Kerajinan dari Bahan Plastik Serta Contoh dan Cara Membuatnya

kerajinan dari bahan plastik

Kerajinan dari bahan plastik sangat banyak diantaranya yaitu kerajinan bunga hias, lampu hias, tempat charger, dan lain sebagainya. Limbah sampah plastik menjadi salah satu limbah yang sulit untuk diolah.

Di Indonesia sendiri pengolahan limbah plastik masih belum maksimal. Padahal jika dimanfaatkan dengan baik bisa menghasilkan sesuatu yang berguna, salah satunya yaitu kerajinan dari sampah plastik.

Kerajinan tersebut masih belum banyak ditemukan di wilayah Indonesia dan masih sedikit orang yang membuatnya. Sampah plastik yang dipakai juga beragam mulai dari pembungkus makanan ringan, minyak, dan lain sebagainya.

Pengertian Kerajinan dari Bahan Plastik

kerajinan dari bahan plastik

Kerajinan dari sampah plastik merupakan kerajinan yang menggunakan material dasar plastik baik itu botol plastik, plastik biasa, dan sejenisnya. Munculnya inovasi kerajinan plastik tersebut didasari oleh kasus penimbunan limbah plastik di berbagai daerah Indonesia.

Apabila plastik-plastik tersebut tidak segera di daur ulang, maka penimbunan tidak dapat dihindari lagi. Jika menimbun terlalu lama tentunya juga tidak baik untuk kondisi lingkungan tempat tinggal. Pemanfaatan limbah plastik sendiri bisa dimulai di lingkungan rumah kalian masing-masing.

Contoh Kerajinan dari Bahan Plastik

Berikut merupakan contoh dan juga cara dalam membuat sebuah kerajinan yang berasal dari bahan plastik.

1. Kerajinan Lampu Hias

Biasanya lampu hias yang ada di rumah atau yang dijual terbuat dari bahan yang bagus dan berkualitas. Kalian bisa membuat kerajinan lampu hias di rumah dengan memanfaatkan botol plastik yang sudah tidak terpakai. Botol plastik yang akan dipakai sebaiknya memiliki ukuran yang sama atau seragam.

Kerajinan tersebut bisa dibuat oleh siapa saja dan cocok untuk edukasi kepada anak-anak agar supaya lebih memanfaatkan barang-barang yang ada di sekitar. Berikut ini adalah proses pembuatan kerajinan dari sampah plastik:

Alat dan bahan yang diperlukan:

  • Botol bekas seragam.
  • Cutter atau gunting.
  • Lem khusus plastik.
  • Sendok plastik.
  • Cat warna.
  • Kuas.

Cara/laangkah-langkah membuatnya:

  1. Pertama potong terlebih dahulu botol menjadi dua bagian dan juga bagian tutup botolnya.
  2. Kemudian potong bagian ujung sendok plastik yang cekung.
  3. Gunakan potongan ujung sendok plastik untuk mencetak potongan dari botol plastik yang sudah dipotong menjadi dua bagian tersebut.
  4. Cetak sebanyak-banyaknya sampai sekiranya cukup untuk dibuat hiasan lampu.
  5. Mulailah merangkai potongan cetakan tersebut dengan rapi dan teliti tanpa diberi lem.
  6. Jika rangkaian sudah benar dan selaras keinginan, mulailah memberikan lem sedikit demi sedikit dan rangkai satu sama lain sampai membentuk seperti lampu hias.
  7. Agar supaya tampilan lebih menarik dan berwarna gunakan kuas untuk mewarnai kerajinan dari sampah plastik tersebut menggunakan cat warna yang telah ditetapkan.

2. Kerajinan Tempat Charger HP

Pada saat kalian ingin melakukan pengisian daya ponsel, jarang tempat tersebut memiliki tempat untuk menaruh ponsel. Solusi permasalahan tersebut yaitu kalian bisa memanfaatkan sampah botol plastik untuk didesain menjadi tempat charger ponsel.

Alat dan bahan yang diperlukan:

  • Botol minuman 1 liter
  • Paku
  • Cutter atau gunting

Cara/langkah-langkah membuatnya:

  1. Langkah pertama membuat kerajinan dari sampah plastik yaitu dengan memotong terlebih dahulu botol dengan tinggi selaras ponsel dari bawah. Tingginya bisa dinaikkan sedikit agar supaya tidak terlalu mepet.
  2. Kemudian belah potongan botol bawah tesebut sampai setengah saja.
  3. Hilangkan salah satu sisinya karena nanti yang akan digunakan untuk tempat ponsel.
  4. Selanjutnya buat lubang di bagian atas botol sebagai lubang menempatkan paku.
  5. Buat lubang di bawah lubang yang sebelumnya dengan ukuran selaras kabel USB masing-masing.
  6. Tempatkan paku di sebelah tempat pengisian daya.
  7. Tempatkan botol tadi ke paku yang sudah terpasang dan tempat charger HP yang sudah jadi.
  8. Kalian juga bisa memberinya warna atau kreasi lain agar supaya tidak terlalu sederhana.

3. Kerajinan Lampion

Lampion menjadi salah satu diantara kerajinan dari sampah plastik bekas selanjutnya yang bisa kalian buat. Pembuatan lampion tersebut tidak terlalu rumit dan tentu memiliki peluang bisnis yang lumayan. Semakin banyak kreasi lampion yang kalian buat, maka produk yang dihasilkan semakin memiliki value.

Alat dan bahan yang diperlukan:

  • Botol bekas
  • Cutter atau gunting
  • Baterai
  • Kawat
  • Set lampu LED
  • Tang
  • Kardus
  • Lem

Cara/langkah-langkah membuatnya:

  1. Bersihkan terlebih dahulu botol bekas tersebut.
  2. Potong bagian bawah dan juga atas botol sampai menyisihkan bagian tubuhnya saja.
  3. Buat pola di kardus untuk bagian bawah botol dan potong serapi mungkin.
  4. Selanjutnya buat lubang di tengah-tengah kardus secara rapi untuk tempat kabel baterai.
  5. Tempelkan potongan kardus tersebut di potongan bawah botol tadi menggunakan lem.
  6. Buat potongan memanjang di sekitar botol dengan ukuran 1 cm dan beri jarak yang sama antara satu sama lain sebagai celah untuk cahaya lampu. Jangan sampai memotong bagian botolnya, sisakan jarak 3 cm dari atas maupun bawah.
  7. Setelah celah dibuat, masukkan set lampu LED ke dalamnya dan keluarkan kabelnya melalui lubang kardus yang dibuat tadi.
  8. Pada bagian atas botol plastik, berilah kawat untuk dipakai sebagai gantungan.
  9. Sekarang, cobalah apakah lampu LED berhasil menyala saat disambungkan ke baterai.

Selain contoh diatas, masih ada kerajinan dari sampah plastik menarik lainnya yang bisa kalian buat sendiri di rumah. Kalian bisa memiliki peluang untuk menciptakan kreasi kerajinan sampah plastik baru yang memiliki nilai tinggi.

Itulah pembahasan saya mengenai kerajinan dari bahan plastik. Jika kalian ingin mengetahui lebih lanjut mengenai kerajinan dari bahan plastik serta contoh dan cara membuatnya, kalian juga bisa mengetahui tentang usaha biji plastik daur ulang yang ada di link ini. Untuk kalian yang ingin mencoba membuat kerajinan-kerajinan tersebut, semoga artikel ini dapat membantu dan juga bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published.