Cara Merebus Cengkeh Untuk Obat

cara merebus cengkeh untuk obat

Cara merebus cengkeh untuk obat. Cengkih/cengkeh merupakan tanaman asli dari Indonesia, tumbuhan ini adalah flora ikonik dari Provinsi Maluku Utura. Dahulu cengkeh hanya tumbuh di 5 pulau kecil di Kepulauan Maluku, yakni Pulau Bacan, Makian, Moti, Ternate, dan Tidosre. Lalu tanaman ini menyebar ke beberapa wilayah lainnya di Indonesia. Di kelurahan Tongole, kecamatan Ternate tengah atau sekitar 6 km dari pusat kota Ternate terdapat pohon cengkeh tertua yang masih hidup dan tumbuh di pinggiran kota.

Pohon cengkeh tersebut diberi nama Cengkih Afo, saat ini berusia sekitar 416 tahun, dengin tinggi pohon mencapai 36,60 meter, memiliki diameter 198 meter, dan keliling batang lebih dari 4,26 meter serta setiap tahunnya menghasilkan kurang lebih 400 kg bunga cengkeh .

Pohon cengkeh atau biasa disebut dengan tumbuhan hijau abadi ini biasanya tumbuh rata-rata setinggi 8 – 12 meter. Dengan daun besar dan bunga berwarna merah yang tumbuh dalam kelompok terminal. Pada awalnya kuncup bunga akan memiliki rona menjadi yang menyala dan bertahap akan berubah hijau.

Kemudian beralih ke merah cerah saat siap dipanen. Biasanya kuncup bunga cengkeh dipanen dengan panjang 5,91 – 0,79 inci. Terdiri dari kelompok bunga panjang memiliki 4 sepal yang menyebar dan 4 kelopak yang belum terbuka yang membentuk bola tengah.

Di negara-negara Eropa, Asia, Afrika dan Timur Tengah, cengkeh biasanya digunakan sebagai bumbu dalam hidangan karena cengkeh dapat memberikan kualitas aromatik dan rasa pada minuman. Cengkih dapat digunakan sebagai bumbu, baik dalam bentuk yang utuh atau sebagai bumbu dalam bentuk bubuk. Sedangkan di Indonesia, cengkeh tidak hanya digunakan sebagi bumbu namun cengkeh digunakan sebagai bahan rokok kretek.

 

Cara Merebus Cengkeh Untuk Obat

bahan:

  • 2 gelas air putih
  • 4-5 butir cengkeh
  • 1/2 inci kayu manis (batang)
  • 1/2 inci atau 1/2 ruas jahe
  • 1 buah jeruk lemon
  • 1 sendok teh madu

Cara membuat:

  1. Tuang 2 gelas air ke dalam panci lalu didihkan.
  2. Angkat air dari kompor, lalu tambahkan 4-5 siung cengkeh, jahe parut, dan batang kayu manis yang kasar ke dalam panci.
  3. Biarkan bahan tadi terendam selama 15-20 menit.
  4. Saring air ke dalam cangkir lalu tambahkan madu dan perasan lemon ke dalamnya.
  5. Nikmati teh selagi hangat.

 

Manfaat Rebusan Air Cengkeh

1. Mencegah Kanker

Melansir dari Kompas.com, cengkeh mengandung eugenol yang mampu menangkal radikal bebas yang memicu tumbuhnya sel kanker dalam tubuh.  Selain itu cengkeh mengandung vitamin C yang bermanfaat mentralisir radikal bebas.

2. Asam Urat

Mengutip dari buku Atasi Asam Urat & Rematik ala Hembing, cengkeh mengandung tanin dan kaya akan eugenol.  Senyawa aktif tersebut bermanfaat untuk menurunkan kadar asam urat dalam tubuh.  Untuk merasakan manfaat dari obat herbal cengkah untuk asam urat cukup mudah. Anda cukup merebus 1-5 gram cengkeh sampai mendidih. Setelah hangat, Anda minum air rebusan cengkeh.

3. Batuk

Cengkeh dipercaya bisa mengobati batuk. Hal ini disebabkan cengkeh bersifat antibakteri dan anti batuk.  Mengutip dari buku berjudul Tanaman Potensial Berkhasiat Obat Cengkeh Temulawak Jahe Kunyit Kencur Serai, karya Suharman, cengkeh bisa mengeluarkan dahak dari tenggorokan.  Untuk merasakan manfaatnya cukup mudah, Anda cukup kunyah cengkeh dengan garam.

4. Jaga kesehatan mulut

sebagian orang terbiasa memasukkan cengkih bubuk ke campuran rempah atau cengkih utuh dalam resep untuk menambah cita rasa masakan. Peneliti pun mengklaim cengkih berkhasiat untuk menjaga kesehatan mulut, seperti mengurangi penyebab plak, gusi, dan bakteri di mulut.

Hasil penelitian yang diterbitkan di Journal of Indian Society of Periodontology menunjukkan bahwa obat kumur yang mengandung cengkih, kemangi, dan minyak pohon teh efektif melawan plak dan gusi, serta mengurangi peradangan mulut dan perkembangan bakteri. Selain itu, obat kumur yang mengandung cengkih bisa menurunkan jumlah bakteri lebih banyak daripada obat kumur komersial.

baca disini :Apa Saja Kandungan Minyak Cengkeh ?

Leave a Comment

Your email address will not be published.