Membuat Minyak Kelapa Murni

Membuat Minyak Kelapa Murni

Membuat minyak kelapa murni, minyak kelapa adalah minyak nabati yang diekstrak dari daging buah kelapa. Berdasarkan teknik ekstraksinya, minyak kelapa bisa dikelompokkan atas tiga jenis: Minyak Kelapa Virgin, Minyak Kelapa Non-RBD, dan Minyak Kelapa RBD.

Membuat Minyak Kelapa Murni

Minyak kelapa virgin (VCO) adalah minyak kelapa yang diperoleh dengan ekstraksi atau pengempaan pada suhu tidak lebih dari 60 ┬░Celsius, sehingga minyak yang dihasilkan berwarna bening seperti air dan kandungan nutrisi, aroma, dan rasa kelapa tetap terjaga dengan baik.

Minyak kelapa virgin memiliki nilai ekonomi yang lebih tinggi daripada minyak kelapa jenis lain. Biasa digunakan untuk bahan baku kosmetik dan juga dikonsumsi langsung sebagai asupan gizi berkalori tinggi. Mesin pembuat minyak kelapa.

Pada bulan April 2021, peneliti dari Universitas Gadjah Mada (UGM) melakukan penelitian untuk menjajaki potensi minyak kelapa virgin sebagai terapi pelengkap bagi penderita COVID-19.

Untuk keperluan komersial, Badan Standardisasi Nasional (BSN), telah menetapkan standar mutu untuk minyak kelapa virgin, sebagaimana dituangkan dalam SNI 7381-2008. Pada dasarnya, teknik ekstraksi minyak kelapa virgin (VCO) bisa dilakukan dengan dua metode, yakni metode basah dan metode kering.

 

Manfaat Minyak Kelapa

1. Menurunkan Berat Badan

Kandungan nutrisi dalam minyak kelapa murni dipercaya dapat meningkatkan metabolisme, sehingga lemak dalam tubuh akan semakin cepat terbakar dan diubah menjadi energi.

Selain itu, penggunaan minyak kelapa juga dapat memberikan efek kenyang lebih lama, sehingga dapat menekan rasa lapar dan mencegah Anda mengonsumsi terlalu banyak makanan.

Meski diklaim baik untuk orang yang ingin mengurangi berat badan, sejauh ini data mengenai efektivitas minyak kelapa untuk diet masih terbatas sehingga masih diperlukan penelitian lebih lanjut. Namun, perlu diketahui bahwa dalam hal menurunkan berat badan, Anda tidak hanya bisa mengandalkan minyak kelapa semata.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat minyak kelapa untuk kesehatan jantung diduga berasal dari kandungan polifenol. Polifenol diketahui dapat mencegah terjadinya aterosklerosis, yaitu pengerasan dinding pembuluh darah akibat penumpukan plak pada dinding pembuluh darah. Dengan demikian, risiko penyakit jantung pun akan menurun.

3. Mengurangi Kadar Lemak Jahat

Manfaat minyak kelapa lain yang juga diklaim baik untuk kesehatan adalah mengurangi kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL) dalam tubuh.

Efek ini dapat memelihara kesehatan jantung dan pembuluh darah. Namun, beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi minyak kelapa hanya meningkatkan kadar lemak baik, tetapi tidak memberikan dampak signifikan pada penurunan kolesterol total dan lemak jahat dalam darah.

4. Mencegah Diabetes

Asam lemak dalam minyak kelapa diduga dapat memperbaiki toleransi glukosa dalam tubuh. Pada kasus diabetes tipe 2, minyak kelapa dipercaya dapat memperbaiki sensitivitas insulin. Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan manfaat ini.

Saat ini, sudah banyak produk minyak kelapa murni yang dijual di pasaran dan mudah diperoleh dengan harga yang bervariasi. Namun, sebelum Anda membelinya, selalu perhatikan petunjuk penggunaan dan tanggal kedaluwarsa dari produk minyak kelapa tersebut.

Selain itu, konsultasikan lebih dulu ke dokter jika Anda ingin menggunakan minyak kelapa sebagai bahan alami untuk menunjang dan memelihara kesehatan.

5. Merawat Kesehatan Kulit

Minyak kelapa tak selalu lekat dengan bahan masakan, namun juga berkaitan dengan produk kecantikan. Beberapa perusahaan produk kecantikan membuat ekstrak minyak kelapa sebagai penawar anti inflamasi dan membantu melindungi, serta merawat kesehatan kulit. Perlu diingat, bahwa khasiat itu hanya berlaku pada produk-produk topikal, alias dipakaikan ke kulit. Sedangkan penggunaan minyak kelapa untuk memasak, belum terbukti meningkatkan kesehatan kulit.

 

Cara Membuat Minyak Kelapa Murni

Bahan :

  • 5 butir kelapa tua
  • 1,2 liter air matang

Langkah Membuat :

  1. Parut kelapa sampai halus, bisa menggunakan parutan kelapa atau blender.
  2. Campur hasil parutan dengan air matang. Peras dan saring hingga menghasilkan santan.
  3. Tuang air santan ke dalam panci, dan panaskan dengan api kecil.
  4. Aduk santan secara perlahan dan terus-menerus. Proses ini akan membuat santan menguap dan menyisakan minyak beserta ampasnya.
  5. Selanjutnya, ampas kelapa akan berubah warna keabu-abuan atau coklat dan tenggelam di dasar panci.
  6. Selama pemanasan, minyak dan air santan akan terus terpisah. Gunakanlah sendok untuk memisahkan keduanya.
  7. Setelah minyak kelapa terkumpul, matikan api dan biarkan hingga dingin. Jika sudah dingin, minyak kelapa siap digunakan.

Leave a Comment

Your email address will not be published.