Cara Membuat Media Tanam Anggrek Dari Sabut Kelapa yang Mudah

cara menanam anggrek di sabut kelapa

Cara Membuat Media Tanam Anggrek Dari Sabut Kelapa – Terdapat banyak macam media tanam yang bisa kamu gunakan untuk menanam tanaman bunga anggrek. Selain menggunakan media arang, kamu juga bisa pake sabut kelapa yang lebih mudah didapatkan.

Dalam langkah – langkah menanam dan mengolah sabut kelapa sampai bisa jadi media tanam bibit anggrek tidaklah lama dan juga tidak sulit. Karna media tanam sabut kelapa memang adalah media yang baik dan bagus untuk tanaman anggrek.

Sabut kelapa bisa jadi pilihan para pecinta tanaman bunga anggrek yang kurang menyukai media tanam pasaran menggunakan tanah. Karna untuk penanaman tananaman bunga anggrek di sabut kelapa tidak memerlukan bahan tanah serta bisa digantung ataupun ditaruh di rak tanaman anggrek.

Kalau dibandingin sama media tanaman pot atau vas, maka kesan alami lebih bisa didapatkan di media tanam sabut kelapa. Untuk cara membuat media tanam anggrek dari sabut kelapa kamu bisa simak informasi serta cara selengkapnya di bawah ini.

Baca juga : Di mana sih yang jual cocomesh sabut kelapa?

Cara Membuat Media Tanam Anggrek Dari Sabut Kelapa yang Mudah

 

cara membuat media tanam anggrek dari sabut kelapa

Perlu untuk dicermati bahwa langkah – langkah yang kami beritahukan di sini harap dipraktekkan semuanya, jangan sampai ada yang terlewat. Supaya nanti hasil tanaman bunga anggrek yang kamu buat bisa tumbuh lebih bagus dan bunganya cepat mekar.

1. Cara Membuat Media Tanam Anggrek di Sabut Kelapa yang Pertama tentunya Siapkan Sabut Kelapa

cara membuat media tanam anggrek dari sabut kelapa

 

Sabut kelapa merupakan suatu pilihan bahan yang bagus untuk menanam anggrek supaya hasil bunga anggreknya indah. Namun sebelum kamu mulai menanam, kamu harus siapkan dan olah sabut kelapa untuk media tanam anggrek yang benar itu seperti apa ;

  1. Gunakan fiber sabut kelapa yang umurnya sudah tua
  2. Setelah menyiapkan serat sabut kelapa yang tua, maka rendam selama 6 jam. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan zat senyawa tanin yang terkandung dalam sabut kelapa
  3. Selanjutnya rendam kembali sabut kelapa dengan menggunakan fungisida. Hal ini dilakukan untuk menghilangkan jamur yang nantinya muncul di media tanam sabut kelapa
  4. Kemudian baru tiriskan dan renggangkan menjadi bagian – bagian serat yang lebih kecil.

2. Pilih Bibit Tanaman Anggrek yang Punya Kualitas Bagus dan Sehat

cara membuat media tanam anggrek dari sabut kelapa

 

Sekarang kan kamu sudah punya media tanam sabut kelapa, tinggal memilih bibit anggrek yang bagus untuk ditanam di sabut kelapa itu seperti apa. Di sini kamu akan menemukan penjelasan soal bibit tanaman anggrek yang cocok untuk ditanam di media sabut kelapa ;

  1. Pilihlah bibit tanaman anggrek dengan kondisi sehat dan daun yang segar
  2. Pada bagian batang tanamannya tidak ada kecacatan fisik
  3. Batang anggreknya punya fisik kuat
  4. Bibit anggrek yang masih muda jangan menggunakan bibit anggrek yang sudah berbunga atau sudah tua

3. Cara Menanam Bunga Anggrek di Sabut Kelapa Dengan Hasil Maksimal

Media tanam sabut kelapa dan bibit tanaman anggrek yang bagus sudah kamu dapet. Sekarang tinggal melakukan cara membuat media tanam anggrek dari sabut kelapa, untuk langkah – langkahnya bisa kamu simak di bawah ini :

  1. Lilitkan sabut kelapa yang sudah direnggangkan, sepotong demi sepotong dililitkan ke bibit anggrek yang kamu punya sampai ketebalan media sudah dirasa cukup.
  2. Atau kalau kamu pengen ditaruh di pot tanaman maka taruh sabut kelapa yang sudah direnggangkan ke dalam pot.
  3. Kuatkan media tanam sabut kelapa yang sudah digabungkan dengan bibit anggrek dengan mengikat tali atau kawat bendrat.
  4. Taruh bibit anggrek yang ditanam di sabut kelapa itu pada tempat yang bercahaya.

4. Cara Merawat Tanaman Anggrek dengan Media Tanam Dari Sabut Kelapa

 

Kalau kamu sudah selesai menanam bunga anggrek di sabut kelapa. Maka tinggal kamu pelajari dan praktekkan saja cara perawatan bunga anggrek di sabut kelapa ;

  1. Penyiraman tanaman dilakukan dua kali pada dan sore hari menyesuaikan situasi kondisi cuaca serta lingkungan
  2. Pemupukan dilakukan pada 30 HST, bisa menggunakan pupuk NPW Slow Release secara langsung pada media tanam dan pupuk Gromore diberikan 3 minggu sekali dengan dosis 5 gram per liter.
  3. Kalau tanaman anggrek terkena hama atau penyakit maka semprotkan fungisida sebulan sekali dengan dosis 5 gram per liter.
  4. Media tanam dari sabut kelapa wajib kamu ganti 6 bulan sekali supaya tanaman anggrek bisa tumbuh lebih maksimal.

Sabut Kelapa Juga Bisa Dijadikan Produk Coco Mesh atau Jaring Sabut Kelapa

Cocomesh atau jaring sabut kelapa adalah salah satu produk olahan sabut kelapa yang berupa jaring yang terbuat dari tali tambang sabut kelapa. Gunanya buat apa? Gunanya buat ditaruh ke lereng tanah untuk mengurangi terjadinya erosi atau pengikisan tanah oleh angin dan air hujan.

Selain mengurangi erosi, ini digunakan juga sebagai media tanam kembali atau penghijauan kembali areal gersang bekas tambang. Di Indonesia sendiri yang jual cocomesh sudah ada banyak, sebab pertambangan dan tanah gersang di Indonesia juga banyak, jadi memerlukan banyak produk seperti ini.

Nah, seperti itu saja tadi Cara Membuat Media Tanam Anggrek Dari Sabut Kelapa yang Mudah. Semoga kamu bisa paham dan berhasil mempraktekkannya, terima kasih.

Leave a Comment

Your email address will not be published.