Cara Menanam Anggrek dengan Media Sabut Kelapa!

cara membuat media tanam anggrek dari sabut kelapa

Bunga anggrek termasuk salah satu jenis tanaman yang populer di kalangan penggemar tanaman hias. Tanaman anggrek yang sehat biasanya tidak tumbuh di tanah pot biasa, sehingga ada beberapa cara menanam anggrek dan media tanam yang bisa anda gunakan, seperti sabut kelapa. Bagaimana cara menanam anggrek dengan media sabut kelapa?

Anda dapat menggunakan sabut kelapa sebagai media tanam atau juga sebagai bahan campuran pot. Akar tanaman anggrek akan membutuhkan udara dan akar yang basah biasanya akan membunuh tanaman ini.

Oleh karena itu, penggunaan sabut kelapa sebagai media tanam atau campuran bermanfaat untuk membuat akar anggrek tetap sehat dan memiliki sirkulasi udara, serta menjaga agar akar anggrek milik anda tidak terendam air.

Cara Menanam Anggrek dengan Media Sabut Kelapa

anggrek

Berikut merupakan cara menanam anggrek dengan sabut kelapa. Simak selengkapnya di sini yuk!

Bahan:

  • Sabut kelapa
  • Arang
  • Perlit
  • Pemutih
  • Air

Alat:

  • Kawat besi
  • Pemotong kawat (tang)

Langkah-langkah:

1. Siapkan Sabut Kelapa

Jika ingin menanam anggrek menggunakan sabut kelapa, tentu saja anda harus menyiapkan sabut kelapa. Anda bisa menemukan sabut kelapa di toko tanaman bahkan di toko online. Pastikan sabut kelapa yang anda pilih memiliki kualitas terbaik, supaya tanaman anggrek dapat tumbuh dengan baik.

2. Bersihkan Sabut Kelapa

Bilas keripik sabut kelapa dengan benar, sehari sebelum anda berencana untuk menanam atau merepoting anggrek. Sabut kelapa bisa saja memiliki residu garam yang dapat melukai akar, sehingga diperlukan pembilasan secara menyeluruh. Setelah di bersihkan, anda harus mengeringkannya terlebih dahulu sebelum digunakan untuk menanam.

3. Campurkan Sabut Kelapa

Campurkan sabut kelapa, arang, dan perlit dengan perbandingan 2 untuk keripik sabut kelapa, 1 untuk arang dan 1 untuk perlit. Anda dapat mencampurkan bahan lainnya, tetapi campuran ini merupakan yang paling umum digunakan untuk menanam anggrek di rumah.

Setelah mencampurkan semua bahan tersebut, rendam campuran semalaman untuk menyerap air.

4. Bersihkan Pot dan Alat Menanam

Sebelum mulai menanam tanaman hias anggrek, anda harus memastikan semua alat penanaman, termasuk pot dalam keadaan yang bersih. Sanitasi pot dan alat yang akan digunakan dengan pemutih dan air. Caranya yaitu, anda cukup campurkan sebanyak setengah cangkir pemutih dengan satu galon air.

Kemudian, bersihkan semua permukaan alat dan pot, lalu biarkan mengering sebelum digunakan dalam proses penanaman anggrek.

5. Tanam Anggrek

Keluarkan anggrek dari wadah saat ini dengan hati-hati dan potong akar yang buruk menggunakan gunting yang sudah disterilkan. Akar yang buruk biasanya akan ditandai dengan kondisinya yang kering atau lembek. Setelah itu, bilas akar tanaman dengan air yang  bersuhu ruangan, lalu tempatkan dalam wadah atau pot baru.

Letakkan tanaman anggrek sampai akar kurang lebih berada sekitar 2,5 cm dari bagian atas wadah tanaman yang baru.

6. Masukkan Sabut Kelapa

Peras sisa air dari campuran sabut kelapa, kemudian mulailah untuk mengisi ruang kosong disekitar akar tanaman anggrek. Apabila wadah sudah penuh, sirami tanaman untuk membantu campuran sabut kelapa menetap di tempatnya.

Keuntungan Sabut Kelapa untuk Budidaya Anggrek:

1. Mudah didapat

2. Harganya yang murah

3. Menyimpan kelembaban

4. Akar dapat menembus ke sabut kelapa

5. Menghemat biaya perawatan

Selain bisa digunakan untuk menanam anggrek, sabut kelapa juga menghasilkan olahan yang lainnya lho. Apa itu? Salah satu olahan dari sabut kelapa yaitu cocomesh. Cocomesh merupakan jaring-jaring yang terbuat dari sabut kelapa. Saat ini sudah banyak lho yang  jual cocomesh.

Mengapa banyak yang jual cocomesh? Karena dari manfaatnya saja sudah sangat bagus. Manfaat dari cocomesh sendiri yaitu sebagai media penghijauan di lahan bekas tambang, memperkuat material di atas tebing, bahan mencegah erosi, memperkuat tanah, membantu memperkuat rel kereta api, dan memperkuat tebing jalan atau jembatan.

 

Itu tadi penjelasan mengenai cara menanam anggrek dengan media sabut kelapa dan keuntungan sabut kelapa untuk budidaya anggrek. Ayo, coba praktekkan menanam anggrek dengan media sabut kelapa. Pastinya sangat disarankan untuk dicoba karena bahan-bahannya mudah ditemukan disekitar anda. Selamat mencoba!

Leave a Comment

Your email address will not be published.