Cara Menanam Anggrek di Sabut Kelapa dan Jenis Anggrek di Indonesia

Anggrek merupakan salah satu tanaman hias yang sangat memesona, sehingga tak jarang banyak orang yang menjadi penggemar anggrek. Cara menanam anggrek di sabut kelapa pun menjadi salah satu hobi yang dilakukan oleh para pecinta tanaman hias. Anggrek merupakan salah satu tanaman hias yang tidak pernah mengalami penurunan tren. Keindahannya memiliki pesona tersendiri. Di Indonesia sendiri, bunga anggrek merupakan salah satu bunga nasional bangsa. Bunga anggrek biasa dijadikan sebagai hiasan eksterior maupun interior.

Terdapat sekitar 20.000 jenis anggrek di alam, dan sekitar 1000 jenis hibrida. Jumlah ini tentunya akan terus bertambah seiring dengan bertambahnya jenis anggrek yang dikembangkan oleh penghobi. Anggrek merupakan tanaman epifit sehingga harus menumpang di tanaman lain. Untuk itu, media tanam yang biasanya digunakan adalah arang kayu, akar pakis, sabut kelapa, dan lain-lain.

Sabut kelapa merupakan salah satu media yang sering digunakan dalam budidaya anggrek karena selain murah dan mudah digunakan, sabut kelapa juga mengandung unsur hara esensial yang diperlukan oleh tanaman. Media sabut kelapa juga memiliki kemampuan memegang air. Karena itulah, media sabut kelapa cocok digunakan sebagai media tanam anggrek.

Jenis Jenis Bunga Anggrek yang Ada di Indonesia dan Cara Menanam Anggrek di Sabut Kelapa

1. Anggrek Bulan

cara menanam anggrek di sabut kelapa

Anggrek Bulan menjadi anggrek kebanggaan Indonesia bahkan dinobatkan sebagai puspa pesona. Anggrek bulan atau Phalaenopsis amabilis banyak ditemukan di Malaysia, Indonesia, Filipina, Papua hingga Australia. Anggrek bulan biasanya berwarna ungu, putih, dan kuning.

2. Anggrek Bulan Bintang

cara menanam anggrek di sabut kelapa

Selain anggrek bulan, jenis yang populer di Indonesia lainnya adalah Anggrek Bulan Bintang. Anggrek ini memiliki lima kelopak mirip bintang dan bagian tengahnya terdapat kelopak tambahan berbentuk bulan. Warnanya berwarna putih dengan corak kekuningan hingga kecokelatan. Anggrek Bulan Bintang berasal dari Pulau Kalimantan.

3. Anggrek Hitam

cara menanam anggrek di sabut kelapa

Jika anggrek pada umumnya dikenal dengan warnanya yang cerah, anggrek satu ini justru berwarna hitam gelap. Anggrek hitam atau Coelogyne pandurate adalah jenis anggrek yang tumbuh di Semenanjung Malaya, Kalimantan, dan Sumatra. Anggrek Hitam juga termasuk dalam macam-macam bunga anggrek yang dilindungi.

4. Anggrek Selop

cara menanam anggrek di sabut kelapa

Anggrek Selop memiliki habitat asli di lereng Gunung Semeru, Lumajang, Jawa Timur. Bentuk kelopak bunga ini cukup unik menyerupai kantung semar dan sepatu selop. Anggrek Selop biasanya berwarna warna ungu dan totol gelap pada bibir bunganya.

5. Anggrek Kebutan

Anggrek Kebutan

Anggrek Kebutan atau Ascocentrum miniatum banyak ditemukan di Laos, Thailand, Vietnam, Jawa, Malaysia, Filipina, dan Sumatra. Anggrek kebutan memiliki kelopak bunga berwarna oranye cerah. Bunganya tergolong berukuran kecil dan bergerombol. Di Indonesia macam-macam bunga anggrek masih dilindungi.

6. Anggrek Hartinah

Anggrek Hartinah

Anggrek ini dinamai sesuai dengan nama ibu negara Tien Soeharto atas jasa di dunia budidaya anggrek di Indonesia. . Anggrek Hartinah atau Cymbidium hartinahianum tumbuh Sumatera Utara dan pertama kali ditemukan pada 1976 silam. Jenis anggrek ini berwarna kuning hingga kecokelatan dan dan kelopaknya berbentuk bintang.

7. Anggrek Kantung Kolopaking

Anggrek Kantung Kolopaking

Anggrek kantung kolopaking atau Paphiopedilum kolopakingii Fowlie adalah anggrek endemik Kalimantan Tengah. Jenis anggrek ini memiliki bentuk bunga yang unik karena berbentuk kantung dan berwarna putih kehijauan dengan semburat coklat kemerahan.

8. Anggrek Serat

Anggrek Serat

Anggrek Serat merupakan anggrek endemik Sulawesi Tenggara dan menjadi ikon provinsi tersebut. Anggrek ini memiliki kelopak putih kecil memanjang menyerupai serat. Selain itu, anggrek ini memiliki umbi yang mengandung serat. Serat ini biasanya digunakan masyarakat sekitar untuk membuat anyaman.

9. Anggrek Jamrud

Anggrek Jamrud

Anggrek Jamrud atau Dendrobium macrophyllum adalah anggrek yang tersebar di pulau Jawa. Anggrek ini masih termasuk macam-macam bunga anggrek yang langka. Jenis anggrek ini memiliki diameter 2 sampai 5 sentimeter dan berwarna hijau hingga kekuningan.

10. Anggrek Tebu

Anggrek Tebu

Anggrek tebu merupakan anggrek terbesar dari macam-macam bunga anggrek lainnya. Ketinggian anggrek ini bisa mencapai 3 meter. Batangnya menyerupai batang tebu. Anggrek tebu atau Grammatophyllum speciosum memiliki kelopak berwarna kuning dengan totol-totol ungu gelap menyerupai macan.

11. Anggrek Sendok

Anggrek Sendok

Dari namanya saja sudah bisa dibayangkan kalau bunga ini mirip dengan alat makan berupa sendok. Tapi, jelas bentuknya jauh lebih indah dari sendok. Bukan sendok biasa.

Nama latinnya adalah Spathoglottis zurea. Dengan warna bunga kuning cerah dan sedikit polesan putih dan merah di tengahnya, bunga anggrek sendok ini semakin menawan saja.

Cara Menanam Anggrek di Sabut Kelapa

Bagi kita yang bermaksud memperindah bagian eksterior maupun interior rumah dengan tanaman anggrek maupun ingin membuka peluang bisnis budidaya anggrek, kita bisa memilih jenis bunga anggrek dari tipe anggrek Epifit. Anggrek jenis ini dapat digantung atau ditempelkan di pohon halaman rumah seperti pohon jambu, pohon rambutan, dan lain sebagainya. kita pun bisa menggantungnya di teras rumah dengan sabut kelapa dalam pot dan menambahkannya dengan arang, potongan kayu, bata, genting, dan lainnya. Lebih jauhnya, kita bisa menyimak uraian cara menanam anggrek dengan sabut kelapa dan mesin pengolah sabut kelapa berikut ini. jual cocomesh

1. Cara Menanam Anggrek di Sabut Kelapa 

Memilih dan Menyiapkan Sabut Kelapa

Dalam menyiapkan sabut kelapa sebagai media tanam bunga anggrek, sebaiknya kita mengupas sabut kelapa yang tua. Selain itu, kita juga perlu merendamnya dalam larutan fungsida terlebih dahulu sebelum kita menyatukannya dengan bibit anggrek. Sabut kelapa yang terlalu besar sebaiknya disesuaikan dengan yang telah dianjurkan untuk tanaman anggrek. Setelah dipotong sesuai ukuran yang diinginkan atau ukuran pot, kita juga perlu membersihkan kulit sabut kelapa. Hal ini karena bagian pada sabut kelapa memiliki kandungan zat kimia yang bisa mempengaruhi proses pertumbuhan dan pembungaan tanaman bunga anggrek.

2. Cara Menanam Anggrek di Sabut Kelapa

Merendam sabut kelapa

Dalam proses perendaman, sabut kelapa harus melalui dua proses perendaman yaitu proses perendaman yang pertama meliputi penggunaan air bersih biasa sedangkan proses perendaman kedua dengan larutan fungisida. Sabut kelapa yang telah dibersihkan kemudian kita direndam dalam air selama kurang lebih 6 jam. Sabut kelapa yang telah kita direndam kemudian diangkat dari air rendaman dan dipukul-pukul dengan palu atau kayu.

Proses pemukulan ini dilakukan agar pegangan di bagian antar serat masing-masing bisa terbuka. Sebagaimana yang telah kita disinggung sebelumnya, sabut kelapa kemudian memasuki proses perendaman kedua yakni dengan kita menggunakan larutan fungisida. Sesuai nama larutannya, proses ini bertujuan mencegah sabut kelapa dari serangan jamur-jamur yang bisa menghambat proses pertumbuhan tanaman anggrek. Setelah disterilkan dengan larutan fungisida, kita kemudian memasuki proses berikutnya yaitu meniriskan dan mengeringkan sabut kelapa di bawah sinar matahari. jual cocomesh

3. Cara Menanam Anggrek di Sabut Kelapa

Meniriskan dan Mengeringkan Sabut Kelapa

Sabut kelapa yang telah direndam dua kali perendaman menggunakan air dan larutan fungisida tidak bisa langsung kita ikatkan dengan tanaman anggrek yang kita beli. Sabut kelapa harus terlebih dahulu ditiriskan dan dikeringkan terlebih dahulu. Proses penirisan dan pengeringan dapat kita lakukan secara berbarengan.

Setelah sabut kelapa lumayan kering namun juga cukup lembab, kita bisa siap melilitkannya dengan tanaman bunga anggrek yang kita beli. Biasanya, saat tanaman bunga anggrek kita masih baru, sabut kelapa yang dililit bunga anggrek ditempatkan pada pot biasa maupun pot gantung. Jangan lupa menempatkan pot tersebut pada lokasi yang tidak langsung terkena paparan sinar matahari.

Persiapan Media Tanam dalam Cara Menanam Anggrek di Sabut Kelapa

Sabut kelapa yang digunakan sebagai media tanam dapat dengan mudah didapatkan di tempat penjualan kelapa. Tahapan pembuatan media sabut kelapa adalah sebagai berikut:

  1. Pilih sabut kelapa yang sudah tua.
  2. Rendam sabut kelapa selama 6 jam untuk menghilangkan kandungan tanin dalam sabut kelapa.
  3. Setelah direndam dalam air, rendam sabut kelapa dalam fungisida untuk menghambat pertumbuhan jamur dan cendawan.
  4. Kemudian,angkat sabut kelapa, tiriskan, dan keringkan hingga sabut kelapa tidak terlalu basah dan terlalu kering.

Leave a Comment

Your email address will not be published.