Fakta Menarik Minyak VCO

Fakta Menarik Minyak VCO

Ternyata minyak vco memiliki fakta menarik, lantas apa saajakah Fakta Menarik Minyak VCO? kita simak ulasannya berikut ini!

Minyak VCO 

VCO Oil merupakan minyak kelapa yang didapatkan dengan melakukan ekstraksi atau pengempaan dalam suhu tidak lebih dari 60 °Celsius, sehingga minyak yang peroleh dengan memiliki warna bening seperti air serta kandungan nutrisi, aroma, dan juga rasa kelapa tetap terjaga dengan sangat baik.

Minyak kelapa virgin memunyai nilai ekonomi yang lebih tinggi dibandingkan dengan minyak kelapa dari jenis yang lainnya. Umumnya dipakai untuk menjadi bahan baku kosmetik serta dapat dikonsumsi secara langsung sebagai asupan gizi dengan memiliki kalori tinggi. Pada bulan April 2021, peneliti yang berasal dari Universitas Gadjah Mada (UGM) melaksanaan penelitian dengan tujuan menjajaki potensi minyak kelapa virgin untuk menjadi terapi pelengkap bagi yang sedang menderita COVID-19.

Untuk kebutuhan komersial, Badan Standardisasi Nasional (BSN), sudah menentukan standar mutu untuk minyak kelapa virgin, sebagaimana yang telah dituliskan dalam SNI 7381-2008.

Fakta Menarik Minyak VCO

VCO ini adalah Minyak dari daging kelapa yang semakin terkenal pada saat beberapa tahun belakangan. Minyak kelapa ini tidak sama dengan minyak kelapa pada umumnya, hal ini disebabkan karena VCO melewati proses yang lebih sedikit dan juga lebih singkat. Banyak orang yang memakai VCO untuk bahan memasak seperti menggoreng, sebagai campuran dalam pembuatan manisan, sampo, kopi, dan juga smoothie.

Karakteristik yang terdapat dalam minyak kelapa satu ini yakni berada pada rasanya yang cenderung manis dikarenakan lebih kuat kandungan yang ada pada kelapanya. Pada Juli pada tahun 2016, hasil survei yang dilakukan di Amerika Serikat menampilkan apabila 72% orang percaya minyak kelapa itu sehat, tetapi cuma 37% ahli gizi yang menyetujui hal tersebut.

Minyak kelapa memiliki kandungan lebih dari 80% lemak jenuh. Beberapa ahli sudah menyatukan antara lemak jenuh dengan penyakit kardiovaskular serta penyakit yang lainnya. Pedoman Diet bagi Orang Amerika 2015-2020 menyarankan dalam membatasi pengonsumsian lemak jenuh sampai kurang dari 10% kalori dalam sehari.

Dalam 1 sdm VCO terdapat kandungan beberapa zat gizi, contohnya seperti :
121 Kkal Energi
Protein sebanyak 0 gr
Lemak sejumlah 13,5 gr
Lemak jenuh banyaknya 11,2 gr
Karbohidrat 0 gr alias tidak ada sama sekli
Serat sebanyak 0 gr, dan juga
Gula sejumlah 0 gr

VCO mempunyai jenis lemak bersama dengan rantai asamnya yang biasa disebut juga dengan MCT (Medium-chain triglycerides), Beberapa peneliti mengungkapkan pendapat jika MCT yang terdapat dalam kandungan minyak kelapa ini bisa membantu dalam meningktkan kadar kolesterol baik. Pada saat masuk kedalam tubuh, MCT langsung dicerna dalam organ hati kemudian diubah menjadi keton. Selain itu, MCT lebih susah untuk diubah menjadi lemak simpanan dalam tubuh serta sangat mudah dibakar pada saat melakukan aktivitas fisik.

Langsung saja kita simak, apa saja sih manfaat yang terdapat dalam VCO untuk kesehatan tubuh

Manfaat Minyak VCO Untuk Kesehatan

1. Meningkatkan HDL

Pada beberapa penelitian yang melakukan perbandingan konsumsi VCO, minyak Zaitun, dan juga mentega serta pengaruhnya yang ada dalam darah, menampilkan hasil jika lemak jenuh yang tedapat dalam kandungan VCO ini mempunyai manfaat yang hampir sama dengan minyak zaitun yakni menaikkan kadar HDL yang bagus bagi kesehatan jantung.

2. Mengontrol Gula Darah

Kandungan MCT yang terdapat pada VCO ini bisa menaikkan maupun menjaga sensitivitas insulin, akan tetapi masih dibutuhkan dalam penelitian lebih lanjut dalam menguatkan  pernyataan ini.

3. Mengurangi Rasa Lapar

MCT yang terdapat dalam kandungan VCO ternyata juga dapat membuat kalian menjadi merasa kenyang , sehingga bisa memberikan efek dalam menurunkan nafsu makan hal ini yang bisa memberikan pengaruh pada menurunkan berat badan.

4. Menjaga Kesehatan Rambut dan Kulit

Pasti kalian sudah tau, apabila salah satu fungsi minyak kelapa selain menjadi bahan untuk memasak bisa juga  dijadikan untuk menjadi bahan dalam perawatan tubuh, dalam merawat kelembaban yang ada pada kulit contohnya. Beberapa penelitian juga mengungkapkan jika minyak kelapa bisa untuk menangkal 20% sinar UV yang bisa membuat rusak rambut.

5. Memiliki Sifat Antimikrobiologi

Asam laurat yang terdapat dalam kandungan minyak kelapa apabila masuk kedalam tubuh, dapat membentuk monolaurin, zat inilah yang nantinya akan melakukan pembunuhan terhadap patogen seperti virus, bakteri, dan juga jamur.

Leave a Comment

Your email address will not be published.