Cara Memulai Usaha Dagang Makanan Online dan Offline

cara memulai usaha dagang makanan

6 Cara Memulai Usaha Dagang Makanan Online dan Offline

Bisnis makanan merupakan bisnis yang tidak akan pernah surut. Cara memulai usaha dagang makanan yang satu yang ini masih memiliki peluang yang terbuka lebar selebar lebarnya. Kamu mungkin bisa menahan keinginan saat akan berbelanja pakaian atau kebutuhan sekunder lainnya.

Namun, berbeda hal nya jika sudah merasa lapar, kamu tidak akan mungkin menahan lapar dengan tidak mengeluarkan sejumlah uang. Pastinya akan sesegera mungkin berlari atau mencari warung makan yang masih buka, untuk sekedar mengganjal perut atau mengisi perut.

Bagi kamu seorang pemula, yang tertarik pada bisnis ini ada baiknya untuk menerapkan tips memulai bisnis sendiri. Agar nantinya tidak terjebak lagi pada bisnis makanan yang sedang trend atau hanya bertahan beberapa decade saja saja.

1. Persiapkan Modal Usaha Untuk Bisnis

Modal merupakan hal yang paling pokok yang harus dipersiapkan dalam memulai sebuah bisnis apapun termasuk bisnis makanan. Jika kamu memiliki modal yang terbatas lebih baik mulai usaha dalam skala kecil terlebih dahulu.

Namun, jika kamu memutuskan untuk meminjam modal pada koperasi atau bank, tetapkan dulu jumlah besaran yang akan dipinjam agar nanti tidak terjadi over dana yang terlalu besar atau malah dana pinjaman yang diperoleh masih kurang dari modal yang dibutuhkan.

2. Pilih Lokasi yang Strategis untuk Usaha Bisnis Makanan Kamu

Dalam usaha ini, lokasi yang strategis dan cocok merupakan salah satu faktor yang dapat menentukan kesuksesan nantinya. Oleh karena itu, pilih lokasi dengan melihat tempat atau jalan mana saja yang dilewati orang.

Kamu bisa menyewa ruko yang dekat dengan pusat keramaian seperti pasar atau jalan besar, rumah sakit, sekolah, kampus atau pusat perkantoran. Dengan ini peluang dagangan kamu yang terjual akan lebih besar.

3. Tentukan Menu Andalan dari Usaha Makanan Kamu

Salah satu yang menjadi poin penting dalam penjualan dari usaha makanan adalah jenis menu yang disajikan. Semakin enak tentunya akan semakin banyak orang yang berkunjung untuk mencoba rasa terbaik. Selain rasa yang enak penikmat makanan juga menyukai makanan yang memiliki keunikan atau khas makanan itu tersendiri.

Beberapa makanan yang trend seperti ceker mercon, seblak , atau kue cubit tentu saja memiliki ciri khas rasa dan penyajian yang cukup unik. Sangat disarankan untuk melakukan sebuah survei lapangan sebelum memulai membuka usaha makanan.

cara memulai usaha dagang makanan

4. Memilih Suplier Sebagai Pemasok Bahan Baku Utama

Dalam industri penjualan makanan salah satu elemen penting adalah kualitas bahan baku yang akan digunakan untuk membuat makanan tersebut dengan keadaan yang masih bagus. Bahan baku dengan kualitas baik dan segar tentunya akan menghasilkan masakan yang lebih enak.

Pilih suplier bahan baku yang memberikan harga yang relatif murah namun dengan memberikan kualitas bahan yang baik. Serta jalin kerjasama yang intens dengan suplier agar bisa memperoleh prioritas untuk mendapatkan barang yang sedang langka dipasaran.

Disarankan untuk tidak memiih hanya 1 suplier agar lebih memudahkan dalam memperoleh semua jenis bahan baku yang diperlukan dan mengantisipasi sedang gangguan.

5. Cara Memulai Usaha Dagang Makanan Mulai Merekrut Karyawan Dengan SDM yang Memadai

Akan sangat kerepotan jika kamu harus memasak dan melayani pembeli yang banyak dalam waktu yang bersamaan. Apalagi jika pembeli sedang ramai ramainya atau banyak pelanggan. Untuk memudahkan dalam hal pelayanan tentu saja kamu harus mulai merekrut seorang karyawan.

Jumlah karyawan yang direkrut tergantung pada jenis usaha makanan yang kamu buka nanti. Untuk usaha resto atau cafe tentu membutuhkan lebih banyak karyawan lagi, sedangkan untuk usaha makanan gerobak anda hanya perlu 1-2 seorang karyawan saja. Kamu bisa mengajak saudara atau orang lain yang tentunya sudah berpengalaman dalam bidang industri ini.

6. Cara Memulai Usaha Dagang Makanan Menentukan Target Pemasaran / Target Penjualan yang Tepat

Salah satu kunci kesuksesan dari usaha ini adalah kesesuaian antara jenis makanan dan target pemasaran. Harga makanan yang dijual dibandrol dengan harga yang murah namun tidak sesuai dengan selera kebanyakan orang.

Tentunya ini akan membuat makanan menjadi tidak laku atau rugi. Oleh karena itu sesuaikan antara harga dan selera pembeli sehingga target pemasaran akan tercapai dengan tepat.

Itulah cara memulai usaha dagang makanan. Jika kamu tertarik untuk mulai mempelajarinya, terapkan saja cara tersebut atau tips membuka usaha sendiri. Semoga artikel ini dapat membantu!.

Leave a Comment

Your email address will not be published.