Cara Membuat Kulit Singkong Menjadi Keripik yang Sehat dan Lezat!

cara membuat kulit singkong menjadi keripik

Apa kamu tahu apa aja olahan kulit singkong? Kulit singkong bisa diolah? Jika kamu belum tahu, kulit yang ada pada singkong bisa diolah menjadi berbagai macam makanan. Kamu tidak salah baca kok, iya kulit singkong yang sering dianggap sebagai limbah ternyata bisa diolah menjadi makanan yang enak. Cara membuat kulit singkong menjadi keripik bisa kita pelajari karena prosesnya mudah. Daripada bingung yuk kita pelajari cara membuatnya

Olahan Kulit Singkong

cara membuat kulit singkong menjadi keripik

Beraneka macam olahan kulit singkong yang bisa kamu buat. Berikut ini contoh olahan yang berbahan dasar kulit singkong, diantaranya sebagai berikut :

  • Keripik Kulit Singkong
  • Tumis  Kulit Singkong Kadedemes
  • Seblak Pasta Kulit Singkong.
  • Gongso Tetelan Kentang Kulit Singkong.
  • Tumis Kulit Singkong Kemangi.
  • Oseng Kulit Singkong.
  • Crispy Kulit Singkong

Di atas tadi sudah disebutkan apa saja olahan kulit singkong, karena sampai sekarang sebagian besar orang menganggap kulit singkong adalah limbah. Sebagian yang lain juga menganggap kulit singkong sebagai pupuk kompos. Jarang orang yang mengetahui cara mengolah kulit singkong menjadi makanan.

Kulit singkong diolah jadi makanan? Memangnya bisa? Kita lebih mengenal dengan hidangan dari akar singkong yang dipotong tipis tipis menggunakan mesin pemotong atau biasa kita sebut keripik singkong. Olahan singkong yang ini lebih terkenal dan dikenal.

Bagi kamu yang masih terasa asing dengan olahan kulit singkong, sebenarnya kulit singkong bisa dimasak menjadi berbagai macam hidangan. Ada banyak jenis makanan yang berbahan baku kulit singkong baik yang dijual di pasaran atau yang dikonsumsi oleh kebanyakan masyarakat.

Olahan dari kulit singkong yang sudah mulai berkembang dan hampir menyaingi keripik singkong adalah kulit singkong. Kulit singkong yang dimasak menjadi keripik kulit singkong sudah mulai banyak di pasaran dibanding olahan bagian singkong selain akarnya.

Cara Membuat Kulit Singkong Menjadi Keripik

Cara membuat kulit singkong menjadi keripik bisa dibilang tidak terlalu sulit. Seperti yang dijelaskan di atas, kulit singkong bisa diolah menjadi beragam hidangan. Olahan dari singkong sendiri ada banyak jumlahnya, salah satunya keripik singkong  bungkus yang dijual di toko-toko. Cara membuat kulit singkong menjadi keripik hampir sama dengan memasak keripik dari akar singkong.

Olahan keripik kulit singkong bisa dibilang tahan lama jika penyimpanannya benar dan rasanya enak. Hal ini bukan berarti olahan singkong yang lain memiliki rasa yang tidak enak. Berikut ini beberapa cara membuat kulit singkong menjadi keripik yang bisa kamu coba di rumah atau dijadikan sebagai ide jualan, antara lain :

Keripik Kulit Singkong Balado

Bahan-bahan :

  • Kulit singkong dari 1 kg singkong
  • 1/2 bungkus tepung serbaguna (me Sasa)
  • Garam
  • Minyak goreng
  • Bumbu balado

Cara Membuat :

  1. Langkah pertama, cuci kulit singkong hingga bersih, masukkan ke dalam wadah atau panci beri air dan garam. Kemudian rebus kulit singkong sampai lunak. Setelah kulit singkong tadi lunak angkat dan tiriskan sambil biarkan sebentar supaya dingin atau sampai adem
  2. Yang kedua, potong bentuk stik (di sarankan) atau bisa juga sesuai selera. Masukkan potongan itu tadi ke dalam wadah bertutup atau toples dan masukkan tepung serbaguna , kocok agar keduanya tercampur rata.
  3. Ketiga, panaskan minyak. Setelah minyak tersebut panas masukkan kulit singkong dan goreng dengan api sedang sambil terus diaduk – aduk. Ketika menggoreng jangan ditinggal supaya hasilnya tidak gosong, setelah kecoklatan atau keemasan angkat dan tiriskan
  4. Jika keripik sudah matang campurkan bumbu balado bubuk sampai keduanya tercampur rata
  5. Sajikan

Itu tadi penjelasan mengenai cara membuat kulit singkong menjadi keripik yang mudah, sehat dan lezat. Semoga bermanfaat!

Leave a Comment

Your email address will not be published.