Cara Membuat Pupuk Dari Sabut Kelapa Yang Sangat Mudah!

cara membuat pupuk dari sabut kelapa

Cara membuat pupuk dari sabut kelapa tidaklah terlalu sulit. Kita bisa membuat pupuk dari sabut kelapa ini dengan mudah di rumah. Bahan dan peralatan untuk membuat pupuk ini juga sangatlah mudah untuk ditemukan.

Ada berbagai macam banyak hal yang perlu diperhatikan saat merawat tanaman, salah satu yang harus diperhatikan adalah kebutuhan nutrisi untuk pertumbuhan dari tanaman tersebut. Berbagai macam jenis unsur hara yang dibutuhkan oleh tanaman, perlu diberikan agar nantinya tanaman bisa tumbuh subur dan kuat, termasuk unsur kalium (K) juga harus diberikan pada tanaman.

Unsur kalium ini, sebenarnya bisa kita dapatkan dari beberapa jenis pupuk yang mudah untuk ditemukan di pasaran, seperti pupuk KNO3 serta pupuk KCl. Namun, unsur kalium ini juga bisa kita dapatkan dengan muidah dari bahan alami yang mudah ditemukan di sekitar, yaitu sabut kelapa.

Sampai saat ini, mungkin masih banyak orang yang menganggap bahwa kulit buah kelapa atau sabut kelapa ini sebagai sebuah limbah, padahal sabut kelapa bisa diolah menjadi berbagai olahan yang menarik dan bermanfaat. Sabut kelapa juga sangat bermanfaat untuk tanaman, salah satu olahan sabut kelapa yang sangat bermanfaat untuk tanaman adalah pupuk kalium organik.

Sabut kelapa juga sangat bermanfaat untuk tanaman anggrek. Selain pupuk, sabut kelapa juga bisa diolah menjadi media tanam dari bunga anggrek. Sebelum masuk ke cara membuat pupuk dari sabut kelapa ini, sebelumnya ketahuilah terlebih dahulu apa manfaat dari pupuk sabut kelapa ini. 

Manfaat Pupuk Sabut Kelapa Untuk Tanaman

cara membuat pupuk dari sabut kelapa

Pupuk organik sabut kelapa mempunyai berbagai macam manfaat untuk tanaman, diantaranya adalah :

  • Bermanfaat untuk memperkuat batang dan akar tumbuhan
  • Menambah bobot atau isi dari buah dan biji tanaman
  • Bermanfaat untuk mencerahkan warna buah atau biji tanaman
  • Untuk menambah aroma harum pada buah
  • Serta membuat rasa buah menjadi lebih manis.

Perlu Anda perhatikan, bahwa memupuk tanaman tidak bisa hanya dengan sabut kelapa saja. Hal ini karena kandungan nitrogen dan fosfor dalam sabut kelapa masih terbilang kurang. Untuk memaksimalkan pertumbuhan tanaman, diperlukan juga tambahan pupuk lain seperti pupuk kandang misalnya.

Di antara jenis pupuk dari kotoran hewan, pupuk kotoran hewan kambing adalah yang ideal karena mengandung unsur hara yang seimbang. Dengan mencampur kotoran kambing ini dengan sabut kelapa, maka akan meningkatkan unsur kalium yang tersedia untuk tanaman.

Cara Membuat Pupuk Dari Sabut Kelapa Yang Mudah

cara membuat pupuk dari sabut kelapa

Cara pembuatan pupuk organik sabut kelapa terbilang cukup mudah, karena cara pembuatannya hampir sama dengan proses pembuatan pupuk organik pada umumnya, termasuk juga dengan bahan-bahan yang dibutuhkan. Berikut dibawah ini adalah daftar bahan-bahan yang dibutuhkan, beserta penjelasan cara pembuatan pupuk organik dari sabut kelapa.

Bahan dan alat membuat pupuk dari sabut kelapa :

  • Ember atau wadah
  • Golok atau parang
  • Sabut kelapa kering 1 kg
  • Gula merah 100gr atau tetes tebu
  • Pupuk organik cair EM4 100 ml atau MA 11 50 ml
  • 10L air bersih

Cara membuat pupuk sabut kelapa :

  • Cincang atau potong-potong sabut kelapa sampai menjadi potongan kecil, semakin kecil ukuran sabut kelapa maka semakin baik. Lalu masukkan sabut kelapa yang sudah dipotong ke dalam wadah.
  • Larutkan air, tetes tebu atau gula merah, dan pupuk organik cair EM4 atau MA11. Aduk semua bahan sampai benar-benar tercampur dengan rata, lalu masukkan cairan ini ke dalam wadah yang berisi potongan sabut kelapa.
  • Tutup rapat wadah yang sudah berisi cairan dan potongan sabut kelapa. Buka tutup wadah pupuk setiap pagi selama beberapa detik, hal ini bertujuan untuk membuang gas yang dihasilkan.
  • Lalu simpan larutan di tempat yang teduh, dan diamkan selama sekitar dua minggu. Setelah itu, saring larutan dengan menggunakan penyaring.
  • Pupuk organik cair dari sabut kelapa akhirnya siap untuk digunakan tanaman mu.

Cocomesh Olahan Sabut Kelapa Yang Sangat Bermanfaat Untuk Tanah!!

cocomesh

Olahan sabut kelapa yang juga sangat bermanfaat bagi tanah adalah cocomesh. Olahan sabut kelapa yang satu ini adalah sebuah material yang berbentuk jaring. Cocomesh sangat ramah lingkungan dalam membantu proses reklamasi suatu lahan tambang, pantai, atau pun hutan. Hasil olahan dari sabut kelapa ini juga berguna untuk mencegah erosi serta berguna untuk proses penguatan tanah.

Pemanfaatan olahan sabut kelapa cocomesh, sudah terbukti bisa menghijaukan lahan bekas tambang, dan lahan hutan yang gundul. Sifat cocomesh yang bisa menyimpan air dalam waktu yang cukup lama, menyebabkan permukaan tanah yang ditutup oleh cocomesh tetap terjaga kelembapannya.

Di Indonesia sampai hari ini yang jual cocomesh sudah sangat banyak, hal ini juga dikarenakan di Indonesia masih banyak lahan industri pertambangan dan tanah yang gersang. Untuk mendapatkan cocomesh ini, Anda dapat mencarinya di berbagai toko yang jual cocomesh, atau Anda juga bisa mencarinya di online store, website, maupun offline store.

Saya kira itu tadi adalah beberapa cara membuat pupuk dari sabut kelapa. Jika masih ada kekurangan dalam penulisan artikel ini, saya mohon maaf. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published.