Cara Membuat Ampal Jagung Praktis yang Higienis dan Menyehatkan

cara membuat ampal jagung praktis

Pada artikel kali ini perkenankanlah saya untuk membahas bagaimana Cara membuat ampal jagung praktis. Sebenarnya apa sih ampal jagung itu? terus bagaimana sih cara membuatnya, pasti penasaran bukan, makanya kalau ingin tahu simaklah artikel berikut ini!

Pasti kalian sudah tidak asing lagi dengan makanan kali ini. Makanan ini namanya Ampal Jagung atau kalau didaerah kalian ada yang menyebutnya dengan Bakwan Jagung. Ampal jagung/bakwan jagung ini sering sekali dibuat karena mudah dan tidak memerlukan waktu yang banyak, makanan ini biasanya disandingkan dengan teh kadang juga dengan kopi yang sangat cocok sekali saat musim hujan. Ngomong-ngomong tentang jagung, saya ingin membahas sedikit tentang jagung simaklah berikut ini!

Jagung

1. Akar

Sistem perakaran tumbuhan jagung terdiri atas 4 macam akar, meliputi: akar utama, akar cabang, akar lateral, dan akar rambut. Sistem perakaran ini berguna untuk alat mengisap air dan garam-garam mineral yang berada di dalam tanah, mengeluarkan zat organik dan senyawa yang tidak diperlukan dan alat pernapasan.

Akar tumbuhan jagung juga merupakan dalam akar serabut yang panjangnya bisa sampai kedalaman sekitar 8 M walaupun sebagian besar yang berada di kisaran 2 M. Untuk tumbuhan yang telah dewasa akan muncul akar adventif dari batang bagian bawah yang bisa membantu menyangga tegaknya tanaman.

2. Batang

Batang tumbuhan jagung tegak dan sangat mudah terlihat sama tanaman sorgum dan tebu, namun tidak sebagai padi atau gandum. Batang tanaman jagung bentuknya beruas-ruas dengan jumlah ruas yang beraneka ragam antara 10-40 ruas. Tanaman jagung pada umumnya tidak bercabang. Panjang batang jagung biasanya berkisar mencapai sekitar 60-300 cm, tergantung pada jenis jagung. Batang jagung biasanya cukup kuat namun tidak banyak mengandung lignin.

3. Daun

Daun jagung terkandung daun sempurna di mana yang pada umumnya berbentuk memanjang, dan di antara pelepah dan helai daun terdapat ligula. Tulang daun sejajar dengan ibu tulang daun. Pada permukaan daun sebagian ada yang licin dan ada juga yang permukaan daunnya berambut. Setiap stoma dikelilingi sama sel-sel epidermis yang berbentuk kipas. Struktur ini berfungsi penting dalam merespon tanaman menanggapi defisit air pada sel-sel daun.

4. Bunga

Tumbuhan jagung mempunyai bunga jantan dan bunga betina yang telah terpisah (diklin) dalam satu tumbuhan atau pohon (monoecious). Setiap kuntum bunga mempunyai struktur khusus bunga dari suku Poaceae, yang disebut dengan floret. Bunga jantan berkembang di bagian puncak tanaman, berupa karangan bunga (inflorescence). Serbuk sari memiliki warna kuning dan juga mempunyai aroma yang khas. Bunga betinanya tersusun dalam tongkol yang berkembang di antara batang dan pelepah daun. Biasanya, satu tanaman cuma bisa menghasilkan satu tongkol produktif walaupun mempunyai beberapa bunga.

5. Buah

Buah jagung sendiri terdiri dari tongkol, biji serta daun pembungkus. Biji jagung juga mempunyai bentuk, warna, juga kandungan endosperm yang bervariasi, bergantung pada jenisnya. Pada umumnya buah jagung mencakup semua barisan yang telah melekat secara lurus atau berbelok-belok dan mungkin bisa berjumlah sekitar 8-20 baris biji. mesin perontok jagung

Kandungan Gizi Dalam Jagung

Jagung adalah tanaman yang mengandung banyak kandungan nutrisi baik. Pada biji Jagung yang utuh mengandung serat, vitamin, mineral dan antioksidan sehingga banyak yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Biji jagung banyak akan karbohidrat. Sebagian besar berada pada endosperma. Kandungan karbohidrat bisa mencapai 80% dari seluruh bahan kering biji.

Bentuk pati yang akan kaya karbohidrat pada umumnya berupa campuran amilosa dan amilopektin. Untuk jagung ketan, patinya sebagian besar atau semuanya adalah amilopektin. Perbedaan ini tidak banyak berakibat pada kandungan gizi, namun lebih berarti dalam pengolahan sebagai bahan pangan. Amilopektin mengandung lebih sedikit pada jagung manis namun mengalami peningkatan fitoglikogen dan sukrosa. mesin perontok jagung

Cara Membuat Ampal Jagung Praktis

Berikut bahan bahan yang dibutuhkan pada saat membuat ampal jagung dan langkah langkah pembuatannya.

Bahan :

  • 2 buah jagung ukuran besar, sisir dan hancurkan setengah kasar
  • 1 batang daun bawang, iris halus
  • 1 batang seledri, iris halus
  • 1/2 sendok teh merica bubuk
  • 3 sendok makan tepung terigu
  • 1 sendok makan tepung beras
  • 1/4 sendok teh baking powder
  • 1 butir telur
  • Garam secukupnya
  • Minyak untuk menggoreng

Bumbu Halus :

  • 2 siung bawang putih
  • 4 siung bawang merah
  • 5 buah cabai merah (sesuaikan)

Cara Membuat Ampal Jagung :

  1. Campurkan jagung dengan bumbu halus, telur, daun bawang, seledri, merica dan garam. Aduk rata.
  2. Tambahkan tepung terigu, tepung beras dan baking powder. Aduk sampai semua tercampur rata.
  3. Goreng dengan minyak panas dan api sedang sampai matang dan berwarna keemasan. Angkat dan tiriskan.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *