Cara Mengolah Sabut Kelapa Untuk Media Tanam Anggrek

cara membuat media tanam anggrek dari sabut kelapa

Cara Mengolah Sabut Kelapa Untuk Media Tanam Anggrek – Mungkin di antara kita masih kebingungan menjadikan sabut kelapa menjadi media tanam bagi bunga anggrek atau dengan nama latin Orchidaceae ini.

Dengan menggunakan teknik secara benar dan adanya perawatan berkala atau teratur dapat menghasilkan tanaman anggrek yang mempunyai nilai ekonimi tinggi serta dapat menjadi salah satu sumber pundi-pundi uang bagi pembudidayanya.

Cara mengolah sabut kelapa untuk media tanam anggrek cukup lah praktis dan mudah. Karena tak perlu menggunakan banyak perlengkapan.

cara mengolah sabut kelapa untuk media tanam anggrek

Tak perlu panjang kali lebar, berikut penjelasan langkah-langkah cara mengolah sabut kelapa untuk media tanam anggrek!

1. Menyiapkan serta Memilih Sabut Kelapa yang Sesuai

Untuk mendapatkan media tanam yang baik serta cocok digunakan pada tanaman anggrek, sebaiknya siapkan dan pilihlah sabut kelapa yang sudah berwarna coklat (tua) terlebih dahulu. Setelah mendapatkan bahannya, langkah selanjutnya yaitu merendam sabut kelapa ke dalam larutan fungisida terlebih dahulu sebelum menempatkan tanaman anggrek pada media tanam (sabut kelapa). Perendaman dengan menggunakan larutan fungisida bertujuan agar media tanam tidak mudah terkena jamur.

Apabila terdapat sabut kelapa dengan ukuran yang terlalu besar, ada baiknya dipotong dan disesuaikan dengan kebutuhan tanaman anggrek yang hendak ditanami. Setelah dipotong sesuai dengan keperluan, perlu juga melakukan pembersihan kulit sabut kelapa yang bertujuan untuk membersihkan kandungan zat yang dapat menghambat proses pembungaan serta pertumbuhan Bunga Anggrek. Zat yang dimaksud tersebut adalah zat tanin dan terdapat pada bagian sabut kelapa.

2. Perendaman Sabut Kelapa

Cara mengolah sabut kelapa untuk media tanam anggrek salanjutnya yang tak kalah mudahyaitu melakukan perendaman. Perendaman di sini dilakukan dalam dua tahapan, tahapan pertama yakni cukup menggunakan air bersih sedangkan tahap kedua yaitu menggunakan larutan khusus berupa cairan fungisida.

Pada perendaman tahapan pertama, diperlukan waktu kurang lebih selama 6 jam. Sebelum dilakukan perendaman harus membersihkan sabut kelapa terlebih dahulu. Setelah perendaman menggunakan air bersih selama 6 jam, langkah berikutnya yaitu mengangkat sabut kelapa lalu dipukul-pukul menggunakan kayu, palu, atau benda padat lainnya. Cara ini bertujuan agar serat sabut kelapa dapat terbuka.

Setelah perendaman tahap pertama selesai, langsung masuk pada perendaman tahap kedua dengan menggunakan larutan fungisida. Penggunaan larutan tersebut berguna untuk membersihkan kandungan zat (terdapat pada bagian sabut kelapa) yang dapat menghambat proses pembungaan serta pertumbuhan dari bunga Anggrek. Setelah dirasa sudah steril, langkah berikutnya yaitu mengeringkan sabut kelapa.

3. Pengeringan Sabut Kelapa

Proses yang cukup mudah berikutnya adalah mengeringkan sabut kelapa yang tadi sudah direndam. Sebab sabut yang akan menjadi media tanam bunga Anggrek tidak dapat begitu saja langsung disatukan dengan tanaman.  Untuk proses pengeringan tidak memerlukan waktu lama, jika dirasa sabut sudah terlihat lumayan kering dan masih cukup lembab maka bisa diambil.

4. Penanaman Anggrek

Setelah media tanam sudah jadi dan siap digunakan, lilitkan bibit bunga anggrek yang sudah Anda siapkan pada sabut kelapa. Umumnya, bibit Bunga Anggrek dengan menggunakan media tanam sabut kelapa biasanya dimasukkan ke dalam pot, baik pot biasa maupun pot gantung, tetapi lebih baik pot gantung.  Hal lain yang sekiranya perlu diperhatikan juga ialah tempat meletakkan pot pada area yang tidak langsung terpapar oleh cahaya matahari.

5. Perawatan Anggrek

Cara mengolah sabut kelapa untuk media tanam anggrek dengan mudah selanjutnya yakni melakukan perawatan, untuk perawatan tanaman anggrek menggunakan media tanam sabut kelapa tidak lah sulit yaitu hanya melakukan penyiraman bunga setiap pagi dan sore hari menggunakan embrat atau sejenisnya.

Tak hanya itu saja, Anda perlu juga memperhatikan sabut kelapa yang terlalu basah dan sudah terlalu lapuk, ini bertujuan untuk menjaga pertumbuhan Bungga Anggrek supaya berjalan dengan baik dan tumbuh sempurna.

Bila diperlukan sabut kelapa pengganti, cara penyiapannya tidak berbeda dengan yang sudah dijelaskan diawal yaitu dengan menyiapkan sabut kelapa, lalu dibersihkan, dan kemudian direndam.

Jika dirasa perlu agar menambah kesuburan tanaman, lakukan pemupukan dan perawatan secara rutin. Agarbunga anggrek Anda tidak mudah lapuk sebaiknya hindari tanaman sering terkena air, khususnya pada saat musim hujan.

Nah ituah tahapan dari mengolah sabut kelapa untuk media sampai cara perawatan tanaman anggrek. Oalahan lain dari sabut kelapa yaitu cocomesh yang bisa Anda beli di Rumah Sabut karena kualitas barangnya bagus dan haranya juga murah. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published.