Ide Jualan Keripik Singkong, Usaha Kecil Tetapi Untung Besar

Pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang Ide Jualan Keripik Singkong, Usaha Kecil Tetapi Untung Besar. Langsung baca berikut ini,

Mencari rezeki melalui peluang usaha keripik singkong, usaha yang bisa Anda lakukan walaupun dalam skala kecil atau rumahan. Bahkan, saat ini banyak para pengusaha keripik singkong yang sukses dengan mengawali kariernya dalam usaha skala kecil terlebih dahulu.

Usaha keripik singkong bisa menjadi pilihan pengolahan buah yang semakin menguntungkan. Harga bahan baku yang murah serta harga jual keripik singkong yang mahal tentu saja menjadi keuntungan tersendiri. Alasan Anda perlu membuka peluang usaha keripik singkong ini, karena buah tidak bisa disimpan dalam jangka waktu yang lama.

Jadi, salah satu cara untuk mengolah singkong yaitu dengan dikeringkan atau dibuat keripik. Keripik singkong ini sangat cocok untuk dijadikan camilan sehat baik anak-anak maupun orang tua. Anda bisa membuat keripik singkong dari berbagai jenis singkong yang ada disekelilingmu.

Tidak harus menggunakan jenis singkong yang sulit ditemukan di daerahmu, jadi cobalah menggunakan jenis singkong yang mudah di dapatkan dengan harga belinya yang cukup murah. Dengan begitu, Anda bisa membuat usaha keripik singkong di rumah.

Apalagi, jika Anda memiliki lahan kosong, Anda bisa menanam pohon yang cocok di tanami singkong. Ini bisa saja menjadi nilai plus bagi Anda dan usaha Anda. Dalam menjalankan usaha supaya berjalan dengan baik, memang membutuhkan perjuangan dan niat yang tinggi untuk membangun usaha keripik singkong ini.

Ide Jualan Keripik Singkong, Usaha Kecil Tetapi Untung Besar

ide jualan keripik singkong

  • Kenali Karakteristik Singkong

Mengenali karakteristik singkong itu sangat diperlukan, karena ini merupakan modal awal dalam suatu usaha keripik singkong sebelum modal utamanya yaitu uang. Maksud dari mengenali karakteristiknya yaitu, mulai dari singkong yang akan Anda olah, teksur, rasa, dan aromanya sesuai dengan yang Anda harapkan.

Karena, tidak semua singkong yang akan Anda olah itu sesuai dengan yang Anda harapkan. Sehingga, Anda harus mencoba dan terus mencoba sampai akhirnya Anda bisa mengenali karakteristik dari singkong tersebut.
  • Modal

Modal merupakan salah satu faktor yang penting untuk Anda siapkan. Setidaknya, Anda bisa mengumpulkan modal sampai anda bisa gunakan untuk membeli keperluan usaha Anda kedepannya. Agar produksi keripik singkong Anda juga berjalan lancar dan memiliki kualitas yang bagus.

Modal ini nantinya, juga akan digunakan untuk membeli mesin perajang singkong, peralatan, menggaji karyawan, membeli bahan baku dan masih banyak lagi. Karena usaha ini merupakan usaha keripik singkong dengan skala mikro, maka gunakanlah modal dengan sebaik mungkin.

  • Bahan Baku Keripik Singkong

Masalah bahan baku kembali lagi dengan dimana tempat Anda akan memproduksi keripik singkong ini dan bagaimana Anda akan mendapatkan bahan bakunya.

Sebaiknya, Anda menggunakan bahan baku jenis singkong yang banyak dihasilkan di daerah Anda. Misalnya, jika Anda berada di Lampung, maka lebih baik Anda membuat keripik singkong balado. Karena, keripik singkong balado memang khas di Lampung.

Jika memang masih awal dalam berbisnis, Anda bisa menggunakan salah satu jenis singkong terlebih dahulu sampai Anda bisa menemukan pemasok bahan baku singkong yang Anda perlukan dalam jumlah banyak dan terus menerus.

Ini bertujuan untuk membuat pelanggan menjadi percaya dan tahu bahwa produksi keripik singkong sangat konsisten terhadap harga, kualitas dan rasanya. Bahan lainnya yang diperlukan yaitu minyak goreng, gunakan minyak goreng yang bagus dan jernih karena nantinya akan mempengaruhi rasa, roma dan warna keripik singkong yang dihasilkan.

  • Siap Jadi Pengusaha

Hal terakhir yang harus Anda siapkan yaitu Anda harus siap untuk menjadi seorang pengusaha keripik singkong. Karena, seorang pengusaha keripik singkong memang haruslah siap untuk menerima resiko apapun yang terjadi.

Selain harus memiliki pengetahuan yang dalam seputar usaha keripik singkong  yang akan Anda jalankan, Anda harus memiliki kekuatan mental dan fisik supaya bisa membuat keripik singkong yang enak dan bisa memasarkannya dengan baik.
Dan yang tidak kalah penting,  Anda harus membuat brand untuk usaha keripik singkong Anda. Jika Anda sudah memutuskan untuk terjun ke dunia usaha keripik singkon, maka buatlah brand sendiri supaya Anda memiliki hak ciptanya dan Anda bisa menjual produk Anda lebih mahal dibandingkan dengan produk lain.

Leave a Comment

Your email address will not be published.