Cara Setting Marketplace Facebook

cara setting marketplace facebook

Berjualan di aplikasi Facebook kini semakin mudah karena adanya fitur Marketplace. Kita bisa menjual produk dan barang dengan sekali menawarkan produk namun bisa mendatangkan pembeli yang banyak sekaligus. Untuk mendapatkan pembeli yang banyak, ada beberapa yang harus kamu setting di marketplace facebook. Salah satunya dengan cara setting lokasi marketplace facebook.

Apabila kamu ingin berjualan di wilayah yang dekat dengan tempat tinggal, kamu bisa mengatur lokasi atau radius sesuai dengan tempat kamu tinggal. Contohnya hanya bisa melayani sistem COD (Cash On Delivery) dengan jarak 10 KM saja. Jika sudah seperti itu kamu bisa langsung mengatur radiusnya.

Kenapa Setting Marketplace Facebook?

cara setting marketplace facebook

Merubah lokasi Facebook juga sangat penting bila kita tidak menjual barang namun ingin membeli dari menu Marketplace yang ada di aplikasi Facebook. Jangan sampai kita menemukan produk atau barang yang ingin kita beli namun berada di wilayah yang sangat jauh.

Biasanya jika penjual mengatur lokasi di Facebook dengan radius yang luas, mereka sudah siap dengan proses pengiriman barang dan tidak menjual dengan sistem COD. Yang pasti jika jangkauannya lebih luas maka produk akan dilihat banyak orang dan kemungkinan akan dibeli cukup besar.

Tanpa di atur atau di aktifkan terlebih dahulu, sebenarnya pihak Facebook sudah mengatur lokasi pada akun kita dengan jangkauan radius yang luas antara 25 KM – 50 KM. Jangkauan sebanyak itu sudah cukup luas untuk berjualan di satu kota atau kabupaten saja.

Namun jika ingin menargetkan penjualan produk yang lebih banyak lewat menu Marketplace  Facebook, mengatur lokasi Marketplace Facebook dengan radius yang luas adalah pilihan yang tepat. 

Berikut ini cara mengatur lokasi di marketplace facebook.

Langkah Pertama Untuk Setting Lokasi Marketplace Facebook

cara setting marketplace facebook

Kamu buka terlebih dahulu menu Marketplace nya kemudian klik pada lokasi sekarang

Langkah ke-2

cara setting marketplace facebook

Untuk mengatur radius supaya lebih luas atau lebih sempit, kamu atur pada Radius Khusus. Sebagai contoh saya akan memperluas jangkauan radius yang awalnya hanya 25 KM saja. Jika luas maka nantinya kita bisa melihat produk yang di posting dalam radius tersebut sedangkan jika kita menawarkan produk maka produk kita akan dilihat banyak orang. Setelah itu pilih Terapkan

Langkah ke-3

Perubahan yang akan langsung terlihat yaitu produk yang ada di Pilihan Hari Ini akan semakin bertambah dan beragam. Karena produk yang di tawarkan oleh seseorang dari wilayah Yogyakarta, Magelang, Salatiga, dan Kendal akan muncul semuanya

 

Setelah kamu mengatur lokasi Marketplace Facebook dengan radius yang luas maka ada beberapa konsekuensi yang harus kamu terima. Sebagai contoh jika kamu seorang pembeli yang sedang mencari barang maka kamu harus siap untuk COD di lokasi yang jauh.

Jika tidak mau karena kejauhan, kamu bisa memilih menggunakan jasa pengiriman asal kamu percaya dengan penjual dan jika penjualnya juga mau. Sedangkan jika kamu sebagai penjual yang memiliki banyak produk kamu harus mau dan siap menerima pembelian barang dengan cara pengiriman.

Karena jelas rata-rata pembeli malas untuk COD di tempat yang jauh. Maka, saat kamu mengatur lokasi Marketplace Facebook atur lah saat kebutuhan kamu memang harus mengatur ke radius yang luas. Jangan sampai karena mengatur lokasi Marketplace Facebook tidak tepat malah membebani kamu saat membeli atau menjual produk yang kamu miliki.

Nah, di atas tadi sudah saya jelaskan mengenai cara setting lokasi di marketplace facebook. Untuk mengoptimalkan bisnis kamu di marketplace fcebook ada cara lainnya juga loh. Nantikan artikel-artikel yang lainnya dari kami, ya!

Leave a Comment

Your email address will not be published.