain. Dengan cara ini, pola yang akan dibentuk dari bagian bawah botol plastik akan membentuk bunga. Tidak perlu beli cat lagi, anak-anak bisa berkreasi dengan senang.

8. Pot Tanaman Besar

Salah satu hal yang bisa dimanfaatkan dari limbah sampah plastik adalah pot tanaman besar yang mana dimanfaatkan dengan sisa galon bekas yang sudah tidak digunakan. Banyak juga tumbuhan yang bisa digunakan sebagai bahan media tanam. Tumbuhan sendiri bisa tumbuh dengan baik di tanaman pot besar yang berbahan plastik karena mampu menjaga lingkungan serta awet sekali mengingat karena sampah plastik sulit terurai.

9. Pot Tanaman Gantung

Tanaman gantung yang bisa biasanya ditaruh pada atap rumah bisa menjadi alternatif pot lain bila kreasi pot besar maupun vertikal dirasa masih kurang cukup. Banyak juga kebutuhan tanaman gantung yang sangat baik dalam menjaga umur tanaman menjadi lebih lama dan digunakan rentang waktu yang awet atau tahan lama.

Limbah bisa daur ulang kembali, seperti limbah plastik yang banyak dibutuhkan oleh pabrik daur ulang plastik. Untuk proses mencacah atau menghancurkan sampah anda bisa gunakan mesin pencacah plastik agar lebih mudah. Mesin pencacah plastik ini merupakan sebuah alat untuk menghancurkan plastik, contohnya seperti sampah botol minuman dan yang lainnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published.