Peluang Bisnis Kopi Shop

peluang bisnis kopi

Peluang bisnis kopi. Kopi merupakan jenis biji-bijian yang dapat diolah menjadi minuman. Biji kopi tersebut akan melalui proses yang panjang, mulai dari pemetikan sampai akhirnya menjadi bubuk kopi. Hal tersebut tidak mudah untuk dilakukan, karena jika salah sedikit atau terlewat satu proses saja kopi tidak akan bagus kualitasnya. Apalagi kopi punya banyak jenis, jadi setiap jenis kopi memiliki proses yang berbeda-beda.

Nah, saat ini bisnis kopi terutama kopi shop atau kedai kopi sangat dicari oleh orang-orang terutama akan muda. Karena menjalankan bisnis ini menurut mereka keren dan mudah, tetapi berbanding terbalik, bahwasannya menjalankan bisnis kopi shop adalah hal yang tidak mudah. Apalagi bila kamu tidak tau menau soal bisnis. Berikut ini penejelasan yang dapat kamu ambil dan pelajari tentang peluang usaha kopi shop saat ini. Pastinya kopi shop saat ini sangat banyak dicari oleh anak muda, untuk sekedar main, nogkrong, dan bersantai.

Peluang Bisnis Kopi Shop

peluang bisnis kopi

Sebelum melakukan bisnis atau usaha kopi shop kamu perlu mengetahui beberapa hal penting seperti modal, skill / kemampuan, uji coba. Berikut ini adalah penjelasan singkat mengenai hal tersebut :

1. Modal Usaha Kopi Shop

Membuat sebuah kedai kopi atau kopi shop tentu tidak memakai modal yang sedikit, pastinya modal tersebut pasti bernominal puluhan bahkan ratusan juta. Maka dari itu untuk kamu yang tidak tau soal berbisnis kopi atau atau memulai usaha kopi, kamu bisa memakai modal yang minim terlebih dahulu. Modal minim tersbut juga tidak murah, paling sedikit untuk membuka sebuah kedai kopi yaitu 10 – 20 juataan. Modal dengan jumlah tersebut dapat kamu gunakan untuk membeli peralatan kopi seperti  V60, syphon, french press, mesin espresso, grinder, scale, milk steamer, milk jug, yang dapat ditotalkan bisa sekitar 7 – 8 jutaan. Selain peralatan kopi kamu juga perlu mencari, tempat, peralatan interior seperti meja kursi, gelas, mesin kasir, dekorasi, dan lain-lain. Diluar hal itu juga ada biaya listrik, air, sewa tempat / tempat  sendiri, dan lain sebagainya. Jadi dapat disimpulkan modal usaha kopi shop dapat naik turun tergantung dari peralatan serta bahan ain yang kamu cari.

2. Lokasi Usaha Kopi Shop

Setelah kamu memiliki modal untuk membuka kopi shop, selanjutnya kamu dapat mencari tempat untuk kopi shopmu nanti. Kamu bisa menyewa ruko ditempat yang strategis seperti didekat perkantoran, ditengah kota, atau didesa yang memiliki pemandangan bagus. Yang pasti jika kamu mencari tempat untuk membuka kopi shop, pastikan cari tempat yang dekat dari perkantoran atau dekat tempat perguruan tinggi. Karena orang orang tersebut pasti akan mencari kopi untuk sarapan bagi sebelum beraktivitas. Selain membuka kedai kopi ditempat tersebut kamu juga bisa membuka didalam pusat perbelanjaan seperti mall atau dikantin sekolah perguruan tinggi. Orang orang jika pergi ke mall pasti akan mencari yang namanya kopi, entah kopi yang murah atau mahal yang penting menurut mereka itu enak.

3. Target Pasar atau Konsumen

Seperti yang sudah disebutkan diatas, konsumen atau pembeli kopi biasanya orang dewasa. Jadi pembeli biasanya para pekerja kantoran, mahasiswa, siswa siswi sekolah menengah atas, dan para orang tua. Untuk mencari konsumen tersebut kamu bisa baca di poin lokasi usaha kopi atau penjelasan diatas ini. Para konsumen biasanya akan minum kopi ketika sarapan dan makan siang, jadi kamu bisa membuka kedai kopimu saat pagi hari sekitar jam 6 sampai malam hari sekitar jam 9. Di jam tertentu seperti makan siang para pekerja biasanya akan mencari kopi sebagai minuman mereka, karena kopi memiliki kafein yang membuat mata tetap segar walau sedang mengantuk.

4. Promosi Usaha Kopi Shop

Agar kopi shop milikmu laku, kamu bisa menggunakan cara promosi. Promosi dapat melalui berbagai mcam platform seperti sosial media (Instagram, facebook, tik tok, youtube, whatsapp, dan lain-lain), atau secara ofline melalui kerabat dekat, teman, mengikuti bazar / pameran, dan lain-lain. Cara tersebut dimampu ampuh untuk mengembangkan bisnis kopi shopmu. Selain mempromosikan dengan memberitahu ada kedai kopi mu, kamu juga bisa menggunakan cara lain seperti me-review kedai kopi dan juga menu apa saja yang dijual, memberikan diskon kepada konsumen, word of mouth atau memberi slogan yang mudah diingat, dan lain sebagainya.

5. Uji Coba Produk

Hal penting selanjutnya adalah uji coba produk. Uji coba meliputi rasa makananan dan minuman, ketahanan, keawetan, serta harga jual. Kamu dapat membuat berbagai varian minuman dari kopi serta makanan dari kopi yang menurut kamu unik. Membuat menu makanan dan minuman unik bisa menjadi sarana promosi untuk kedai kopi milikmu lhoo. Selain itu, fungsi uji coba produk untuk menguji rasa makanan dan minuman agar menjadi selelera semua orang. Maksudnya, kamu harus memakai bahan-bahan yang belum pernah orang coba, tetapi begitu mereka mencoba akan cocok dilidah mereka. Seperti memvariasikan makanan dan minuman dengan buah, sayuran, atau bumbu dapur seperti bubuk kayu manis.

Bisnis kopi shop atau kedai kopi memang tidak bisa lagsung membuka atau bisa disebut grang opening. Kamu perlu melakukan hal-hal penting yang sudah dijelaskan diatas, agar bisnis kopi kamu berjalan lancar tanpa adanya kendala. Mengapa hal tersebut perlu dilakukan ? Karena dapat lebih menarik pelanggan, lebih siap, serta bisa menjadi pelajaran jika ada kesalahan kedepannya.

Nah, diatas tadi merupakan penjelasan singkat yang dapat kamu baca tentang peluang bisnis kopi shop. Sebenarnya masih banyak hal yang perlu kamu siapkan untuk membuka sebuah kedai kopi, seperti training karyawan yang betujuan untuk berjalannya sebuah kedai kopi. Kamu dapat mengambil karyawan yang sebelumnya menjadi barista juga, agar tidak lama proses trainingnya nanti.

Sekian penjelasan singkat diatas, semoga bermanfaat dan membantu untuk kamu. Perlu diingat tidak ada usaha yang akan menghianati hasil, selagi kamu barengi dengan doa. Terima kasih.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published.