Tips Memilih AC Sebelum Memutuskan Untuk Membeli

ac murah hemat listrik

Air Conditioning (AC) merupakan perangkat elektronik yang umum digunakan di rumah atau di apartemen, terutama jika tempat tinggal berada di iklim panas. Kehadiran AC sangat membantu, apalagi saat panas menerpa. Namun terkadang kita salah memilih AC yang tidak sesuai dengan kebutuhan kita, sehingga pemakaiannya tidak tahan lama dan tagihan listrik naik.

Seperti halnya membeli peralatan elektronik rumah tangga lainnya, membeli AC juga memerlukan beberapa pertimbangan terutama dari segi daya, karena akan sangat mempengaruhi tagihan listrik setiap bulannya. Selain itu, fitur dan teknologi yang diusung produk AC juga perlu diperhatikan, apakah dibutuhkan semua atau tidak? AC dengan banyak fitur tentunya dijual dengan harga yang lebih mahal dibandingkan AC dengan fitur standar.

Hal ini wajar, karena di pasaran banyak varian dan teknologi yang digunakan oleh produk AC. Berikut tips membeli AC yang tepat sesuai kebutuhan dan tipe ruangan Anda.

Tips Memilih AC Murah

Pertimbangkan Jenis AC

Jenis dan tipe AC berbeda-beda lho. Jenis AC biasanya mengacu pada daya listrik yang dikonsumsi oleh AC. Secara umum jenis AC terbagi menjadi dua yaitu AC inverter dan non-interverter dengan watt rendah yang masuk dalam kategori AC standar.

Sedangkan AC inverter merupakan jenis yang akan mengkonsumsi banyak daya listrik setelah dinyalakan. Namun, penggunaan listrik akan berkurang saat ruangan dingin. Anda dapat memilih AC inverter jika menggunakan alat ini lebih dari enam jam dalam satu hari. Pasalnya, daya listrik akan jauh lebih hemat saat AC inverter dinyalakan dalam waktu lama agar tagihan tidak membengkak juga.

Perhatikan Tingkat Kebisingan AC

Hal lain yang perlu diperhatikan saat menerapkan tips memilih AC adalah tingkat kebisingan. AC yang baik biasanya memiliki tingkat suara yang tidak begitu bising, misalnya suara yang terdengar hanya kipas angin yang menyala.

Sedangkan AC dengan kualitas standar umumnya dapat mengganggu sebagian orang yang memiliki pendengaran sensitif. Untuk itu, pilihlah dengan bijak jenis AC dengan suara yang sesuai dengan lingkungan rumah Anda.

Lihat Fitur yang Tersedia

Tip penting lainnya untuk memilih AC rumah adalah dengan melihat fitur yang tersedia. Secara umum, semua unit AC menjalankan fungsinya dengan baik dan dilengkapi dengan fitur-fitur yang cukup canggih, seperti: • Termostat pintar yang dapat mempelajari kebiasaan dan mendinginkan rumah secara otomatis.

  • Pilihan untuk hanya menggunakan kipas angin agar rumah Anda tetap nyaman dan menghemat tagihan listrik.
  • Saklar tunda otomatis yang mampu membuang sisa udara dingin saat unit AC dimatikan.

Selain ketiga fitur tersebut, ada fitur lain yang tentunya sesuai dengan merk, harga, dan tipe AC yang dipilih.

Cari AC dengan Daya Listrik Rendah

Membeli AC tidak hanya dilihat dari segi fungsi dan biaya saja, Anda  juga perlu mengetahui seberapa besar daya listrik yang akan digunakan dari perangkat elektronik ini. Pasalnya, akan percuma bila membeli AC murah namun daya listriknya cukup besar.

Alhasil, uang yang seharusnya Anda hemat dari pembelian AC ini akan terus digunakan untuk membayar tagihan listrik. Oleh karena itu, coba pertimbangkan AC murah hemat listrik yang membantu Anda mengatur keuangan dalam jangka panjang.

Perhatikan garansi AC

Sebelum Anda membeli unit AC baru, pastikan Anda memahami garansi pada barang elektronik ini. Sebagian besar AC baru memiliki beberapa jenis garansi, tetapi tentu saja tidak dibuat sama.

Tidak hanya masa garansi yang berbeda antara satu merek dengan merek lainnya, apa yang dicakup oleh garansi juga berbeda. Beberapa mencakup suku cadang dan tenaga kerja jika unit tidak berfungsi, sementara yang lain hanya mencakup bagian-bagian tertentu.

Oleh karena itu, selalu baca syarat dan ketentuan garansi AC yang akan Anda beli agar tidak kecewa di kemudian hari.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published.