Contoh Landing Page Yang Patut Dijadikan Inspirasi

contoh landing page

Contoh landing page dari berbagai platform yang cukup menarik sehingga bisa dijadikan inspirasi desain landing page seperti yang anda inginkan untuk bisnis online anda. Tidak hanya sekedar screenshoot sedikit disertai dengan deskripsi singkat, namun kami akan mengulasnya lebih dalam.

Bisnis anda belum mempunyai landing  page? padahal, landing page bisa membantu Anda menghasilkan lebih banyak rupiah dari website toko online anda. Tetapi jangan khawatir anda dapat membuat landing sesuai yang anda inginkan dengan menggunakan jasa pembuatan landing page.

 

Contoh Landing Page

Apaila anda sudah memahami segala hal tentang landing page, tetapi masih bingung dengan desain dan apa saja yang harus ada di dalam landing page yang akan anda buat. Maka kami berikan contoh – contoh landing page yang menarik dan inspiraitf.

A. Airbnb

Airbnb merupakan platform yang berfokus pada persewaan properti. Startup ini bekerja semacam broker antara pemilik properti dengan siapa saja yang tertarik menggunakan properti tersebut.

Baru-baru ini Airbnb tak hanya properti, namun pengalaman berwisata seperti tur kuliner, kelas memasak, onser, touring, dan lainnya semuanya bisa di atur oleh Airbnb.

Tips membuat landing page ala Airbnb:

  1. Menampilkan foto interkasi antar manusia ketika anda mengajak user untuk bergabung ke program anda.
  2. Objek yang diletakkan di sebelah kiri akan jadi fokus user. Maka, tentukan dari bisnis anda poin – poin apa yang anda ingin tonjolkan.
  3. Buat formulir dengan kolom isian yang singkat dan jelas. Format formulir seperti ini meningkatkan keinginan user untuk mengisinya.

B. Neil Patel

Dalam websitenya, Neil Patel menyajikan berbagai tool untuk belajar digital marketing. Utamanya, segala tool yang dipakai untuk mengoptimasi performa website bisnis.

Landing page Neil Patel merupakan tipe lead generation landing page. Ia mengajak pengunjungnya untuk mengisi kolom email yang disediakan. Nantinya, lewat alamat email inilah pengunjung mendapatkan berbagai insight dan tips yang dikirim langsung ke inbox.

Tips membuat landing page ala Neil Patel:

  1. Buat landing page dengan ilustrasi yang simpel, unik, sekaligus meningkatkan rasa ingin berpartisipasi dari pengunjung.
  2. Ilustrasi lucky wheel atau game sejenisnya bisa meningkatkan rasa buru-buru pengunjung untuk mengikuti tawaran yang disodorkan.
  3. Buat headline yang singkat, padat, tapi menjanjikan.
  4. Sertakan keterangan tambahan di bagian bawah. Hal ini untuk menghindari Anda dari tuduhan “penipuan” karena embel-embel win the prize.
  5. Lampirkan pula URL menuju halaman privacy policy dan term of service. Keduanya penting apalagi jika audiens bisnis Anda merupakan segmen internasional.

C. Uniqlo

Uniqlo merupakan clothing brand internasional yang cukup digemari kalangan muda. Ia terkenal dengan model pakain yang simpel, versatile, bersih, sekaligus cocok untuk perempuan dan laki-laki.

Untuk landing page-nya sendiri, Uniqlo konsisten mengusung nuansa yang simpel. Dengan latar putih, Uniqlo menempatkan logonya di paling atas. Kemudian, terdapat kalimat ajakan untuk mengisi kolom email.

Seperti biasanya, dari situlah Uniqlo mendapatkan data untuk mengirimi Anda berita dan promosi terbaru dari produk-produknya. Tak lupa, Uniqlo juga memberikan opsi promo dan produk apa yang diinginkan.

Tips membuat landing page ala Uniqlo:

  1. Sesuaikan tampilan landing page dengan branding usaha Anda.
  2. Tampilkan logo jika desain landing page sudah sangat sederhana. Setidaknya, logo akan membuat tampilan lebih mudah diingat.
  3. Berikan opsi promosi untuk calon pelanggan. Dengan begitu, calon pelanggan hanya akan mendapatkan info yang paling relevan dan diinginkan.
  4. Opsi “laki-laki” dan “perempuan” yang dipakai Uniqlo juga bisa diadaptasi

D. Mailchimp

Mailchimp merupakan platform digital marketing. Melalui Mailchimp, Anda bisa membuat berbagai elemen marketing online. Misalnya, visual konten media sosial, landing page, email, postcard, dan sebagainya.

Namun, Mailchimp tak sekedar platform untuk membuat konten digital marketing. Di dalamnya, Anda bisa melihat apakah konten yang dibuat direspons dengan baik dengan analytics. Dengan begitu, Anda bisa menjalankan strategi marketing secara efektif dan optimal.

Landing page Mailchimp terdiri dari latar warna kuning yang khas, headline dengan font besar, sedikit sub-headline, serta visual yang apik dan mudah diingat. Estetis sekali, bukan?

Tips membuat landing page ala Mailchimp:

  1. Gunakan kombinasi warna yang masih sesuai dengan nuansa logo. Hal ini bisa menampilkan kesan simpel dan khas tanpa harus menambahkan logo.
  2. Headline dengan font ukuran besar bisa mencuri perhatian pengguna dengan cepat. Apalagi jika headline yang dimaksud dalam bentuk kalimat tanya.
  3. Beri kalimat keterangan tambahan di sub-headline. Ini diperlukan agar calon pelanggan teryakinkan atau tahu benar apa yang bisnis Anda tawarkan.
  4. Visual yang unik membantu pengunjung untuk tak lekas beranjak dari landing page.

E. Hubspot

Di dunia digital marketing, Hubspot merupakan perusahaan yang tak bisa dianggap remeh. Ia terkenal sebagai developer dan marketer yang memproduksi berbagai software terkait inbound marketing dan sales.

Namun, di samping menjual produk-produknya, Hubspot juga terkenal dengan berbagai konten dan insight yang bisa diakses gratis. Perusahaan ini menyediakan berbagai artikel, analisis, dan tips yang bisa diterapkan dalam bisnis.

Poin inilah yang mengundang banyak potential user untuk mengakses Hubspot. Tak menyia-nyiakan kesempatan ini, jadilah sebuah landing page untuk coba gratis Hubspot.

Tips membuat landing page ala Hubspot:

  1. Taruh semua elemen penting di sebelah kiri layar.
  2. Tulis headline yang singkat, padat, dan membuat user penasaran.
  3. Jelaskan fitur dan kelebihan bisnis Anda dengan bahasa yang gamblang dan sederhana.
  4. Ilustrasi dalam bentuk kartun bisa menambah elemen fun dalam landing page Anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *