Cara Kerja Backlink, Pengertian dan Manfaatnya!

cara kerja backlink

Apa sih yang dimaksud backlink? Backlink termasuk salah satu aspek penting yang bisa menentukan posisi website di penelusuran mesin pencari. Alhasil, pertanyaan tentang apa itu backlink dan bagaimana cara kerja backlink kerap kali melintas di kepala sebagian besar blogger maupun web developer.

Mempelajari dan memahami konsep backlink memang terbilang tidak gampang. Hal tersebut terjadi karena selalu saja ada aturan dari Google yang membatasi setiap gerak-gerik yang dinilai bisa merugikan banyak orang. Salah satunya yaitu kehadiran algoritma Google Penguin yang diplot untuk bisa menurunkan peringkat situs dengan jumlah backlink spam yang tidak relevan.

 

Apa Yang Dimaksud Backlink?

Backlink yaitu link yang dibuat dari satu website ke website lainnya. Mesin pencari seperti Google akan menggunakan kualitas dan jumlah backlink sebagai sinyal peringkat. Akibatnya, memperoleh backlink merupakan strategi mendasar dalam SEO.

Saat ini, hampir tidak mungkin untuk bisa menempati peringkat teratas untuk kata kunci dengan volume pencarian tinggi dan daya saing di halaman hasil (SERP). Mesin pencari memahami backlink sebagai rekomendasi. Lagi pula, jika situs lain telah menautkan ke situs Anda, ia yakin bahwa konten yang Anda miliki berkualitas.

Jadi, dengan setiap tautan yang diterima, situs akan memperoleh otoritas . Semakin besar otoritas Anda, maka semakin besar peluang Anda untuk mencapai peringkat yang baik. Tetapi apakah cukup hanya dengan menerima backlink dari situs mana pun untuk mendapatkan otoritas? Tentu tidak.

Cara Kerja Backlink

Backlink

Banyak yang bertanya bagaimana cara kerja backlink. Kinerja backlink ini tentunya tidak terlepas dari pengertian backlink tersebut. Cara kerja backlink pun mudah dipahami contohnya adalah website A, website B, website C memiliki backlink yang mengarah ke situs Anda. Otomatis ketika pengunjung website A, B, dan C ini melakukan klik pada link tersebut mereka bisa menuju ke website Anda. Ketika hal tersebut terjadi berulang-ulang tentunya akan menguntungkan bagi website Anda karena traffic menjadi meningkat.  Saat traffic meningkat peringkat website Anda di mesin pencarian juga ikut meningkat. Tidak cukup sampai di situ saja, dengan banyaknya visitor yang mengunjungi website Anda potensi terjadi PPC menjadi lebih besar sehingga penghasilan meningkat. Jika Anda berjualan online maka peluang untuk closing bisa jauh lebih besar.

 

Manfaat Backlink

backlink

1. Meningkatkan Lalu Lintas Website

Manfaat backlink yang mungkin berdampak langsung yaitu mampu meningkatkan lalu lintas website. Dalam hal ini, manfaatnya juga bisa menjadi dua kali lipat. Sebagai permulaan, semakin banyak situs lain menautkan halaman mereka ke situs web Anda, maka semakin banyak peluang yang Anda miliki untuk mendapatkan lebih banyak klik dari penggunanya. Ini biasanya disebut dengan lalu lintas rujukan.

Coba Anda bayangkan, jika sebuah situs populer akan mengulas topik yang berhubungan dengan bisnis Anda, dan mereka menempatkan tautan disana bahwa situs Anda sebagai ahli dalam hal tersebut. Pengguna cenderung akan terdorong untuk mengetahui lebih dalam, dan click! Mereka segera meluncur ke halaman website yang Anda miliki.

Kedua, backlink ini juga meningkatkan skor keahlian, otoritas dan juga kepercayaan yang berdampak pada domain website Anda. Semakin tinggi skor otoritatif, tepercaya, dan ahli contohnya mesin pencari seperti Google maka akan menghargai website Anda.

Dampaknya sangat jelas, semakin tinggi peringkat situs Anda dalam hasil mesin pencari. Dengan semakin baik peringkat maka akan semakin banyak lalu lintas yang akan Anda dapatkan.

2. Peringkat Pencarian Lebih Baik

Backlink mampu mendorong peringkat pencarian yang bisa lebih baik dalam kaitannya dengan lalu lintas web. Saat situs yang relevan memberi Anda backlink, ini merupakan sinyal yang diperhitungkan Google atau mesin telusur lain untuk digunakan saat memeringkat situs mereka.

Jadi, jika situs besar otoritas tinggi yang mengulas topik yang terkait dengan bisnis Anda, dan menautkannya ke situs Anda, ini menandakan otoritas Anda pada subjek yang dibahas tersebut. Semakin otoritatif dan relevan situs yang menautkan, semakin bisa mengarah ke peringkat pencarian yang lebih baik untuk situs Anda sendiri. Google sendiri mengkonfirmasi bahwa terdapat dua faktor peringkat paling penting yaitu kualitas konten dan tautan masuk.

3. Metrik Situs dan Skor SEO Menjadi Lebih Tinggi

Metrik dan Skor merupakan cara yang biasa digunakan oleh orang dalam mengukur seberapa besar situs Anda dalam konteks SEO. Domain Authority (DA) adalah salah satu metrik SEO yang ternyata banyak  digunakan. Ini merupakan metrik versi MOZ.

Saat pihak ketiga berencana ingin melakukan kerja sama, beberapa akan mengukur metrik ini. Sebagai pengukur seberapa bagus website terkait, ini bahkan menjadi faktor yang dapat diperhitungkan sebagai harga jual untuk berbagai jenis kerjasama.

Sebagai contoh, jika pihak ketiga berencana untuk melakukan posting tamu berbayar pada situs yang Anda miliki, maka metrik ini akan menentukan apakah Anda akan dibayar mahal atau murah.

4. Kredibilitas dan Reputasi yang Lebih Baik

Ketika website besar dan otoritatif menautkan halaman mereka ke website Anda maka menjelaskan bagaimana backlink membantu membangun kredibilitas dan reputasi Anda. Jika Anda menjelajahi situs populer yang telah Anda andalkan untuk mendapatkan informasi selama ini, maka secara otomatis Anda bisa mempercayai apa yang mereka sampaikan. Kemudian, ketika website terpercaya itu membagikan tautan ke situs lain, Anda akan lebih cenderung akan mempercayai situs yang mereka tautkan.

Ini sangat membantu Anda untuk mempromosikan kredibilitas dan reputasi situs sendiri ketika Anda bisa mendapatkan sebanyak mungkin tautan seperti ini. Tetapi ini juga menunjukkan mengapa tautan dari situs berperingkat tinggi dan terpercaya sangatlah penting. Disini sudah jelas bahwa manfaat backlink mampu mempengaruhi audiens dalam membangun brand image bisnis Anda.

5. Meningkatkan Peluang Penjualan dan Pendapatan

Kemungkinannya yaitu Anda terpapar pemasaran influencer setiap hari, hanya dari menjelajahi blog yang Anda suka, membuka aplikasi Instagram Anda, atau menggunakan media sosial apa pun.

Saat Anda melakukan tindakan tersebut, Anda akan sering melihat tautan ke situs lain, yang mendorong Anda untuk memeriksanya. Ini merupakan salah satu bentuk pemasaran influencer, dan juga manfaat backlink membantu Anda meningkatkan peluang penjualan dan pendapatan.

Ketika backlink tautan mengarah ke situs Anda, orang bisa mengunjungi situs Anda. Itu berpotensi membeli produk atau layanan Anda, dan secara otomatis mengarah ke lebih banyak peluang menghasilkan pendapatan untuk Anda.

6. Meningkatkan Hubungan dan Juga Jaringan di Niche Anda

Janganlah mengabaikan pentingnya membangun hubungan dan jaringan di dalam niche Anda. Dan ini juga salah manfaat backlink yang cukup penting.

Strategi link yang baik juga berdampak yaitu terjadi hubungan timbal balik. Untuk pemasar di Niche yang sama dapat bertukar tautan satu sama lain, sehingga mereka berdua bisa menuai hasil dari lebih banyak lalu lintas, otoritas, dan manfaat lain dari pembuatan tautan.

Tidak hanya hubungan ini membantu untuk mengembangkan bisnis Anda, tetapi juga ada manfaat pribadinya. Terhubung dengan pemilik bisnis yang berpikiran sama di niche Anda, dapat berarti Anda memiliki ide-ide baru, dan juga memberi Anda kesempatan untuk dapat belajar langsung dari orang-orang yang telah mencapai tingkat kesuksesan yang Anda harapkan.

7. Pasif Income

Menghasilkan uang dari website Anda merupakan hal yang sangat bagus. Tetapi yang lebih baik lagi jika mendapatkan penghasilan pasif dari website Anda. Itu berarti Anda sudah siap untuk mendapatkan uang tanpa perlu terus-menerus dan terlibat langsung dalam menghasilkannya.

Ketika ada lebih banyak tautan di luar sana yang mengarah ke website tempat Anda menjual produk, layanan, atau bahkan menghasilkan pendapatan iklan, itu berarti ada lebih banyak peluang bagi Anda untuk mendapatkan uang dari tautan ini.

8. Meningkatkan Otoritas

Ketika situs Anda memiliki otoritas domain yang lebih tinggi, itu akan muncul lebih tinggi di hasil mesin pencari.

Contohnya saja, mari kita pertimbangkan dua website yang menawarkan layanan yang hampir sama. Tetapi, seseorang memiliki otoritas domain yang jauh lebih tinggi karena sudah memiliki lebih banyak backlink dan strategi membangun tautan yang lebih baik.

Baca juga : cara kerja seo on page

9. Lalu Lintas Rujukan Berkelanjutan dan Berkelanjutan

Ada banyak bentuk pemasaran digital yang dapat berjalan dengan sendirinya atau memerlukan pembaruan rutin supaya berhasil.

Contohnya, jika Anda menyiapkan Iklan Facebook selama 30 hari, Anda harus mengambil tindakan di akhir 30 hari tersebut. Anda bisa memutuskan untuk menghentikan iklan sama sekali, mengubahnya dan menjalankannya lagi, atau bahkan memulainya dari awal.

Tetapi dengan backlink yang berkualitas tinggi, Anda bisa menghasilkan lalu lintas rujukan yang berkelanjutan tanpa perlu memperbarui tautan. Ini berarti Anda bisa terus menuai keuntungan sepanjang tautan itu ada.

10. Visibilitas dan Eksposur Lebih Baik

Visibilitas dan keterpaparan bisa membuat atau menghancurkan tidak hanya strategi membangun tautan Anda, tetapi juga strategi pemasaran digital Anda secara keseluruhan.

Tautan cenderung akan menghasilkan nilai. Jadi, semakin terlihat merek Anda dan website Anda melalui backlink di situs lain, semakin besar kemungkinan Anda untuk mendapatkan lebih banyak lalu lintas dan imbalan lainnya dengan cara ini.

11. Meningkatkan Skor Kepercayaan

Bergantung pada platform yang Anda bicarakan, skor kepercayaan bisa diberikan dengan nama yang berbeda. Selain skor kepercayaan, metrik ini juga disebut sebagai TrustRank, MozTrust, dan Authority Score.

Terlepas dari itu, sinyal kepercayaan ini dimaksudkan untuk memberi tahu mesin telusur bahwa situs dan konten Anda bisa dipercaya.

Contohnya, situs dengan skor kepercayaan tinggi indikasi bahwa itu bukan situs berisi spam. Sebaliknya, itu akan menjadi situs web yang memberikan nilai, keahlian, dan konten yang baik dan dapat dipercaya oleh pengunjung.

Mengapa ini penting? Karena skor kepercayaan menjadi faktor yang menentukan nilai website Anda. Yang juga akan berpengaruh terhadap harga jual saat Anda berupaya menjangkau mitra dalam beberapa bentuk.

Seperti menjual layanan content placement, guest posting atau Anda berpikir akan menjual tautan dari situs Anda kepada para pekerja SEO yang sedang membangun strategi link building. Perlu Anda ketahui bahwa harga satu tautan di web-web besar seperti detik.com, kompas atau situs besar lainnya, itu bisa mencapai jutaan rupiah.

 

Demikian ulasan tentang pengertian, cara kerja backlink dan juga manfaatnya. Semoga anda mampu menerapkan hal tersebut pada website anda!

Leave a Comment

Your email address will not be published.