Manfaat Minyak VCO Untuk Bayi

Manfaat Minyak VCO Untuk Bayi

Minyak VCO memiliki manfaat untuk bayi, lantas apa saja Manfaat Minyak VCO Untuk Bayi? kita langsung saja simak dalam ulasannya berikut!

VCO

Minyak kelapa virgin (VCO) merupakan minyak kelapa yang didapatkan dengan melalaui proses ekstraksi atau pengempaan dalam suhu tidak lebih dari 60 °Celsius, sehingga minyak yang diperoleh memiliki warna bening seperti air serta kandungan nutrisi, aroma, dan juga rasa kelapa tetap terjaga dengan sangat baik.

Minyak kelapa virgin mempunyai nilai ekonomi yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan minyak kelapa jenis lain. Biasa dipakai untuk menjadi bahan baku kosmetik serta dapat dikonsumsi secara langsung untuk mejadi asupan gizi dengan memiliki kalori tinggi. Pada bulan April 2021, peneliti yang berasal dari Universitas Gadjah Mada (UGM) melaksanakan penelitian dengan tujuan menjajaki potensi minyak kelapa virgin untuk menjadi terapi pelengkap untuk seseorang yang sedang menderita COVID-19.

Untuk kebutuhan komersial, Badan Standardisasi Nasional (BSN), sudah menentukan standar mutu untuk minyak kelapa virgin, sebagaimana yang telah dituliskan dalam SNI 7381-2008.

Manfaat Minyak VCO Untuk Bayi

Biasanya, minyak kelapa VCO aman untuk dipakai oleh bayi secara topikal maupun oles. Akan tetapi, pakailah secukupnya pada area yang dirasa harus memperoleh kelembapan lebih banyak. Beberapa manfaat yang terdapat dalam VCO untuk bayi antara lain:

1. Mengatasi Ruam Popok

Manfaat yang ada dalam minyak kelapa untuk kulit bayi yang  pertama adalah bisa untuk membantu dalam mengatasi ruam popok bayi. Belum ada bukti ilmiah mengenai manfaat yang satu ini, akan tetapi minyak kelapa memang bisa untuk pengurangan inflamasi, gatal, serta iritasi pada kulit. Mengoleskan minyak kelapa bisa melembapkan kulit sehingga tidak dapat dengan mudah terkena ruam.

Caranya cukup dengan mengaplikasikan VCO pada bokong maupun lipatan paha yang sedang terkena ruam. Setelah itu, pastikan kulit telah benar-benar menjadi kering sebelum mengganti popok dengan yang baru. Cara ini dapat dilakukan selama beberapa kali dalam sehari.

2. Baik Untuk Eksim

Kulit bayi yang cenderung masih sensitif sangat mungkin untuk menderita eksim. Ketika eksim pada bayi timbul, kulit akan berubah menjadi sangat kering dan juga gatal. Mengoleskan minyak kelapa bisa untuk membantu dalam melembapkan kulit yang kering dan juga dapat mengurangi rasa tidak nyaman. Minyak kelapa bisa dipercaya untuk menjadi pengganti pelembap.

3. Baik Untuk Kulit Kepala Kecuali

Minyak kelapa VCO mempunyai kandungan asam lemak rantai sedang atau MCFA. Jenis asam lemak ini mempunyai khasiat antibakteri serta antimikroba. Pad saat dioleskan pada kulit kepala dan juga rambut bayi, artinya minyak kelapa dapat memberikan nutrisi yang dibutuhkan.

Tidak cuma itu saja, manfaat VCO untuk bayi juga bisa menghilangkan akumulasi sebum dari folikel rambut. Dengan mengoleskan minyak kelapa VCO juga, maka asam laurat yang berasa di dalamnya bisa untuk menjaga hilangnya protein.

Menurut penelitian yang dinyatakan dalam National Library of Medicine (NIH), di antara tiga minyak yang dilakukan pengujian yaitu minyak kelapa, minyak bunga matahari dan juga minyak mineral, minyak kelapa terbukti menjadi minyak yang terbaik untuk diaplikasikan pada kulit kepala bayi.

Antara tiga minyak, minyak kelapa merupakan satu-satunya minyak yang ditemukan bisa untuk mengurangi kehilangan protein secara signifikan untuk rambut yang tidak rusak maupun rambut yang rusak pada saat dipakai untuk menjadi produk perawatan sebelum dan setelah mencuci. Sedangkan minyak bunga matahari dan mineral sama sekali tidak dapat menolong dalam pengurangan kehilangan protein dari rambut.

Metode mengoleskan minyak kelapa untuk rambut bayi bisa dilaksanakan sebelum waktu mandi. Ini juga bisa untuk melakukan perangsangan dalam pertumbuhan rambut menjadi lebih banyak.

4. Melembabkan Kulit

Manfaat minyak kelapa pada bayi yang paling terkenal adalah bisa untuk melembapkan kulit. Minyak kelapa VCO terdapat kandungan vitamin dan juga lemak sehat yang dapat menjadi pelembap alami pada kulit. Hanya dengan mengaplikasikan minyak kelapa pada kulit yang kering dan juga memijatnya secara perlahan bisa memberikan kelembapan yang dibutuhkan.

5. Mengatasi Bruntusan Bayi

Terkadang kondisi bruntusan pada bayi bisa cukup mengganggu dikarenakan dapat memunculkan rasa gatal. Belum lagi apabila sering mengenai tangan yang tidak bersih, ada kemungkinan terkena kontaminasi kuman.

Salah satu cara untuk dapat mengatasinya dapat dengan mengoleskan minyak kelapa VCO secara bertahap. Kandungan asam laurat yang terdapat pada minyak kelapa bisa untuk mengurangi paparan kuman yang memicu bruntusan dan juga meredakan kondisi ini.

6. Menghilangkan Cradle Crap

Manfaat VCO untuk bayi lainnya adalah bisa untuk membantu dalam menghilangkan cradle crap yang terjadi pada kulit kepala. Hal ini bersangkutan dengan manfaat minyak kelapa yang memiliki fungsi untuk menjadi pelembap.

Sebagian besar bayi yang baru lahir mempunyai cradle crap atau lapisan kulit kering yang berada pada kepala mereka. Sekilas, cradle crap hampir mirip seperti ketombe. Pemicu timbulnya cradle crap adalah perubahan hormonal yang terjadi pada akhir masa kehamilan sang ibu.

7. Mengatasi Bibir Bayi Kering

Selain dapat menjadi pelembap kulit dan juga kulit kepala, manfaat minyak kelapa untuk bayi juga dapat membuat lembam pada bibir si Kecil pada saat bibir bayi menjadi kering. Terlebih, kondisi ini bisa membuat bayi terasa nyeri pada saat menyusu.

Supaya dapat meredakannya, celupkan ujung jari di minyak kelapa selanjutnya oleskan pada bibir bayi dan juga area yang ada di sekitarnya. Hanya saja pastikan mengoleskannya saat pada kondisi anak sedang dalam kondisi tidur supaya dapat mengurangi kemungkinan apabila tanpa sengaja tertelan.

8. Meredakan Pilek

meredakan pilek dengan mencampurkan minyak kelapa dan juga minyak esensial memang telah populer sangat ampuh sejak dahulu kala. Berbagai macam produk dalam mengatasi pilek bayi yang terjual pada apotik biasanya terdapat kandungan berbagai macam bahan kimia yang mempunyai aroma yang menyengat. Mengoleskan minyak kelapa dalam mengatasi pilek pada bayi dapat menjadi cara alami yang dapat dipilih.

Leave a Comment

Your email address will not be published.