Makanan Penutup Dari Jagung Serta Manfaatnya Untuk Kesehatan

Makanan Penutup Dari Jagung

Makanan penutup dari jagung – Jagung bisa menjadi salah satu pilihan menu untuk dikonsumsi masyarakat di Indonesia selain nasi. Sekitar 24,95 juta ton pipil jagung kering berhasil diproduksi di Indonesia sepanjang tahun 2020.

Meskipun jumlah panen jagung di Indonesia besar, ternyata jagung masih kalah unggul dengan beras padi sebagai sumber karbohidrat. Tetapi, apabila diukur secara global, warga dunia sebenarnya mengandalkan jagung sebagai sumber karbohidrat.

Mengacu kepada data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2019, jagung mempunyai peran penyediaan kalori di dunia hingga 19,5 persen, diikuti oleh padi sebesar 16,5 persen. Jagung dapat diolah menjadi lauk hingga sup yang cocok untuk dinikmati sebagai makanan sehari-hari.

Makanan Olahan Jagung

Makanan Penutup Dari Jagung

Berikut beberapa makanan olahan jagung yang dapat kalian coba.

1. Perkedel Jagung

Perkedel jagung adalah makanan khas dari Manado. Untuk membuatnya, kalian hanya memerlukan jagung pipil, tepung terigu, dan daun bawang.

2. Sup Jagung

Sup jagung dapat menjadi salah satu makanan dari olahan jagung yang bisa kalian coba.

Terdapat dua versi sup jagung yang biasa kita temukan, yaitu sup jagung kuah bening dengan potongan jagung dan jagung pipil atau sup jagung yang di parut dan dilarutkan dengan tepung maizena.

Untuk menambah kelezatan sup, kalian juga dapat menambahkan potongan ayam dan sayur wortel.

3. Salsa Jagung

Makanan olahan jagung ini bisa kalian buat dari campuran bawang bombai atau merah, dan tomat dengan rasa asam yang segar.

Salsa jagung sering kali menjadi camilan untuk makan daging bakar atau nachos.

4. Bubur Jagung

Makanan olahan jagung berikutnya yang bisa kalian coba adalah bubur jagung. Bubur jagung biasanya cocok di santap saat cuaca hujan dengan suhu yang dingin.

Jika kalian mau mencoba makanan yang gurih dan tidak manis, kalian bisa mencoba membuat tinutuan makanan khas dari Manado.

5. Jasuke

Makanan olahan jagung berikutnya jagung susu dan keju atau lebih dikenal dengan sebutan jasuke.

Jagung susu keju adalah makanan olahan jagung yang sangat mudah untuk di buat di rumah..

Kalian hanya perlu jagung yang sudah  kalian rebus terlebih dahulu, margarin, parutan keju serta susu kental manis sebagai topping.

6. Martabak

Makanan olahan jagung selanjutnya martabak yang bisa kalian coba. Kalian bisa membuat martabak rumahan menggunakan teflon tidaklah sulit. Kalian juga dapat menggunakan jagung pipil rebus untuk topping.

7. Puding Jagung

Puding jagung juga dapat menjadi pilihan makanan olahan dari jagung. Ketika membuat puding jagung, pastikan takaran airnya tidak kurang dan juga tidak lebih. Selain itu, hindari brown sugar atau palm sugar agar warnanya cantik.

Nutrisi Jagung

Melansir dari Alo Dokter, terdapat beberapa nutrisi penting dalam sebuah jagung. Setidaknya satu buah jagung terdapat sekitar 80-100 kalori.

Tidak hanya, jagung juga mengandung beragam nutrisi, seperti serat, protein, karbohidrat, mineral, dan vitamin.

Jagung juga mempunyai beragam antioksidan, misalnya saja asam fenolat, zeaxanthin, antosianin, dan lutein.

Manfaat Jagung Untuk Kesehatan

1. Melancarkan Saluran Cerna

Jagung mengandung banyak serat yang bermanfaat untuk melancarkan pencernaan.

Konsumsi makanan tinggi serat dapat mendorong pertumbuhan bakteri baik di usus, mencegah sembelit, mengurangi risiko terkena wasir, dan menurunkan risiko terjadinya kanker usus besar.

2. Memelihara Kesehatan Mata

Jagung mempunyai antioksidan zeaxanthin dan lutein. Kedua zat itu dikenal baik sebagai menjaga kesehatan mata.

Beberapa penelitian menjelaskan, rutin mengonsumsi jagung dapat mengurangi risiko terjadinya gangguan mata terkait penuaan, seperti degenerasi makula dan katarak.

3. Meningkatkan Kepadatan Tulang

Mengonsumsi jagung bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang. Berdasarkan studi 100 gram jagung terdapat sekitar 500 mg fosfor.

Jumlah ini hamir memenuhi kebutuhan harian fosfor orang dewasa. Fosfor adalah nutrisi yang baik untuk meningkatkan kepadatan serta kekuatan tulang dan gigi.

4. Cegah Depersi

Kandungan magnesium dalam jagung daoat menjaga kesehatan dan fungsi otak sekaligus menjaga suasana hati.

Dengan kadar magnesium yang rendah dalam tubuh diketahui bisa meningkatkan risiko terkena depresi.

5. Tekanan Darah Terkendali

Adanya magnesium antioksidan di jagung membuat tekanan darahmu terkendali. Untuk itu, disarankan kalian mengonsumsi jagung secara rutin bisa mencegah penyakit darah tinggi atau hipertensi.

Meski begitu, sebaiknya hindari menambahkan garam secara berlebihan saat mengonsumsi jagung. Hal ini lantaran asupan garam yang berlebihan justru bisa meningkatkan tekanan darah.

Dan itulah dia pembahasan tentang makanan penutup dari jagung, semoga artikel yang saya buat dapat membantu kalian mengenai makanan penutup dari jagung. Bagi kalian yang mau tahu tentang mesin pemipil jagung dan cara membuat tepung jagung kalian bisa klik link yang berwarna. Semoga bermanfaat!.

Leave a Comment

Your email address will not be published.