Aromanis Arumanis Memiliki Banyak Peminat

Aromanis Arumanis

Pada zaman sekarang, siapa sih yang tidak tahu dengan arum manis? Jajanan yang terkenal dengan rasa khasnya yaitu rasa manis. Bahkan jajanan manis ini sudah ada sejak abad ke-15. Pada zaman tersebut arum manis merupakan makanan yang hanya bisa dinikmati oleh kalangan bangsawan atau yang mempunyai uang saja. Makanan terbuat dari bahan baku gula pasir ini tentu saja sudah tidak asing lagi dengan jajanan yang satu ini. Bagi kamu yang tidak tahu apa itu arum manis, kebetulan sekali berikut ini akan ada pembahasan mengenai aromanis arumanis yang memiliki banyak peminat.

Cikal Bakal Aromanis Arumanis

Aromanis Arumanis

Cotton candy atau di Indonesia lebih dikenal arum manis, ternyata mempunyai sejarah yang cukup panjang dan sudah banyak dikenal oleh bangsa Italia dari abad ke-15. Pada saat itu ada seorang koki yang sedang membuat arum manis lalu menambahkan caramelize gula murni. Kemudian koki tersebut meneteskan sirup dengan menggunakan sebuah garpu. Suhu dari gula pasir yang hangat dan kondisinya sudah meleleh serta lentur, memudahkan koki tersebut untuk mengambil untaian gula yang tipis. Ia kemudian mencetak untaian gula tersebut ke dalam berbagai cetakan.

Pada abad ke-19, terdapat 2 orang yang diyakini sebagai penemu arum manis. Mereka berdua adalah William Morrison bersama dengan sahabatnya yaitu John C. Wharton yang merupakan seorang pembuat permen lokal dari Tennesse. Sedangkan Morrison sendiri merupakan seorang dokter gigi yang berasal dari Nashville dan dia juga adalah seorang pengacara serta penulis buku anak-anak. Selain  itu, Morrison juga seorang pembuat lemak babi palsu yang menggunakan bahan dasar dari biji kapas.

Lalu Morisson bersama dengan John C. Wharton, mereka berdua menciptakan sebuah mesin listrik peleleh gula pasir. Mesin tersebut menggunakan gaya sentrifugal yang berfungsi untuk mendorong terciptanya untaian gula yang tipis-tipis. Sehingga mesin arum manis tersebut kemudian dipatenkan pada tahun 1899 dan menjadi mesin arum manis pertama di dunia.

Cara Membuat Aromanis Arumanis

Aromanis Arumanis

Alat dan Bahan:

  • Mesin pembuat arum manis
  • Cone stick
  • 6 sdm gula pasir
  • Pewarna makanan merah atau sesuai dengan selera

Cara Membuat Aromanis Arumanis :

  1. Campurkan 6 sendok makan gula pasir dan pewarna makanan merah dengan takaran secukupnya. Kemudian aduk sampai semua bahan tersebut tercampur secara rata yaitu sampai semua gula pasir rata berwarna merah muda atau pink.
  2. Apabila gula pasir dan pewarna makanan berwarna merah tadi telah tercampur rata. Masukkan 1 sendok makan gula pasir tersebut ke dalam mesin arum manis.
  3. Selanjutnya, nyalakan mesin dan tunggu beberapa menit sampai serabut gula yang seperti kapas keluar.
  4. Gulung serabut gula dengan menggunakan cone stick dengan cara diputar secara hati-hati sampai serabut gula habis dalam mesin arum manis.
  5. Jika arum manis sudah terbentuk, kamu bisa langsung memakannya atau dibungkus menggunakan plastik yang kemudian ditali erat. Kamu juga bisa menggunakan cup lalu ditutup rapat untuk kemasan arum manis jika ingin dimakan nanti.
  6. Arum manis siap nikmati.

Pemasaran dari Usaha Arum Manis 

Aromanis Arumanis

Apabila kamu mempunyai minat untuk membuat jajanan manis ini di rumah, kamu bisa mencoba resep membuat arum manis sederhana diatas. Gula pasir menjadi bahan utama yang digunakan untuk membuat arum manis, bisa sangat mudah di temui di warung atau toko sekitar kita. Untuk proses pembuatan makanan manis ini juga cukup mudah. Akan tetapi kamu memerlukan keuletan dan keterampilan dalam menggunakan mesinnya.

Jika kamu hendak membuat arum manis sendiri ataupun akan kamu jual pada konsumen, gunakanlah bahan yang alami dan terjamin keamanannya untuk kesehatan. Hal tersebut perlu dilakukan agar produk arum manismu terjaga standar kualitasnya dan para konsumen tidak berpaling dari produk usaha arum manismu. Simaklah pembasahan sekilas mengenai mesin pembuat arum manis. Di dalam mesin pembuat arum manis, pada bagian tengahnya terdapat sebuah wadah dengan ukuran kecil yang nanti didalamnya akan dimasukkan gula dan pewarna makanan agar warnanya lebih menarik.

Peluang Usaha Arum Manis

Perkembangan zaman yang semakin modern, arum manis kini dapat dijadikan salah satu peluang usaha bisnis yang dikemas dengan bentuk dan kreasi kamu sendiri. Tentunya jika hal tersebut kamu buat semenarik mungkin, pasti akan banyak pembeli dengann rasa ingin tahunya akan membeli produk kamu tersebut. Dengan harga jual yang relatif terjangkau murah, maka kamu akan mendapat sasaran konsumen yang berasal dari kalangan menengah atas maupun kalangan menengah ke bawah.

Semakin banyaknya penjual arum manis, ternyata rasanya tidak hanya manis, namun mereka telah memvariasikan menjadi rasa buah-buahan, asin dan asin. Dan biasanya ditambahkan toping seperti coklat dan berbagai macam permen. Tentu saja hal ini menambah cita rasa dari arum manis sendiri. Sehingga membuat arum manis memiliki peminat yang semakin bertambah.

Usaha Arum Manis hanya dengan Modal Kecil

Usaha jualan arum manis ini termasuk usaha dengan modal kecil, kamu hanya membutuhkan modal maksimal 3 jutaan untuk dapat memulai bisnis makanan manis ini dengan mesin arum manis. Selain itu, kamu juga bisa menciptakan inovasi baru dengan cara membuat sebuah mesin arum manis sendiri. Tentunya mesin tersebut sudah kamu custom dengan sepeda motornya, sehingga kamu hanya tinggal memasangkan pada sepeda motor. Bahan utama yaitu gula yang kamu gunakan untuk membuat arum manis juga bisa kamu temukan dengan mudah. Kamu bisa mulai berjualan dimanapun dan kapanpun yang kamu inginkan, tanpa harus memikirkan kontrak toko atau ruko dan sewa tempat.

Cukup banyak orang-orang yang sudah menggeluti bisnis arum manis ini, sehingga persaingan usaha ini juga semakin ketat. Ada yang lebih  memilih untuk langsung menjajakannya dengan berkeliling dan ada juga yang menitipkannya di toko ataupun swalayan besar. Namun kamu tidak perlu khawatir, karena makanan manis ini banyak digemari masyarakat. Sehingga kamu bisa menjualnya di tempat yang ramai di kunjungi oleh banyak orang. Selain itu, kamu juga dapat menjalin kerja sama untuk membuka layanan pembuatan arum manis dalam sebuah acara tertentu. Misalnya saja seperti acara ulang tahun anak-anak atau acara pernikahan sebagai pemanis setelah jamuan makan.

Kunci Sukses Usaha Arum Manis 

Gunakan bahan utama untuk pembuatan arum manis yang berkualitas dan terjamin kemananannya. Agar para pelanggan tidak segan untuk kembali membeli arum manis yang kamu produksi. Selain itu, untuk menarik kembali minat pelanggan lebih baik tawarkan sesuatu yang menarik dan unik. Seperti menggunakan kemasan produk yang unik atau bisa juga dengan menawarkan berbagai jenis rasa dan warna pada para konsumen.

Dengan begitu para pelanggan kamu akan semakin loyal dengan produk yang ditawarkan. Dalam menjalankan usaha arum manis ini, kamu memerlukan sebuah mesin arum manis. Tidak usah khawatir untuk proses pembuatan arum manis ini, karena hal tersebut sangat mudah dan sederhana. Namun kamu membutuhkan ide yang cemerlang agar dapat membuat arum manis dengan bentuk yang lucu dan unik agar dapat memikat hati para pembeli.

Kalau kamu tertarik untuk menjalankan usaha arum manis, maka kamu memerlukan mesin arum manis. Jika kamu ingin membeli mesin arum manis tersebut, kamu bisa mengunjungi beberapa toko mesin offline ataupun online. Pilihlah mesin arum manis yang berkualitas bagus, yaitu yang dapat menghasilkan kapas arum manis yang dihasilkan lebih lembut dan enak.

 

Itu dia pembahasan mengenai Aromanis Arumanis yang kini sedang menjadi perhatian publik karena semakin banyak variannya. Jika kamu ingin mencoba berbisnis, kamu harus mengeluarkan inovasi-inovasi terbaru, agar banyak pembeli yang membeli arum manis buatanmu. Contohnya saja dari segi kemasan arum manis, kamu bisa menggunakan cup sebagai kemasan dengan berbagai bentuk. Sehingga arum manis kemasan cup kamu akan banyak disukai oleh kebanyakan kalangan anak-anak serta anak muda.

Leave a Comment

Your email address will not be published.