Cara Membuat Peyek Udang

Cara Membuat Peyek Udang

Rempeyek atau lebih kenal dengan nama peyek merupakan salah satu sajian yang diolah dengan cara digoreng. Peyek mempunyai varian isi, seperti isi kacang hijau, kacang tanah, kedelai, sayuran, ikan teri dan udang. Dengan rasa yang gurih dan enak, membuat peyek disukai banyak orang. Biasanya mereka membeli peyek tersebut, padahal kalau membuatnya sendiri di rumah cukup mudah loh. Kebetulan sekali pada atikel kali ini akan ada pembahasan mengenai cara membuat peyek udang. Yuk simak cara membuat rempeyek udang yang bisa dijadikan lauk untuk makan.

Peyek atau Rempeyek

Peyek adalah sejenis makanan pelengkap dari kelompok gorengan atau bisa juga disebut kudapan. Secara umum, rempeyek adalah gorengan yang terbuat dari tepung beras dan dicampur dengan air hingga membentuk adonan kental. Peran dari tepung tersebut yaitu sebagai pengikat. Tak lupa rempeyek juga diberi bumbu yang paling utama yaitu garam, bawang putih, dan daun jeruk. Kamu juga bisa menambahkan kacang tanah, kacang hijau ataupun kedelai sebagai isian khasnya. Selain jenis kacang-kacangan yang digunakan sebagai pengisi, kamu juga bisa menggunakan bahan pangan hewani yang berukuran kecil. Contohnya seperti ikan teri, ebi, udang kecil atau rebun, jingkong, yutuk (undur-undur laut) dan juga laron. Perkembangan zaman yang semakin modern, saat ini juga ada orang yang membuat peyek daun bayam, daun kelor dan kepiting.

Cemilan ini selain dijadikan sebagai makanan pelengkap juga memiliki fungsi lain, yaitu rempeyek sama dengan kerupuk yaitu sebagai pelengkap hidangan atau dijadikan lauk. Rempeyek sangat mudah kamu temukan di warung makan, pasar tradisional, bahkan swalaayn pun juga ada yang menjualnya. Di pedesaan biasanya menyajikan rempeyek ini saat ada tamu, acara pernikahan dan pelayatan.

Udang

Cara Membuat Peyek Udang

Udang termasuk dalam kategori crustacean, yaitu hewan yang memiliki4-6 pasang kaki atau toraks, tidak memiliki mata yang berpasangan, dan berenang menggunakan kedua antenanya. Jenis hewan crustacean atau udang-udangan lainnya yaitu lobster atau panulirus sp, kepiting atau pagurus sp, rajungan atau cancer sp, ketam atau uca sp, dan pinjal air atau cyclops sp.

Selain itu, udang juga termasuk binatang yang biasanya hidup di perairan seperti di danau, laut, dan arti sungai. Hewan crustacean atau udang ini lebih mudah ditemukan di hampir semua genangan air yang besar. Entah itu di air tawar, air payau, ataupun di air asin. Namun jika kamu tidak ingin ribet mencarinya, kamu bisa membeli di pasar ikan, pasar tradisional ataupun swalayan pasti banyak yang menjualnya. Karena udang sendiri termasuk makanan seafood selain ikan, kerang dan kepiting yang disukai banyak orang.

Resep Cara Membuat Peyek Udang

Cara Membuat Peyek Udang

Bahan :

  • 100 gram udang kecil utuh dan sudah dikupas
  • 150 gram tepung beras
  •  ½ sdm tepung sagu
  • 300 ml air santan dari buah kelapa yang sudah tua
  • 1 buah kuning telur
  • Garam ½ sdm
  • Daun jeruk 6 lembar, iris halus
  • Minyak goreng utnuk menggoreng secukupnya

Bumbu Halus :

  • 5 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 2 ½ sdt ketumbar
  • Kencur 2 cm
  • Kunyit 1 cm dan sudah dibakar

Cara Membuat Peyek Udang :

  1. Haluskan bumbu halusnya.
  2. Siapkan wadah yang berukuran besar kemudian masukan tepung beras, tepung sagu, santan, kuning telur, garam, daun jeruk serta bumbu halus.
  3. Aduk rata hingga semua bahan tercampur dan halus serta tidak ada bahan atau tepung yang menggumpal.
  4. Siapkan wajan lalu tuangkan minyak goreng yang lumayan banyak ke dalamnya. Panaskan minyak tersebut dengan api sedang hingga benar-benar panas.
  5. Ambil satu sendok sayur adonan rempeyek, lalu tambahkan beberapa potong udang yang telah kupas.
  6. Tuangkan adonan yang ada di sendok sayur tadi ke dalam wajan  yang sudah ada minyak panasnya dari bagian pinggir terlebih dahulu. Tujuannya agar hasil dari rempeyek udang nantinya renyah dan garing.
  7. Balik adonan peyek udang ke sisi yang lain agar matang dengan merata. Jika rempeyek udangnya telah matang, kamu bisa mengangkatnya dan kemudian meniriskan minyaknya. Apabila kamu tidak ingin repot saat meniriskan minyak, kamu bisa menggunakan mesin peniris minyak.   Lakukan langkah penggorengan hingga adonan rempeyeknya habis.
  8. Peyek udang buatanmu siap untuk disajikan

Tips Agar Peyek Udang Renyah Tahan Lama:

Cara Membuat Peyek Udang

1. Pilihlah jenis udang kecil atau udang rebun yang masih segar untuk membuat peyek udang. Karena jenis udang ini lebih cepat kering.
2. Jika kamu memakai santan dan telur terlalu banyak, maka adonan rempeyeknya nanti akan lembab dan saat digoreng tidak bisa garing dan renyah.
3. Takaran airnya disesuakan dengan kondisi adonannya, jangan terlalu cair ataupun kental. Jangan lupa adonannya selalu diaduk setiap akan menuangkan adoanannya ke dalam wajan. Dikarenakan adonan tepung mudah mengendap.

 

Itu tadi adalah pembahasan mengenai cara membuat peyek udang yang cukup mudah. Jika kamu ingin membuatnya sendiri di rumah, kamu bisa mencontoh resep di atas tadi. Namun jangan lupakan tips agar peyek udangnya renyah tahan lama, supaya rempeyeknya lebih terasa nikmat saat dimakan. Apabila kamu membuat sendiri di rumah, kamu bisa menambahkan isiannya sesuai seleramu. Cukup mudah bukan jika kamu membuatnya sendiri, apalagi jika kamu menggunakan mesin peniris minyak pastinya akan sangat praktis dan efektif. Mesin peniris minyak ini bisa kamu beli di rumah mesin. Sekian dari saya, terimakasih dan sampai jumpa.

Leave a Comment

Your email address will not be published.