Barang Daur Ulang Yang Mudah Dibuat

barang daur ulang yang mudah dibuat

Barang daur ulang. Berbagai barang bekas yang sudah tidak dapat digunakan kembali banyak yang terbuang sia-sia dan menjadi sampah yang sulit terurai. Sulitnya sampah yang tidak dapat terurai menjadi ke khawatiran sampah akan terus menumpuk setiap harinya dan berpengaruh buruk pada kenyamanan lingkungan. Membuat kerajinan dari bahan daur ulang  adalah suatu ide yang tepat.

Barang Rumah Tangga yang Bisa Didaur Ulang

Gelas Sekali Pakai

Jika suka menggelar pesta di rumah, maka gelas sekali pakai mungkin akan banyak ditemukan di rumah. Gelas sekali pakai dari bahan styrofoam ini tidak terurai setelah 500 tahun.

Karena itu, ada baiknya menggunakan barang rumah tangga yang bisa didaur ulang ini menjadi pot kecil di kebun, atau menghiasinya sebagai vas.

Anda mungkin juga ingin mengurangi penggunaan alat makan berbahan styrofoam sebagai bentuk peduli terhadap lingkungan dan bumi.

Kaleng Aluminium

Kaleng aluminium juga merupakan salah satu barang rumah tangga yang bisa didaur ulang yang paling umum ada di rumah tangga. Ternyata dapat didaur ulang dengan berbagai cara.

Anda bisa menjual kaleng-kaleng ini ke pengepul barang bekas, hal ini tidak hanya membantu lingkungan, tetapi juga memberikan uang tambahan.

Pakaian

Meskipun sebagian besar tekstil biodegradable (dapat terurai oleh organisme yang berasal dari tumbuhan atau hewan), tetapi tingkat penguraiannya terlalu lambat.

Ketimbang membuang pakaian usang dan sudah ketinggalan zaman, dapat mendaur ulang pakaian sebagai barang rumah tangga yang bisa didaur ulang.

Anda dapat menyumbangkan pakaian bekas ke organisasi amal yang membantu korban bencana, atau dapat mengubahnya menjadi barang-barang dan dekorasi yang lebih modis di rumah.

Botol Plastik

Botol plastik dari bahan PET, adalah salah satu barang rumah tangga yang bisa didaur ulang yang paling umum. Moms bisa menjual ke tempat pembuangan lokal, atau menggunakannya kembali sebagai ornamen yang indah.

Ada berbagai hal yang dapat dilakukan untuk mendaur ulang botol plastik. Misalnya diubah menjadi aksesori cantik, vas, celengan, pot, dan lainnya.

 

Ide Kerajinan Daur Ulang yang Mudah Dilakukan

barang daur ulang yang mudah dibuat

1. Baju Bekas Jadi Sarung Bantal

Ke mana kamu membuang baju yang tidak lagi terpakai? Baju-baju itu biasanya disalurkan ke orang-orang yang membutuhkan, digunakan sebagai lap dapur, atau terbuang begitu saja di tempat sampah. Daur ulang barang bekas sederhana kali ini bisa kamu praktekkan dengan baju kesayangan.

Kamu bisa mengubah baju dan kain yang tidak digunakan lagi menjadi sarung bantal. Caranya mudah, gunting bagian kain yang masih bagus seluas bantal. Jahit tiga sisinya dengan tangan atau mesin jahit. Setelahnya masukkan bantal dan jahit bagian yang masih terbuka.

2. Ban Bekas Jadi Pot Bunga

Jika sebelumnya ban mobil bekas milikmu ditinggalkan begitu saja di bengkel, sekarang saatnya untuk dibawa pulang dan dikreasikan jadi barang bermanfaat. Daur ulang barang bekas sederhana dengan bahan dasar ban bekas kali ini dijamin bikin rumah kamu kelihatan cantik dan segar!

Caranya mudah. Kamu hanya perlu mengecat ban dengan warna favorit, mengikat salah satu sisinya dan segera gantungkan ban di dinding. Jika sudah, kamu tinggal mengisi ban dengan tanah dan menanam kembang/tanaman. Jangan lupa untuk menyiramnya secara teratur agar tanaman tumbuh sehat ya.

3. Botol Bekas Jadi Pot Bunga/Tempat Alat Tulis

Ide daur ulang barang bekas sederhana yang kali ini pasti sudah umum dikenal. Botol plastik bekas minuman kemasan bisa dikreasikan jadi pot bunga atau tempat alat tulis. Untuk pot bunga, kamu tinggal memotong bagian perut botol atau bagian atas botol. Pot bunga dari botol plastik ini nantinya bisa digantung atau diletakkan di bagian rumah yang diinginkan.

Jika kamu ingin membuat tempat alat tulis dari botol plastik bekas, caranya lebih mudah. Hanya perlu memotong botol di bagian tengah, lalu hias bagian botol yang besar dengan cat atau pita. Agar bisa menampung banyak alat tulis, kamu bisa membuat kreasi dari beberapa botol sekaligus dan lalu menempel potongan botol tadi dengan lem serbaguna.

4. Kaleng Bekas Jadi Celengan/Wadah Bumbu Masak

Sering membeli bahan makanan dalam wadah kaleng? Kemasan kalengnya bisa dimanfaatkan kembali lho. Daur ulang barang bekas sederhana dari kaleng ini butuh ketelitian khusus karena bagian kaleng yang dipotong cukup tajam dan bisa berbahaya.

Kaleng bekas bisa dijadikan celengan atau wadah bumbu masak. Jika ingin menjadikannya celengan, kamu tinggal membuat tutupnya dari kain atau kardus bekas dan mengikatnya dengan pita warna-warni. Bagian luar kaleng juga bisa dicat agar celengan terlihat lebih menarik. Untuk bumbu masak, boleh dibolongi kecil-kecil dulu bagian bawah kalengnya agar sirkulasi udara di dalam kaleng lancar dan bumbu tidak cepat rusak karena lembab.

5. Kardus Bekas Jadi Rak Susun/Mainan Anak

Punya banyak stok kardus yang cukup tebal dan kokoh? Kamu bisa coba menyusunnya jadi rak, lho. Agar kelihatan menarik, bisa lapisi lebih dulu bagian luar kardus dengan kertas warna-warni.

Tidak butuh rak? Ide daur ulang barang bekas sederhana dari kardus lainnya adalah, mainan anak! Saat ini cukup banyak orang yang berbagi cara menggunakan kardus sebagai bahan utama mainan anak seperti mobil-mobilan, dapur-dapuran, hingga kamera.

 

Manfaat Membuat Kerajinan Dari Barang Bekas

Banyak sekali hal yang bisa kamu pelajari dari pengolahan kerajinan tangan ini, contohnya fungsi hias dan fungsi pakai. Fungsi pakai yaitu memanfaatkan kembali barang bekas menjadi kerajinan sehingga memiliki keindahan yang menarik, sedangkan fungsi hias lebih terarah seperti keunggulan pemakaiannya. Kerajinan daur ulang ini juga dapat dipelajari oleh setiap orang, contohnya kerajinan miniatur, patung, lukisan, dll. banyak sekali manfaat yang kamu dapat ambil ketika membuat karya kerajinan tangan, diantaranya adalah:

  • Mengisi waktu luang sehingga lebih produktif ketimbang melakukan hal-hal yang kurang bermanfaat.
  • Melatih kecerdasan inovasi dan kreatifitas karena karya tidak langsung bisa dikerjakan, tapi perlu banyak latihan.
  • Memberi rasa kesabaran disebabkan dibutuhkan ketelitian agar menghasilkan karya yang menarik dilihat.
  • Menghemat pengeluaran dan tentunya akan memberikan kesan tersendiri karena pembuatannya murni dari kalian, tidak dibeli di toko manapun.
  • Membuat lapangan bisnis oleh hasil karya tangan ini sangat bisa mendapat nilai jual yang cukup besar.
  • Melatih anak-anak untuk mengikuti aturan sehingga memperoleh hasil yang maksimal.
  • mengasah kemampuan otak motorik anak-anak karena perancangan dan karya yang dibuat memanfaatkan tangan dan mata.
  • membentuk rasa percaya diri untuk membuat sebuah kerajinan dengan tangan sendiri.

Leave a Comment

Your email address will not be published.