Cobain Kuy!!, Cara Buat Permen Gulali Jadul

Artikel tentang cara buat permen gulali jadul dan beberapa pembahasan tentang gulali.

 

Apa Itu Gulali ?
Cara Buat Permen Gulali Jadul

gulali adalah jajanan tradisional di Indonesia yang populer saat era 90an. Namun hingga sekarang, makanan yang terbuat dari bahan baku gula dan berasa manis ini masih saja digemari dan diburu anak-anak zaman sekarang.

Tak hanya rasa yang menjadi daya tarik makanan ini, bentuknya yang dibentuk beraneka ragam juga menjadi pemikat anak-anak untuk membeli dan menyantap jajanan manis tersebut.

Gulali dibuat dari gula yang diberi pewarna makanan. Sebagian besar gulali terdiri dari udara sehingga hasilnya sering kali besar. Sebuah kerucut gulali biasanya mencapai ukuran sebesar bola basket.

Memakan gulali biasanya adalah bagian dari kunjungan ke pasar malam atau sirkus. Warna gulali yang paling populer adalah merah jambu. Favorit yang lain adalah campuran warna merah jambu, ungu dan biru.

Gulali terasa manis dan lengket. Meskipun kelihatan seperti benang wol, gulali segera mencair di dalam mulut. Ia juga berubah menjadi lengket bila terkena uap air.

 

Sejarah Gulali

Cara Buat Permen Gulali Jadul

Ternyata gulali jenis ini punya sejarah panjang loh dimana sudah dikenal oleh bangsa Italia sejak sekitar abad ke-15. Waktu itu seorang koki membuatnya dengan menambahkan caramelize gula murni lalu menggunakan garpu untuk meneteskan sirup di atas gagang sapu.

Dengan suhu permen yang hangat dan lentur, mereka bisa mengambil untaian dengan baik dan mengatur permen kapas ke dalam berbagai bentuk. Lalu pada abad ke-19, ada 2 orang yang diidentifikasi sebagai penemu permen kapas, yaitu William Morrison dan John C. Wharton.

William J. Morrison adalah seorang dokter gigi dari Nashville dimana dia juga seorang pengacara, penulis buku anak-anak, pembuat lemak babi palsu dari biji kapas, pembuat perangkat kimia untuk membersihkan air minum dan pemimpin dalam kegiatan politik.

Lalu bersama dengan John C. Wharton yang merupakan pembuat permen lokal dari Tennessee, di tahun 1897 mereka bekerja sama menciptakan sebuah mesin listrik peleleh gula pasir yang menggunakan gaya sentrifugal untuk mendorong penciptaan kapas-kapas gula. Mesin ini kemudian dipatenkan pada tahun 1899 dan menjadi mesin permen kapas pertama di dunia.

Selanjutnya keduanya memperkenalkan permen kapas pertama kali di St. Louis World Fair – Amerika Serikat pada tahun 1904 dengan nama “Fairy Floss” (benang peri) dan sukses besar.

Mereka berhasil menjual 68.655 kotak dengan harga yang cukup mahal saat itu, yaitu AS$0,25, atau setengah dari harga tiket masuk ke ajang pameran tersebut.

Sejak saat itu permen kapas menjadi populer pada masanya hingga kini dan sering dijajakan di setiap acara karnival, festival, sirkus, dan acara ramai lainnya.

 

Fakta Unik Tentang Gulali

Berikut beberapa fakta unik tentang gulali yang mungkin kamu belum tahu

1. Diperkenalkan oleh seorang dokter gigi

Gulali pertama kali diperkenalkan pertama kali oleh seorang dokter gigi bernama William Morrison dari Nashville, Tennessee, Amerika Serikat. Makanan ini ia buat pada 1897 bersama dengan John C. Wharton.

Mereka berdua menemukan alat untuk melelehkan gula dan membuatnya menjadi gumpalan yang disebut “Fairy Floss”. William memperkenalkan gulali di Pameran Dunia St. Louis 1904, dan berhasil menjualnya sebanyak 68.000 kotak.

2. Asal muasal nama Cotton Candy

Nama cotton candy sendiri berasal dari dr. Josef Lascaux, seorang Dokter Gigi dari New Orleans. Ia memperbaiki desain dan bentuk cotton candy dan memberikan nama tersebut.

3. Memiliki nama yang berbeda setiap negara

Gulali di Amerika biasa disebut cotton candy atau permen kapas. Di Inggris dan India disebut dengan nama candy floss yang berarti permen benang. Di Australia dan Finlandia disebut sebagai fairy floss yang berarti benang peri.

Sedangkan di Prancis dikenal dengan nama papa’s beard yang berarti jenggot papa. Sementara di Yunani dikenal dengan nama old ladies hair yang berarti rambut wanita tua.

4. Sudah ada sejak abad ke 17

Gulali ternyata sudah ada sejak abada ke 17. Dikatakan saat itu seorang koki mengocok gula yang meleleh sehingga membentuk untaian tipis. Namun saat itu, gulali digunakan untuk menghias kue.

5. Hari permen kapas

Tanggal 7 Desember ditetapkan sebagai hari permen kapas di banyak negara, salah satunya Amerika. Biasanya di hari itu diadakan beragam kegiatan yang berhubungan dengan permen manis tersebut.

6. Gulali lebih tipis dari rambut manusia

Helaian gulali ternyata berukuran lebih tipis dari rambut manusia. Alat modern pembuatan gulali menggunakan mesin yang memutar gula serta mengeluarkannya melalui lubang-lubang tipis. Ketika gula tersebut keluar mengenai udara, gula akan mengeras namun ukurannya menjadi sangat tipis.

 

Jangan lupa untuk mampir ke artikel tentang cara membuat permen dari gulali pasir juga ya.

 

 

Cara Buat Permen Gulali Jadul

Cukup mudah lo. Yuk kita simak resep dan cara membuat permen gulali jadul dibawah ini.

Bahan-bahan :

  • 100 gram gula pasir
  • 10 ml air
  • 1 tetes pewarna
  • 1/2 sdt perasan jeruk nipis

Cara Membuat Permen Gulali Jadul :

  1. Campurkan semua bahan, masak dengan api sedang sekitar 7 menit.matikan api
  2. Tunggu dingin sekitar 4 menit. Baru di sentil dengan sumpit/lidi sate

Mudah bukan? Anda dapat mencobannya sendiri dirumah lo. Selamat mencoba dan semoga sukses dengan Permen Jadul Gulali Anda.

 

 

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published.