Cara Membuat Media Tanam Anggrek dari Sabut Kelapa

cara membuat media tanam anggrek dari sabut kelapa

Halo bertemu lagi dengan saya yang pada artikel ini akan membahas mengenai cara membuat media tanam anggrek dari sabut kelapa. Bentuk dan warna yang dimiliki oleh tanaman anggrek sangat mempesona menjadikannya sebagai salah satu tanaman hias sebagaimana primadona dikalangan pencitanya.

Bunga satu ini mempunyai varietas yang sangat beragam, kurang lebih ada 20.000 spesies dan ditambah dengan silangan hibrida sekitar 1.000 jenis yang sudah tersebar luas di kawasan tropika basah hingga dengan wilayah Sirkumpolar.

Tanaman satu ini memiliki ciri – ciri yang sangat khas sebagai berikut, yaitu punya warna yang beraneka ragam dan cerah, akar serba guna, dan bentuk fisik yang mirip dengan serangga.

Tanaman anggrek merupakan salah satu jenis bunga atau tanaman hias yang bisa hidup dengan cara menumpang pada pohon lain, dan tidak akan menganggu pertumbuhan pohon inangnya dan yang pasti tidak tergolong sebagai jenis tanaman parasite.

Tidak sedikit diantara kalian pasti sudah pernah menjumpai tanaman ini tumbuh di pohon atau tanaman besar lainnya, contoh umumnya pada pohon kelapa. Untuk membudidayakan Bunga Angrrek sendiri tidak lah terlalu sulit, salah satu teknik yang bisa Anda gunakan adalah dengan cara memanfaatan sabut kelapa.

Berikut adalah Cara Membuat Media Tanam Anggrek dari Sabut Kelapa

cara membuat media tanam anggrek dari sabut kelapa

Mungkin diantara kalian masih kebingungan dengan bagaimana cara menjadikan sabut kelapa sebagai media tanam bagi bunga yang biasa disebut dengan nama latin Orchidaceae ini.

Dengan cara menggunakan teknik secara benar dan adanya perawatan secara berkala atau teratur bisa lebih mudah menghasilkan tanaman anggrek yang memiliki nilai ekonimi tinggi serta dapat menjadi salah satu pundi-pundi uang untuk pembudidayanya.

Untuk cara mengolah sabut kelapa dengan media tanam anggrek cukup lah mudah, dan yang pasti tidak akan  memerlukan banyak perlengkapan. Tak perlu panjang lebar, langsung saja dibawah ini akan dijelaskan cara membuat sabut kelapa untuk media tanam anggrek, berikut adalah langkah – langkah yang perlu dilakukan :

  1. Menyiapkan dan Memilih Sabut Kelapa yang Sesuai

Untuk mendapatkan media tanam yang baik dan cocok untuk digunakan pada tanaman anggrek, sebaiknya menyiapkan serta memilih sabut kelapa yang sudah tua. Sesudah mendapatkan bahannya, langkah selanjutnya yaitu dengan merendam sabut kelapa kedalam larutan fungisida terlebih dahulu sebelum akan menempatkan tanaman anggrek di media tanam (sabut kelapa).

Perendaman dengan cara menggunakan larutan fungisida bertujuan supaya media tanam tidak akan mudah untuk terjangkit jamur. Apabila terdapat sabut kelapa dengan ukuran yang terlalu besar, ada baiknya dipotong dan disesuaikan dengan kebutuhan tanaman anggrek yang akan ditanam.

Setelah sudah dipotong sesuai dengan kebutuhan, Anda juga harus melakukan pembersihan kulit sabut kelapa, hal ini berfungsi untuk membersihkan kandungan zat yang bisa menghambat proses pembungaan dan pertumbuhan Bunga Anggrek. Zat yang dimaksud tersebut ada pada bagian dari sabut kelapa.

  1. Perendaman Sabut Kelapa

Cara mengolah dan membuat sabut kelapa untuk media tanam anggrek salanjutnya yang tidak kalah mudah seperti Cara Membuat Taman Bunga dengan Plastisin dengan melakukan perendaman. Perendaman disini bisa dilakukan dalam dua tahapan, tahapan pertama yaitu hanya cukup dengan menggunakan air bersih sedangkan tahap kedua yaitu bisa menggunakan larutan khusus yang berupa cairan (larutan) fungisida.

Pada perendaman tahapan pertama, dibutuhkan dalam kurun waktu kurang lebih selama 6 jam. Sebelum akan melakukan perendaman jangan lupa untuk membersihkan pada bagian sabut kelapa terlebih dahulu.

Setelah proses perendaman menggunakan air bersih dan sesuai dengan waktu yang sudah disebutkan tadi usai, langkah berikutnya yaitu dengan mengangkat sabut kelapa kemudian dipukul – pukul menggunakan kayu, palu, atau benda padat yang lainnya.

Cara ini bertujuan supaya serat sabut kelapa bisa dengan dengan lebih terbuka. Setelah perendaman tahap pertama sudah selesai, langsung masuk pada tahap perendaman tahap dua dengan menggunakan larutan fungisida.

Penggunaan larutan fungisida tersebut akan berfungsi untuk membersihkan kandungan zat (terdapat pada  bagian sabut kelapa) yang bisa menghambat proses pembungaan dan pertumbuhan pada Bunga Anggrek. Setelah dirasa sudah steril, langkah yang diambil yaitu dengan mengeringkan sabut kelapa.

  1. Pengeringan Sabut Kelapa

Proses ini cukup mudah untuk dilakukan sama halnya dengan Cara Menanam Jambu Mete Dirumah adalah mengeringkan sabut kelapa yang sudah direndam selama 2 kali tahapan tadi. Karena sabut yang akan menjadi media tanam untuk Bunga Anggrek tidak bisa begitu saja langsung disatukan dengan tanaman.

Untuk proses pengeringan tidak akan membutuhkan waktu yang lama-lama, jika dirasa sabut telah terlihat lumayan kering dan masih cukup lembab ahkiri saja tahap pada pengeringan.

  1. Penanaman Anggrek

Setelah media tanam sudah siap untuk digunakan, lilitkan bibit bunga anggrek yang sudah Anda siapkan pada sabut kelapa. Umumnya, bibit Bunga Anggrek dengan menggunakan media tanam sabut kelapa biasanya akan dimasukkan kedalam pot, baik pot biasa ataupun dengan pot gantung.

Hal lain yang sekiranya harus diperhatikan juga yaitu dengan meletakkan pot di area yang tidak langsung terpapar oleh cahaya matahari.

  1. Perawatan Anggrek

cara membuat media tanam anggrek dari sabut kelapa

Cara mengolah sabut kelapa pada media tanam anggrek yang mudah selanjutnya yaitu dengan melakukan perawatan, untuk perawatan tanaman anggrek bisa dengan menggunakan media tanam sabut kelapa tidak lah sulit, yaitu hanya cukup dengan melakukan penyiraman bunga setiap pagi dan sore hari menggunakan embrat atau yang sejenisnya.

Bukan cuma itu saja, Anda juga harus memperhatikan sabut kelapa yang terlalu basah dan sudah terlalu lapuk, ini bertujuan agar tetap menjaga pertumbuhan pada Bungga Anggrek supaya berkembang dengan baik.

Bila diperlukan sabut kelapa sebagai pengganti, cara penyiapannya tidak berbeda dengan yang sudah diterangkan di atas yaitu dengan menyiapkan sabut kelapa, dibersihkan, lalu direndam.

Jika dirasa harus dan menambah kesuburan tanaman, lakukan pemupukan secara rutin dan berkala. Agar bunga anggrek Anda tidak akan mudah lapuk, sebaiknya hindari tanaman untuk sering terkena air, khususnya pada musim hujan.

Selain bisa dijadikan sebagai media tanam untuk tanaman anggrek, sabut kelapa ini juga punya produk olahan yang lainnya. Dan itu cocomesh, produk olahan dari limbah sabut kelapa, yang akan dijadikan jaring sabut kelapa. Saat ini juga sudah dapat ditemukan banyak yang jual cocomesh.

Manfaat dari cocomesh sendiri yaitu untuk media penghijauan di lahan bekas tambang, memperkuat material di atas tebing, membantu memperkuat rel kereta api, bahan mencegah erosi, memperkuat tebing jalan atau jembatan, bahkan bisa digunakan untuk pengerasan jalan. Anda juga sangat bisa dengan menemukan yang jual cocomesh ini di offline ataupun online store.

Demikian yang bisa saya jelaskan tentang cara membuat media tanam anggrek dari sabut kelapa. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan lebih membantu Anda dalam membuat media tanam anggrek dari sabut kelapa. Sekian dan terimakasih.

Leave a Comment

Your email address will not be published.