Membuat Ternak Sapi Cepat Gemuk

Membuat ternak sapi cepat gemuk, cara membuat ternak sapi cepat gemuk secara alami? Memang bisa? tentu saja bisa dengan teknis yang tepat. Cara membuat sapi cepat gemuk alami memang memiliki banyak metode. Tapi yang harus diperhatikan adalah kualitas perawatan dan pemenuhan nutrisinya.

Tentu semakin gemuk sapi yang anda miliki, maka akan semakin untung pula anda. Namun, tidak semua peternak bisa membuat sapi cepat gemuk. Mesin pencacah rumput multifungsi.

Mungkin anda bisa memberikan banyak sekali suplemen dan obat untuk membuat sapi cepat gemuk, tetapi cara tersebut akan membuat kualitas daging sapi jadi berkurang. Karena itu, usahakan untuk menggunakan cara yang alami.

 

Cara Ternak Sapi Cepat Gemuk

1. KUALITAS DAN JENIS PAKAN
Semua makhluk hidup membutuhkan makanan. Begitu juga dengan sapi. Makanan yang berkualitas tentu akan membuat sapi menjadi lebih sehat dan cepat gemuk. Karena itu, cara bikin sapi gemuk secara alami pertama yang harus anda lakukan adalah mengubah kualitas dan jenis pakan untuk sapi.

Ada 3 jenis pakan yang harus anda berikan kepada sapi kalau ingin membuatnya gemuk, yaitu pakan hijauan, pakan konsentrat, dan pakan tambahan.

Seperti namanya, pakan hijauan merupakan pakan yang berasal dari tanaman. Sapi sebagai hewan herbivora sangat membutuhkan jenis pakan yang satu ini untuk mendapatkan selulosa yang akan menjaga keseimbangan hormon pada sapi.

Beberapa macam pakan hijauan yang umum diberikan untuk sapi adalah jerami padi, rumput gajah, rumput ilalang, rumput setaria, dan jerami kacang tanah.

Pakan konsentrat merupakan pakan yang mengandung serat kasar dalam jumlah yang rendah sehingga lebih mudah dicerna oleh sapi. Pakan hijau mengandung serat yang cukup tinggi sehingga harus diimbangi dengan pakan konsentrat. Jenis pakan konsentrat sangat penting dalam proses membuat sapi gemuk dan sehat secara alami.

Berbagai macam pakan konsentrat yang dapat anda berikan untuk sapi adalah dedak, bekatul, ampas tahu, ampas singkong, tepung ikan, dan bungkil kelapa.

Ada beberapa nutrisi pada sapi yang harus terpenuhi, seperti vitamin dan mineral. Inilah peran dari pakan tambahan, yaitu untuk memenuhi vitamin dan mineral pada sapi yang tidak bisa terpenuhi oleh dua jenis pakan sebelumnya.

Pakan tambahan sangat penting untuk membuat sapi gemuk dan sehat karena berfungsi memenuhi mineral dan vitamin. Agar bisa cepat gemuk, sapi membutuhkan vitamin A dan vitamin D, serta kalsium dan fosfor.

Anda dapat memberikan pakan tambahan yang mengandung keempat kandungan tersebut, seperti memberikan multivitamin atau jamu buat sapi biar gemuk.

2. KOMPOSISI PAKAN
Setelah mengetahui berbagai jenis pakan yang berkualitas dan tepat untuk penggemukan sapi, kini anda harus membuat komposisi pakan yang tepat. Pakan harus dibuat dengan komposisi yang tepat agar bisa menyesuaikan dengan kebutuhan nutrisi dari sapi.

Untuk itu, anda harus mengetahui kebutuhan nutrisi dari sapi terlebih dahulu. Semakin besar badan sapi, semakin banyak juga kebutuhan nutrisi. Agar cepat gemuk, sapi sangat membutuhkan protein.

Selanjutnya, anda harus mengetahui kandungan nutrisi dari setiap pakan untuk sapi agar bisa membuat komposisi pakan yang tepat sesuai dengan kebutuhan tersebut. Ingat! Anda harus mencampur pakan konsentrat dengan pakan hijauan agar mendapatkan komposisi yang seimbang.

Setelah mengetahui semua kandungan nutrisi dari pakan konsentrat dan pakan hijauan, kini anda tinggal membuat komposisi pakan yang tepat. Tambahkan juga pakan tambahan untuk membantu memenuhi vitamin A dan D yang dibutuhkan sapi.

3. PERTUMBUHAN JUMLAH BERAT SAPI BERDASARKAN JENIS
Selain memberikan pakan yang tepat untuk sapi setiap hari, anda juga harus memantau pertumbuhan sapi tersebut. Sapi potong yang berkualitas baik akan tumbuh dengan konsisten setiap minggunya.

Menurut beberapa penelitian, Sapi jantan memiliki pertumbuhan maksimal mencapai 66 kg dalam satu bulan. Tentu saja dengan perawatan yang maksimal.

Leave a Comment

Your email address will not be published.