Cara Memulai Bisnis Olshop Baju Mudah Banget Anti-Gagal

cara memulai bisnis olshop baju

Cara Memulai Bisnis Olshop Baju – Tau gak, baju tuh adalah sebuah kebutuhan primer manusia yang tak pernah dan tak akan pernah bisa ditinggalkan. Kalo gini, bisnis jual – beli pakaian tidak akan pernah padam sampai kapanpun. Yang berubah dari bisnis ini cuma inovasi bentuk, warna, dan motif serta jenis pakaian yang dijual dari jaman ke jaman.

Dan di masivnya jaman modern ini, kemajuan teknologi membantu memudahkan manusia dalam menjalankan bisnis. Sekarang juga sudah ada banyak sekali aplikasi jual – beli online atau yang lebih sering disebut olshop di sini. Ini menjadi suatu bukti bahwa manusia sudah mulai melakukan kegiatan pokok seperti berbelanja di dunia maya.

Sebab hal itu, bisnis olshop baju menjadi pilihan banyak orang. Peluang bisnis ini untuk menjadi sukses sangatlah besar, semua halnya tergantung pada bagaimana penjual mempersiapkan dan menjalankan bisnisnya. Kamu juga minat untuk merintis dan memulai bisnis online shop baju?

Yuk, kita simak bersama cara memulai bisnis online shop baju, selengkapnya di bawah ini.

Cara Memulai Bisnis Olshop Baju Gampang Banget

Bisnis fashion atau konveksi menjadi suatu ketertarikan sendiri bagi beberapa wirausahawan di Indonesia, terutama para anak muda. Kenapa? Ya karena banyak anak muda yang beridealisme tinggi ingin menuangkan idealisme mereka ke dalam konsep desain baju.

Sebuah kaos polos itu bisa diibaratkan sebagai kain kanvas kosong yang siap dilukis dengan tangan – tangan kreatif anak muda Indonesia. Merintis bisnis fashion secara online memiliki beberapa tahapan kompleks dan padat namun tidak begitu sulit. Inilah beberapa tahapan-tahapan yang perlu kamu lakukan untuk memulai bisnis online shop baju, tenang tidak perlu tergesa – gesa.

a. Cara Memulai Bisnis Olshop Baju yang Pertama, Tentukanlah Konsep

Untuk cara memulai bisnis olshop baju yang pertama kamu harus menentukan konsep bisnis olshop kamu. Carilah inspirasi konsep dan pemikiran sebanyak mungkin dari berbagai sumber referensi. Untuk menghindari plagiarisme konsep, lakukan ATM (Amati Tiru Modifikasi) pada inspirasi konsep tersebut.

Kamu bisa memodifikasinya supaya menjadi “lebih kamu” atau lebih sesuai dengan karaktermu. Tuangkanlah segala pemikiran idealisme kamu ke dalam bisnis kamu. Selain menentukan konsep utama bisnis usaha olshop baju kamu, kamu juga harus menentukan target pemasaran produk kamu.

Kamu bisa semakin mudah untuk nantinya mengerucutkan konsep usaha kamu kalo udah tau target pemasaran produk kamu. Kenapa sih penentuan konsep di awal ini penting untuk dilakukan? Ini tuh merupakan suatu hal yang penting untuk dilakukan karena sebagai dasar pondasi bisnis olshop baju yang kamu jalankan.

b. Carilah Pemasok atau Supplier Baju yang Bagus tapi Murah 

cara memulai bisnis olshop baju

Penting bagi kamu untuk mencari pemasok baju atau vendor baju yang memiliki kualitas produk yang jempolan. Pasalnya, produk yang berkualitas jempolan  ini akan memengaruhi kemajuan bisnis yang kamu jalankan. Sebuah toko baju yang memiliki produk baju dengan kualitas bahan yang jempolan ditambah dengan desain yang ciamik pastinya akan memiliki lebih banyak pembeli.

Carilah yang memiliki kualitas jempolan dan harga yang terjangkau. Pilihlah yang menurut kamu paling keren dan terbaik, sesuaikan dengan idealisme kamu. Peran relasi dan juga komunikasi akan sangat penting dalam memudahkan kamu mencari informasi tentang pemasok baju atau vendor baju yang memiliki kualitas tinggi, harga terjangkau, dan sesuai dengan apa yang kamu mau.

Usahakanlah untuk mencari pemasok atau vendor baju dari produsen tangan pertama dengan mendatangi pabrik produksi bajunya secara langsung. Ini akan sangat menghemat ongkos, karna kamu tidak perlu lagi membayar ongkos tambahan dari distributor penyalur barang.

Lakukan crosscheck pada kualitas baju dari pabrik tersebut. Kamu bisa mengecek kualitas bahan dasarnya atau melihat sample produk siap pakai. Carilah baju dengan bahan dasar kain yang lembut dingin dan tinta sablon yang menurut kamu terbaik dan sesuai dengan kriteria kamu.

c. Buatlah Situs Halaman Web untuk Katalog Produk Baju Kamu

Peran situs web ini akan sangatlah penting dalam kamu menjalankan bisnis online. Situs web telah menyediakan banyak sekali fitur dan menu yang dapat  menunang proses penjualan barang secara online. Kamu juga dapat membuat daftar katalog produk baju yang kamu jual di dalam situs web kamu. Taruhlah beberapa informasi penjelas mengenai produk kamu jual mencakup detail, deskripsi, serta foto produk ketika dikenakan untuk lebih menarik konsumen.

Konsumen akan lebih mudah melihat dan mengamati baju yang ingin mereka beli setelah melihat katalog produk baju pada situs web kamu. Situs web ini juga akan sangat efektif dalam menjadi media promosi karna mudah terekspos dan tersebar. Buatlah halaman dengan tampilan yang simple, inovatif, informatif, dan ramah pengguna.

d. Gunakanlah Aplikasi E-Commerce Untuk Media Penjualannya

Transaksi jual beli online mestinya tidak bisa lepas dari aplikasi olshop atau online shop. Konsumen-konsumen jaman sekarang lebih senang berbelanja dengan menggunakan aplikasi online shop untuk memenuhi kebutuhan sehari – hari karna cara mengoperasikannya mudah.

Kini sudah ada banyak sekali aplikasi – aplikasi olshop yang beredar dan aktif di Indonesia. Kamu dapat memilih salah satu atau lebih baik lebih dari satu aplikasi online shop dari beberapa pilihan yang tersedia untuk digunakan sebagai media penjualan produk baju kamu.

Janganlah lupa untuk mengaktifkan fitur – fitur unggulan yang menguntungkan banyak konsumen seperti diskon, flash sale, dan juga gratis ongkos kirim. Hal ini akan membuat konsumen kamu bertambah banyak dan meningkatkan penjualan tokomu. Cara tersebut juga berlaku sebagai media promosi karna banyak menarik konsumen untuk membeli produk baju kamu.

e. Jangan Meremehkan Kemasan Produk Bajumu

Bisnis usaha online tidak bisa lepas dari pengiriman produk yang dipesan dari penjual ke pada konsumen. Produk baju yang konsumen pesan akan segera dikirimkan ke lokasi konsumen melalui jasa pengiriman barang. Maka dari itu, jangan meremehkan perihal kemasan untuk menunjang keamanan produk selama produk dikirim oleh jasa pengiriman barang.

Gunakanlah plastik kemasan untuk membungkus bajunya, gunakanlah plastik yang lebih tebal dari biasanya supaya lebih aman dan memberikan kesan eksklusif pada produk baju kamu. Kemudian untuk kemasan bagian luar, gunakanlah karton box. Gunakanlah karton box yang tebal dan kokoh supaya produk baju yang kamu kirim tetap aman dan tidak terbuka.

Kamu juga bisa menambah variasi pada desain logo usaha, alamat atau elemen lain pada plastik dan kardus box kemasan produk baju kamu supaya lebih unik. Kemasan produk sangatlah berpengaruh pada pengalaman unboxing atau saat membuka box, maka dari itu berikanlah yang terbaik.

f. Cara Memulai Bisnis Olshop Baju yang Terakhir,  Buat Rekapitulasi Hasil Penjualan

Kalo bisnis online shop baju kamu udah berhaisl berjalan, rutinlah untuk membuat rekapitulasi penjualanmu setiap bulan. Lakukan rekapitulasi penjualanmu secara rutin setiap sebulan sekali secara detail dan rinci, ini akan mempermudah kamu menganalisa hasil penjualan pada bisnis online shop baju yang kamu jalankan.

Hasil penjualan ini bisa kamu analisa dan kamu jadikan sebuah acuan atau faktor yang bisa kamu gunakan untuk berinovasi pada produk kamu berikutnya. Kini membuat catatan rekapitulasi sangatlah mudah, kamu bisa menggunakan smartphone untuk membuat rekapitulasi untuk bisnis kamu. Cukup download aplikasi catatan rekapitulasi di Appstore ataupun di Google Playstore.

Nah gitulah cara memulai bisnis olshop baju dengan mudah. Gampang banget kan? Semoga sukses dalam berbisnis, ya! Selamat mencoba!

Leave a Comment

Your email address will not be published.