Fakta Unik Olahan Singkong, Enak Banget!

Fakta Unik Olahan Singkong

apakah kalian tahu fakta unik olahan singkong? makanan yang disukai oleh semua kalangan ini merupakan makanan yang lezat, apa saja? yuk simak!

Pengertian

Ubi kayu yang memiliki nama lain diantaranya adalah ubi prancis, ubi sampa, ubi kayu, singkong, hingga kaspe (Manihot esculenta) merupakan perdu tropis dan subtropis tahunan dengan memiliki asal yaitu dari suku Euphorbiaceae. Umbinya populer disebabkan karena sering menjadi bahan untuk makanan pokok dengan menghasilkan karbohidrat serta daunnya untuk dijadikan sebagai sayuran.

Fakta Unik Olahan Singkong

Singkong merupakan salah satu kekayaan alam yang berasal dari Indonesia yang telah sejak zaman dahulu dimakan serta populer dikalangan banyak orang. Kandungan gizi yang tinggi dan karbohidrat yang terdapat di dalam kandungan singkong, membuatnya menjadi pengganti nasi. Singkong banyak memiliki kandungan serat akan tetapi rendah terhadap kolesterol, kalori, serta kadar gula. Jadi, sangat sehat apabila dimakan dalam keseharian.

Singkong paling lezat adalah dibuat dengan cara dilakukan pengolahan dengan menggunakan metode direbus. Selain memiliki tekstur yang empuk dan mempunyai rasa yang tidak dapat membuat bosan, singkong juga banyak memiliki kandungan gizi yang banyak diperlukan oleh tubuh. Bahkan, olahan dengan menggunakan bahan dasar singkong rebus kini telah bertransformasi dan dijadikan sebagai olahan yang kekinian. Tidak cuma direbus biasa, akan tetapi dapat dijadikan sebagai kudapan tradisional dengan kreasi yang kekinian sampai dijadikan sebagai dessert yang siap untuk menjadi primadona dalam menu meja hidangan.

1. Singkong Rebus/Goreng Sebagai Pengganti Nasi

Sejak zaman dahulu singkong rebus maupun goreng telah dijadikan sebagai andalan untuk menjadi makanan agar dapat menangkal rasa lapar. Kandungan karbohidrat yang terdapat dalam singkong rebus dapat menjadi penjaga nafsu makan serta menjadikan kalian dapat dengan mudah merasa kenyang. Faktanya, singkong sering sekali digunakan menjadi pengganti nasi untuk dijadikan sebagai makanan pokok.

Tak cuma itu saja, kandungan gizi teramat tinggi yang berada dalam singkong rebus membuat makanan tradisional yang satu ini cocok untuk dijadikan sebagai menu sehat pada saat menjalankan program diet.

2. Singkong Rebus Sudah Terkenal Sejak Lama

Singkong rebus merupakan olahan yang paling dapat dibuat menjadi kreasi olahan camilan yang dapat membuat kenyang dan memiliki rasa yang sangat enak. Olahan Yang satu ini juga sangat dapat dijadikan sebagai kudapan tradisonal yang memiliki rasa enak, sehat, serta menjadi penggugah selera serta membuat ketagihan. Bahkan, pada saat ini kreasi kudapan yang berasal dari makanan tradisional juga dikemas dengan sangat menarik sampai menjadi terlihat memiliki tampilan yang sangat cantik dan juga unik.

Misalnya saja kudapan sawut. Dulu sawut dikemas dengan memiliki penampilan suwir-suwir dan juga punya tekstur sedikit lengket dengan mempunyai warna cokelat disebabkan karena campuran gula aren. Kemudian, ditambah dengan menggunakan topping berupa kelapa parut di bagian atasnya. Akan tetapi, sekarang tampilan kudapan tradisional yang satu ini dikemas dengan tampilan yang cantik. Tetap diolah dengan memiliki penampilan suwir-suwir dan juga mempunyai tekstur agak lengket serta tambahan topping kelapa parut yang berada di bagian atasnya.

Sekarang sawut mempunyai variasi dengan warna yang beraneka ragam serta tambahan pewarna alami misalnya saja warna hijau, ungu, kuning, pink serta warna-warna cantik lainnya. Kreasi yang satu ini sudah pasti dengan tidak mengurangi rasa enak yang terdapat dalam kudapan sawut itu sendiri

3. Singkong Rebus Merupakan Bahan Utama Tape

Singkong rebus juga digunakan menjadi bahan utama dalam pembuatan tape. Memiliki rasa yang enak dan juga sangat segar, lho. Serta mempunyai kemasan yang unik. Paling enak apabila disimpan kemudian dihidangkan dalam bungkusan daun pisang yang diberi wadah berupa besek yakni wadah dengan memiliki bentuk persegi, dan berasal dari bambu yang sebelumnya telah dihaluskan.

Bahkan, kudapan dengan memiliki nama tape ini telah sejak zaman dahulu dijadikan sebagai kudapan khas asal Kota Bondowoso. Beberapa warga yang berasal asli dari sana membuat kudapan tape untuk menjadi usaha mata pencahariannya. Apabila kalian melakukan kunjungan ke Kota Bondowoso jangan lupa untuk membeli oleh-oleh kuliner satu ini. Dijamin memiliki rasa yang legit dan juga sangat khas.

4. Singkong Dibuat Menjadi Kolak

Singkong rebus memang merupakan makanan yang sangat disukai oleh banyak orang. Selain direbus biasa dan dijadikan sebagai kudapan lezat, singkong rebus juga sangat direkomendaikan untuk diolah dan dijadikan sebagai minuman manis dan segar misalnya saja kolak manis andalan pada saat kalian menginginkan sesuatu yang manis-manis. Faktanya, minuman satu ini sangat disukai dan sukses dijadikan sebagai primadona di meja untuk menjadi hidangan pada saat waktu berbuka puasa. Kolak singkong sangat gampang dan juga cepat pada saat tahap dalam pembuatannya.

5. Singkong Rebus Dijadikan Sebagai Dessert

Singkong merupakan makanan yang terkenal sepanjang waktu. Apabila pada zaman dahulu enak jika dimakan hanya dengan di rebus saja, sekarang dapat dijadikan beraneka macam makanan kekinian, salah satunya brownies dan juga dessert

Leave a Comment

Your email address will not be published.