Cara Menghitung Bahan Bangunan Per Meter Persegi

Saat berkeinginan membangun sebuah rumah, orang-orang memiliki 2 pilihan untuk pilih siapa yang dapat mengerjakan proyek bangunan rumahnya, dapat gunakan jasa kontraktor bangunan atau mandor tukang bangunan.

Kontraktor sendiri merupakan orang atau suatu badan hukum maupun badan usaha yang dikontrak untuk menjalankan proyek pekerjaan berdasarkan isi kontrak yang udah disepakati oleh kontraktor dan pemilik proyek.

Jasa kontraktor biasanya kerap digunakan untuk proyek besar, seperti pembangunan real estate, gedung perkantoran, mall atau pusat perbelanjaan. Tapi, untuk pembangunan atau renovasi sebuah rumah, gunakan jasa kontraktor pun termasuk bisa.

Sementara itu, mandor tukang bangunan atau biasa disebut pemborong adalah lebih dari satu pekerja yang udah mempunyai pengalaman di bidang konstruksi bangunan rumah. Tidak seperti jasa kontraktor, mandor tukang bangunan atau pemborong tidak memiliki izin usaha resmi dan tidak berbadan hukum.

Jasa bangunan biasanya dikelola secara individu dan seringkali tidak tersedia kesepakatan hitam di atas putih, perjanjian yang dibuat lebih ke dalam kesepakatan secara lisan. Dari 2 pilihan tersebut, kemungkinan anda bertanya, manakah yang lebih baik? Sewa jasa kontraktor bangunan atau mandor bangunan?

Mengenai masalah ini, Munif Bayu Imam Syuhada, Project Manager sebuah perusahaan konstruksi di Jakarta, memberi tambahan penjelasannya ketika dihubungi Kompas.com, lebih dari satu saat lalu. “Nah ini banyak orang yang gak tahu, kalau berkenan dibandingkan segera ke mandor atau ke kontraktor menyadari lebih mahal ke kontraktor.

Kenapa? Karena kontraktor memiliki value, dia memiliki harga, kualitas dan dia tersedia garansi,” menyadari Munif. Jasa kontraktor sendiri memiliki badan usaha, agar perihal ini dapat meminimalisir kebohongan atau kecurangan, khususnya saat jalankan pembayaran.

Sebagai badan usaha, tanggung jawab pekerjaan dalam membangun sebuah proyek ditanggung oleh perusahaan, bukan perorangan seperti mandor bangunan. Oleh karena itu, komitmen dalam pekerjaan membangun sebuah rumah disampaikan Munif dapat lebih baik pada jasa kontraktor dibandingkan mandor atau pemborong.

Sementara itu, Munif mengatakan kalau membangun rumah gunakan jasa mandor tukang bangunan, mereka tidak dapat memberi tambahan garansi. Tapi, harganya dapat lebih tidak mahal dibandingkan kontraktor. “Mayoritas orang-orang lebih suka segera ke mandor tukang bangunan, kenapa? Karena murah, sesungguhnya murah. Kedua cepat, namun mereka dapat saja tidak perhatikan kualitas dan garansi,” jadi Munif.

Pada intinya, seseorang yang membangun rumah gunakan jasa kontraktor dapat memiliki garansi hasil pekerjaan yang lebih baik dengan cara kerja yang lebih terstruktur. Setelah bangunan rumah yang dilakukan oleh kontraktor selesai dibuat, namun mengalami rusaknya setelahnya, maka itu merupakan tanggung jawab kontraktor.

Dalam perihal ini Munif menyebut pemilik rumah tidak kudu memberi tambahan uang, karena itu merupakan bagian berasal dari garansi. Selanjutnya, ketika gunakan jasa kontraktor, tanggung jawab pekerjaan dapat diambil oleh kepala proyek atau kontraktor itu sendiri.

Keuntungannya adalah komunikasi berasal dari masing-masing kepala bagian atau mandor dapat lebih teratur dan terkendali, agar tidak menyebabkan pemilik proyek kudu bolak-balik memantau bangunan rumahnya. Di segi lain, gunakan jasa mandor tukang bangunan butuh biaya yang lebih sedikit, namun pemilik proyek kudu menyiapkan saat lebih banyak dalam mengawasi sistem kerja pembangunan rumah di lokasi.

Saat seseorang pilih jasa mandor tukang bangunan, mereka termasuk kudu jalankan pengawasan pada spesifikasi material bangunan yang digunakan. Cara penggunaan material dan potensi kehilangan barang material seperti semen, pasir, besi dan sebagainya termasuk jadi poin yang kudu dipertimbangkan.

Hal yang kerap berjalan ketika pilih gunakan jasa mandor tukang bangunan disampaikan Munif adalah biaya yang udah keluar sesuai estimasi, namun bangunan rumah belum selesai. Komitmen berasal dari mandor bangunan termasuk kudu diperhatikan, karena tidak sedikit masalah seperti larinya mandor bangunan meninggalkan proyek dengan kondisi tidak tertangani kerap terjadi.

Oleh karena itu, ketika jadi sesuai untuk pilih jasa mandor tukang bangunan, anda kudu terlalu kenal dengan orang selanjutnya dan menyaksikan hasil pekerjaan rumah yang mereka buat. Apabila perlu, anda dapat bertanya-tanya kepada pemilik rumah yang rumahnya dibangun oleh si mandor tukang bangunan yang anda pilih. “Tapi kalau gunakan jasa kontraktor, tersedia garansinya, tersedia kontraknya menyadari tertulis, keuangannya jelas, budget jelas. Kalaupun tersedia pekerjaan tambahan itungannya jelas, jadi aman,” tutup Munif.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published.