Cara Membuat Laksa

Cara membuat laksa, laksa adalah makanan berjenis mie yang ditaruh bumbu dengan kebudayaan Peranakan, yang digabung dengan elemen Tionghoa dan Melayu. Laksa mempunyai beberapa jenis, yang paling dikenal adalah yang berjenis Laksa Penang, bentuk mienya bulat putih dan sedikit tebal.

Di Indonesia juga terdapat beberapa jenis laksa seperti Laksa Bogor dan Laksa Betawi. Nama Laksa diambil dari bahasa Sanskerta yakni ‘laksha’ yang mempunyai arti banyak, menunjukkan bahwa mie laksa dibuat dengan berbagai bumbu. Mesin pengupas kelapa.

 

Jenis-Jenis Laksa

1. Laksa Kari

Laksa kari adalah sajian laksa yang menggunakan campuran santan. Laksa kari punya rasa yang pedas. Biasa ditemukan di kawasan Malaka, Perak, Negeri Sembilan, dan Johor di Malaysia. Laksa kari juga disebut sebagai katong laksa di Singapura.

Sementara di Indonesia, laksa kari biasa dikenal sebagai laksa betawi, laksa cibinong, dan laksa bogor. Setiap daerah menggunakan bahan-bahan yang berbeda. Misalnya, ada yang menggunakan daun jeruk perut, daging ayam, atau bahkan ikan gabus.

Sup mi khas China yang diadaptasi jadi laksa ini sebelumnya tak punya banyak rasa yang kuat. Maka dari itu perempuan lokal mulai menambahkan santan ke dalamnya.

Menurut Asian Inspirations, laksa kari juga sering disebut sebagai curry mee karena sering dibuat menggunakan tambahan mi berwarna kuning, tidak hanya bihun.

Rasanya berkrim, tajam, dan pedas. Laksa kari tak hanya terdiri dari bihun, melainkan juga sering dipenuhi dengan bola-bola ikan, tahu, serta udang dan/atau ayam.

2. Laksa Siam

Laksa siam bisa ditemukan di Thailand. Laksa yang satu ini menggunakan santan dan juga rasa khas Thailand, seperti pasta kari merah yang membuat rasa laksa jadi sangat pedas.

Laksa siam juga bisa ditemukan di Penang. Sedikit berbeda dari laksa kari, jumlah santan yang digunakan dalam laksa siam jauh lebih banyak. Sehingga rasa laksanya jauh lebih creamy.

3. Laksa Assam

Sementara laksa assam bisa ditemukan di Penang, Malaysia. Laksa assam, seperti namanya, menggunakan tambahan asam jawa yang membuatnya punya rasa asam yang segar tapi tanpa tambahan santan.

Laksa assam hampir sama dengan laksa siam dalam hal bahan dan bumbu. Perbedaannya hanya terletak pada penggunaan santan. Namun begitu, rasa laksa assam tetap sangat kuat walaupun lebih ringan.

 

Cara Membuat Laksa

1. Laksa Ayam

Bahan-Bahan :

– 1/4 ekor ayam
– 1/4 lemon/jeruk nipis
– 2 batang serai, memarkan
– 4 lebar daun salam
– 4 lebar daun jeruk
– 1 ruas jahe, memarkan
– 1,5 liter air
– 100 ml susu UHT
– 65 ml santan instan
– Minyak goreng
– Gula dan garam secukupnya

Bumbu Halus :

– 5 siung bawang merah
– 12 siung bawang putih
– 5 ruas kunyit
– 9 butir kemiri

Bahan Pelengkap :

– Oncom, goreng lalu hancurkan
– Ayam suwir
– Telur rebus
– Emping
– Daun kemangi
– Tauge
– Sambal
– Kecap manis
– Jeruk limau
– Acar timun
– Cabai bubuk
– Bihun/soun, rebus kemudian tiriskan
– Bawang goreng

Cara Membuat :

1. Cuci bersih ayam, lumuri lemon. Diamkan 15 menit. Bilas.
2. Rebus ayam dengan 1,5 liter air. Masukkan daun salam, daun jeruk, jahe, serai. Masak dengan api kecil sampai mendidih.
3. Tumis bumbu halus dengan minyak sampai harum. Masukkan ke dalam panci berisi ayam.
4. Masak sampai matang. Masukkan gula dan garam. Koreksi rasa.
5. Angkat ayam, goreng lalu suwir-suwir.
6. Masukkan santan dan susu ke dalam panci berisi kuah laksa. Aduk rata. Masak sampai mendidih. Matikan api.
7. Tata bihun, ayam, tauge, kemangi, oncom, telur di atas mangkok. Siram kuah laksa panas2. Taburi emping dan bawang goreng.
8. Tambahkan acar, sambal, cabai bubuk, kecap manis dan jeruk limau

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *