Kegunaan Minyak Atsiri Bagi Kehidupan Sehari-Hari

guna minyak atsiri

Minyak atsiri atau essential oil merupakan bahan dasar pembuatan aromaterapi. Aromanya yang menenangkan membuatnya sangat populer. Selain itu, minyak esensial memiliki banyak aroma, seperti lavender, peppermint, mawar, dan pohon teh.Guna minyak atsiri ini juga sangat banyak

Selain berfungsi untuk mengharumkan ruangan dan sebagai aromaterapi, minyak atsiri memiliki manfaat lain bagi kehidupan, termasuk untuk kesehatan tubuh.

Apalagi minyak ini diekstraksi dari berbagai bagian tanaman, mulai dari akar, bunga, barang, biji, buah, dan bagian lainnya. Bagian tanaman ini biasanya memiliki banyak kandungan alami untuk kesehatan tubuh.

Kegunaan Minyak Atsiri

guna minyak atsiri

1. Bahan dasar pembuatan kosmetik

Anda dapat menggunakan minyak esensial sebagai produk perawatan tubuh, seperti lotion dan sabun. Menggunakan produk perawatan tubuh yang mengandung bahan-bahan esensial dapat membuat kulit lebih halus dan rileks.

Selain untuk tubuh, minyak atsiri juga banyak digunakan sebagai produk perawatan rambut. Biasanya dikemas dalam bentuk sampo dan minyak rambut. Minyak atsiri ini dapat mengatasi masalah rambut, seperti rambut kasar, rambut rontok, dan ketombe.

Bahan populer sebagai bahan dasar essential oil yang sering digunakan orang antara lain jeruk, mawar, tea tree, dan masih banyak lagi.

2. Bahan Produk Kecantikan

Minyak atsiri juga sering digunakan sebagai bahan dalam produk kecantikan, seperti minyak wajah dan krim wajah. Campuran minyak atsiri ini dipercaya mampu merelaksasi wajah dan membuat aliran darah lebih lancar, serta dapat memperlambat penuaan dini.

Selain itu, banyak yang percaya bahwa minyak esensial kelopak mawar dapat memudarkan bekas jerawat dan bintik hitam.

3. Mengatasi gangguan tidur atau insomnia

Memiliki gangguan tidur tentu membuat kita lebih mudah gelisah, yang juga dapat mempengaruhi kesehatan fisik dan penelitian kita. Nah, menghirup aroma minyak atsiri ternyata bisa mengatasi gangguan tersebut lho.

Dikenal karena aromanya yang menenangkan, minyak esensial telah terbukti meningkatkan kualitas tidur dan mengobati insomnia. Padahal, minyak atsiri seringkali menjadi alternatif yang baik untuk konsumsi obat-obatan kimia berbahaya.

4. Minyak pijat dan terapi

Selain bisa mengatasi kualitas tidur, minyak astiri juga bisa digunakan sebagai minyak pijat dan terapi lho. Misalnya minyak atsiri dari kelapa yang banyak digunakan sebagai minyak pijat untuk mengobati pegal-pegal di tubuh, terutama setelah bekerja.Bahkan tidak jarang minyak atsiri menjadi pengobatan tradisional, terutama bagi mereka yang mengalami luka.

5. Obat masuk angin

Manfaat minyak atsiri selanjutnya adalah sebagai obat flu. Salah satu minyak atsiri yang sering digunakan biasanya terbuat dari kayu putih.

Semua gejala pilek, mulai dari demam, flu, sakit kepala, hingga mual, bisa diatasi dengan mengoleskan minyak kayu putih ke area tubuh yang tidak nyaman.Selain mengurangi gejala tersebut, minyak ini juga dapat memberikan rasa hangat yang nyaman bagi tubuh.

6. Mengatasi stres dan depresi

Minyak atsiri juga dipercaya sebagai terapi untuk mengurangi stres dan depresi, lho. Apalagi aroma yang dihasilkan dari minyak ini seringkali bisa membuat tubuh lebih rileks dan menjernihkan pikiran.

Umumnya minyak atsiri dapat merangsang bagian otak dalam mengendalikan alam bawah sadar, detak jantung, hingga mengatur pernapasan.

Hal inilah yang membuat minyak atsiri sering digunakan untuk terapi mental. Anda bisa menggunakan minyak esensial saat melakukan yoga dengan menghirup aromanya.

7. Mengurangi inflamasi

Minyak atsiri mengandung antibiotik dan antioksidan, yang dapat mengurangi peradangan. Biasanya, peradangan terjadi karena peradangan akibat infeksi virus, bakteri, atau jamur.Tak heran jika minyak ini dapat mengurangi peradangan yang terjadi, dan mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas.Itulah beberapa guna minyak atsiri.

Leave a Comment

Your email address will not be published.