Jenis Kemasan Keripik Singkong, Bisa Dipakai Untuk Semua Jenis Keripik

Jenis Kemasan Keripik Singkong

Jenis Kemasan Keripik Singkong – Keripik merupakan salah satu jenis jajanan enak yang cukup populer, keripik sendiri bisa dibuat dari bahan dasar singkong, pisang, tempe, dan lain-lain.

Namun yang paling terkenal sampai sekarang adalah keripik singkong, kentang, ubi jalar, pisang, tempe dan terong. Keripik ini memiliki tekstur yang kasar dengan berbagai rasa tergantung dari bahannya, hal yang membuat keripik ini begitu digemari adalah kerenyahannya.

Kemasan keripik singkong dapat dikatakan sebagai faktor penting dalam keberhasilan penjualan produk. Pengemasan atau packaging merupakan hal pertama yang dilihat konsumen.

Terkadang suatu produk memiliki kemasan atau kemasan yang menarik, namun rasa keripik singkongnya kurang enak. Ada juga yang kemasan atau packagingnya kurang rapi atau bagus bahkan rasanya enak.

Sebagai produsen keripik singkong, kita harus memperhatikan rasa dan kemasannya. Jangan sampai kita memiliki kemasan yang bagus tapi rasanya tidak enak atau sebaliknya. Jika produk Anda bagus tetapi kemasan atau kemasannya tidak menarik, bagaimana pelanggan tahu jika rasanya enak?

Lihatlah produk dari sudut pandang pelanggan, kemasan yang terlihat bagus akan membawa citra yang baik pada produk keripik singkong kita. Jangan menjual keripik singkong tanpa memperhatikan dua hal ini (rasa dan kemasan).

Cara Membuat Keripik Singkong

Bahan:

  • 1 kg singkong
  • 1 sdm garam
  • Minyak goreng
  • 1 sdm penyedap rasa
  • 1 sdm soda kue
  • 8 siung bawang putih, haluskan
  • 1 sdm cuka
  • Margarin
  • Air hangat

Cara membuat :

  1. Pertama, iris singkong menggunakan alat atau mesin keripik singkong, lalu cuci bersih dan rendam dalam air bersih beberapa saat.
  2. Setelah itu, cuci singkong yang sudah dipotong-potong sampai benar-benar bersih, beri sedikit cuka dan soda kue lalu tambahkan air hangat, aduk dan rendam selama kurang lebih 2 jam.
  3. Setelah itu, tiriskan dan cuci singkong kembali lalu tambahkan bawang putih yang sudah dihaluskan lalu tambahkan garam dan penyedap rasa, aduk rata dan diamkan sekitar 1 jam
  4. Panaskan minyak goreng, sesaat sebelum menggoreng agar rasa yang didapat lebih gurih, tambahkan margarin lalu masukkan singkong dan goreng. Jika sudah matang angkat dan dinginkan.
  5. Sajikan

Jenis Kemasan Keripik Singkong

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, pengemasan keripik singkong merupakan salah satu dari sekian banyak hal yang harus diperhatikan. Ada banyak jenis kemasan makanan keripik singkong yang bisa digunakan.

Berikut jenis kemasan yang dapat digunakan untuk mengemas keripik singkong, antara lain:

1. Zipper stand up

Kemasan plastik atau bungkus makanan zipper berbentuk bening sehingga produk keripik Anda dapat dilihat oleh mata konsumen dengan jelas.

Kelebihan dari kemasan makanan zipper adalah dapat dibuka kemudian ditutup kembali. Konsumen tidak akan direpotkan jika mereka tidak dapat menyelesaikan chip mereka dalam satu waktu.

2. Pouch Full Foil

Full foil pouch berbahan aluminium foil, kemasan makanan jenis ini cocok untuk melindungi keripik dengan kualitas ekstra karena mampu menjaga tingkat kerenyahan atau tekstur keripik. Jika kita ingin menjaga kualitas keripik singkong yang renyah, kita bisa menggunakan kemasan jenis ini.

3. Standing Up Pouch

Standing Up Pouch adalah kemasan makanan transparan sekaligus pelindung keripik. Bentuk dan warna kripik yang akan terlihat jelas atau eye catching menjadi kunci sukses atau tidaknya mereka dalam merayu calon konsumen melalui kesan pertama tersebut.

Karena kesan pertama dari konsumen sangat penting untuk menarik minat konsumen untuk membeli produk keripik singkong kami.

4. Side Gusset Pouches

Berbeda dengan jenis kemasan di atas, jenis kemasan side gusset pouch ini tidak dapat dibuka dan ditutup kembali. Kemasan atau pembungkus makanan ini memiliki bentuk yang menarik dan ramping serta dilengkapi dengan kemampuan berdiri.

Seringkali, pelaku usaha keripik singkong lebih memilih kemasan pouch yang terbuat dari bahan nilon dengan sistem penyegelan tipe press sealer.

Namun ada beberapa pelaku usaha keripik yang lebih memilih menggunakan kemasan atau packaging dengan stand up zipper pouch.

Sistem pengemasan keripik singkong tipe zipper paling sering digunakan dan dianggap cocok untuk pengemasan keripik yang dijual di pasaran.

Demikian pembahasan kita kali ini tentang Jenis Kemasan Keripik Singkong, Bisa Dipakai Untuk Semua Jenis Keripik. Semoga penjelasan diatas dapat membantu dalam mendirikan usaha keripik singkong. Semoga bermanfaat!

Leave a Comment

Your email address will not be published.